Cara Memainkan File swf Flash Offline

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, September 14, 2014

Swf adalah kepanjangan dari Shockwave Flash, yaitu sebuah file yang biasanya kita juluki degan animasi. Pada umumnya swf adalah format animasi gambar vector yang biasa di pakai di web dan kita bisa memainkannya asal telah menginstal flash player pada browser. Jadi sebelum kita membuka file swf, kita harus instal dulu adobe flash player update agar bisa memainkannya online. Tapi ada kalanya, justru karena kita update, flash player jadi tidak berfungsi, lalu gimana caranya? Saya pernah membahasnya.

Swf dibuat dengan macromedia flash, tapi apakah kita harus menginstal macromedia flash untuk memainkan file swf ini? Jelas bisa si tapi kan jadi ga efektif. Kita kan Cuma mau main aja, bukan membuatnya. Lalu gimana cara memainkan swf?

kingdom rush flash offline
Ceritanya begini, akhir akhir ini di kantor lagi gandrung mainan baru, yaitu kingdom rush. Kingdom rush adalah sebuah permainan strategi yang cukup sederhana, kita disuruh untuk mempertahankan jalan yang nantinya akan di lewati oleh musuh mush. Nah, disekitar jalan itu kita akan bangun pertahanan seperti ancher (pemanah), bomber (pengebom), dan mage (serangan penyihir). Sederhana, tapi asik banget.

Nah file game kingdom rush ini seharusnya dimainkan online lewat internet.Tapi temen temen di kantor dapet file swf nya, tinggal mainin deh. Soalnya kan kalo di kantor ga semua bisa internet dan kebanyakan di block untuk game game tertentu. Tapi kita punya file swf nya, dapet dari internet. Untuk cara ngambil file swf di internet, saya pernah membahasnya.


Bagaimana memainkan file swf di computer?

Ada dua cara untuk memainkan file atau game swf, yang pertama dengan mengunakan browser dan yang kedua dengan mengunakan flash player.


1. Mengunakan browser internet untuk memutar swf

Karena file swf pada dasarnya di peruntukan untuk online, alias mengunakan browser dan ada koneksi internet. Maka kita bisa mengunakan browser untuk memainkan flash player. Tapi kadang tak mudah, ada caranya untuk setting file swf di browser supaya bisa di mainkan offline. Caranya :

- klik pada file swf
- klik kanan, open with >> internet explorer
- (optional) klik pada notifikasi
- (optional) klik allow blocked content
- (optional) klik ok

Cara Memainkan File swf Flash Offline
Intinya anda bisa drag (geser dan tarik) ke browser atau lewat klik kanan, trus [open with] internet explorer (atau browser anda yang lain). Mungkin bisa keluar gamenya langsung, tapi ada kalanya ga bisa anda harus memilih notifikasi yang diberikan. Pilih [allow blocked content], dan main kan deh.

Lalu kalau ternyata browser saya tidak bisa memainkanya gimana? Biasanya itu karena belum di instal adobe flash player, atau flash playernya ga update. Bisa jadi karena permasalahan pada adobe flash player, saya pernah membahasnya di kenapa flash playerku tidak berfungsi.


2. Dengan flash player offline

Cara yang lain, yaitu anda mendownload software untuk player swf nya, yaitu adobe flash player. Tapi kali ini, adobenya tidak di instal pada browser, anda langsung bisa memainkannya layaknya portable.

Cara memainkannya, yang paling mudah adalah :
-buka flash player
-klik file >> open
-klik browse, dan pilih directory dimana file swf di simpan
-mainkan deh

Cara Memainkan File swf Flash Offline
Kadang kala, beberapa file swf suka memberikan error atau notifikasi tertentu, di OK aja deh. Hal itu terjadi mungkin karena file swf yang kita mainkan harusnya terhubung online, tapi karena kita mainkan offline jadinya ada notifikasi.

Untuk menjadikan flash player offline ini terbuka otomatis, tinggal klik kanan pada file swf, trus pilih [propertis] dan dibagian [open with], pilih [change] lalu cari dimana letak adobe flash player offline tadi. Gampang toh.

Download flash player offline | klik untuk mendownloadnya

Nah sekaran gimana cari file adobe flash player offline (sebenarnya si kata kata adobe flash player ofline ini cuma istilah saya, habis saya ga tau dan yang saya tau Cuma maksudnya aja). Untuk mempermudah kalian maka saya beri adobe flash player offlinenya, silahkan download di atas. Mudah toh dua cara di atas, semoga jelas dan dengan ini anda bisa memainkan file flash player secara offline di computer anda.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, September 14, 2014

{ 11 komentar... read them below or add one }

Yuliono Gundul said... Reply Comment

kunjungan pagi mas, game emang ga da matinya mulai jaman alif hihi...

zach flazz said... Reply Comment

saya forward deh nanti buat anak saya. kalo sabtu minggu kan saya biarkan mereka main game, hehe

Kang Muroi said... Reply Comment

keren nih, swf kan ringan, bisa maen di pc yang udah hampir full hehe...

Mbak Susi said... Reply Comment

Urusan seperti game semacem ini ayah sama anak2 di rumah kalo udah melekin betah :)

Saya simpen infonya buat mereka ya mas, thx :)

budi purnomo said... Reply Comment

Asyik banget ya bang tetep bisa maen.. meski dalem keadaan ofline sekalipun :)

Beranda Kata said... Reply Comment

jadi nambah ilmu nih, thanks for sharingnya....

Anisayu Nastutik said... Reply Comment

Wah aku kini tahu
dan ngerasa seru
tanpa internet bisa laju

Yandhi Ramadhana said... Reply Comment

kayaknya seru neh, ijin bookmark ya bro. ntar melem di kosan baru donlot

budi purnomo said... Reply Comment

@Anisayu Nastutik:
Mendayu dayu kayak mbak Ayu :)

ana sriwahyuni said... Reply Comment

saya lebih senang mendownload game-game flash untuk anak saya karena lebih memberikan nilai dan mengembangkan otak
makasih atas gamenya mas,, udah saya download semua.. :)

eksak said... Reply Comment

baru tau kepanjangan swf! bhahaha, kirain shockwave-nya deception? XD

Post a Comment