Sharing Wifi PC Ke Android

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, November 2, 2012

Koneksi smartfren saya ingin saya share menggunakan wifi sebagai hotspot ke android, biar pulsa internet yang saya gunakan tidak terlalu banyak, cuma make smartfren aja. Kemudian saya cari cara di internet tentang cara share wifi PC ke android, namun belum ada yang cocok. Sudah saya coba cara menggunakan setting di wifinya, menggunakan ad-host, menggunakan usb namun semuanya belum berhasil sampe akhirnya saya menemukan metode sederhana menggunakan software.

Dengan menggunakan share wifi menjadi hotspot, maksudnya supaya biaya internetannya murah. Kita tau sendiri kalau internet make operator telpon harganya mahal dan paket yang di tawarkan pun terbatas. Contohnya saya menggunakan AS, untuk paket internet satu hari aja 1500 dengan kuota 1.5 mega, sedangkan sebulan 50 ribu dengan paket hanya 300 mega. Nah paket segitu mana cukup untuk cerita anak kost bersurfing ria di internet, apalagi yang untuk satu hari aja bisa habis dalam hitungan detik. Misalnya untuk mendownload aplikasi di android market.

Berawal dari kasus itu, cerita anak kost mencoba mencari cara gimana bisa internetan murah. Pilihan pertama dengan ke wifi kampus, di sini yang deket adalah kelautan undip dan itupun harus jalan cukup jauh dari kost. Sedangkan saya sendiri punya internet paketan dari smartfren, sayang aja kalau tidak bisa di gunakan. Makanya saya coba mencari cara untuk sharing wifi di pc laptop ke android.

Ternyata caranya cukup mudah, cuma dengan menggunakan software tertentu yang namanya conectifity me. Setelah software di instal dan di jalankan, jadi dah internetan pake android cuma dengan menggunakan sinyal wifi di laptop, jadi murah dan praktis. Saya bagi caranya ya.

Cara sharing wifi laptop ke android

1. Download software conectifty, kalau mau download punya saya yang sudah di 'jamu', silahkan klik di sini
2. Instal softwarenya
3. Masukan 'jamu' nya
4. Restart.
Untuk file yang anda download nanti, saya kompresi dua kali pertama dengan 7zip, kedua dengan winrar.

Setting wifi untuk sharing internet

Sharing Wifi PC Ke Android

Untuk settingnya, biasanya di awal di suruh untuk memasukan nama (nomer 1) yang di gunakan untuk id koneksi dan satu lagi adalah pasword. Masukkan sesuka anda, dan paswordnya jangan susah susah ya. Setelah itu, biarkan setting (nomer 2) seperti defaultnya saja. Kemudian klik untuk start hostpot (nomer 3).

Untuk menghindari update otomatis dan menghindari blacklist, anda harus mengadakan sedikit perubahan pada windwos. Anda masuk ke file hosts yang ada di C:/windows/system32/drivers/etc. Rubah file hostnya menjadi text agar bisa di tulis dengan merename dan menambahkan extensi .txt pada akhir nama hosts. Setelah itu, tambahkan note berikut : 
127.0.0.1 updates.connectify.me
Sharing Wifi PC Ke Android

Keuntungan menjadikan wifi sebagai Hotspot untuk android

1. Yang jelas lebih murah, apalagi saya yang cuma anak kost. Dengan teknik ini saya cuma membeli satu paket saja, yaitu paket smart yang 100 ribu. Tapi untuk anda yang hanya memiliki kebutuhan terhadap ponsel, mungkin lebih murah kalau membeli paket ponsel saja. Ini karena saya sering OL di laptop, apalagi untuk mengupdate artikel carikost.blogspot.com ini makanya saya menggunakan teknik ini.

2. Mudah, tehnik ini lebih mudah karena tidak perlu setang seting IP atau apapun. Dan lagi praktis lagi, setiap koneksi internet saya ON, saya bisa langsung menggunakan laptop saya sebagai hospot.

3. Apalagi ya keuntungannya? ehm... anda tambahkan sendiri lah ya.

Troble shoting sharing wifi sebagai Hospot

1. Pastikan dulu koneksi wifi anda dan android anda aktif
2. Biasanya langsung on, kalau sudah di aktifkan. Namun, kalau ternyata belum on, anda perlu merubah dan menyesuaikan pada kode nomer 2 (gambar ke 3). Anda bisa meniru settingan saya seperti di atas. Coba pilah pilih saja, cocok kan dengan laptop anda sendiri.

Sharing Wifi PC Ke Android

3. Kalau masih belum bisa, coba untuk merestart koneksi di android. Matikan wifi, kemudian nyalakan kembali.


Metode ini saya dan berhasil pada komputer saya, dengan spesifikasi Netbook samsung N150, windows 7 home premium, dan smartfren ce682. Dan android yang saya gunakan versi ICS, samsung galaxy chat. Silahkan mencoba sharing nya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, November 02, 2012