Game Ice Breaking 8 Kotak

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, May 3, 2012

Game ice breaking 8 kotak, sebelum membahas itu, kira kira apa arti ice breaking? ya saya sendiri ga tau apa arti game ice braking secara harfiah. Tapi game ini biasanya di buat untuk mencairkan suasana dalam pelatihan, sedangkan saya dulu mengunakanya waktu ngajar di bimbel. Namanya pendatang baru di bimbel, biasanya kan agak sulit untuk bisa mencairkan suasana apalagi saya mengajar di pertengahan tahun ajaran, nah untuk bisa masuk dan ditrerima di kalangan anak didik saya, saya gunakan game dan hasilnya saya pun di terima baik. Salah satunya game ini.



Game ice breaking 8 kotak ini sebenarnya tanpa nama, artinya saya memang tidak di berikan nama khusus waktu mendapatknanya. Tapi dari pada tanpa nama, ya sudah saya kasih nama saja game 8 kotak.

Cara permainan game ice breaking ini mudah, yaitu kita disuruh menyusun 8 buah benda (seperti pion catur) di dalam delapan kotak yang berukuran 8x8 (papan catur). Syaratnya adalah ke delapan benda tersebut tidak boleh mengenai benda lainya secara Vertikal, Horizontal maupun Diagonal. 

Jadi nanti ke delapan benda tersebut akan tidak bersingungan baik secara menyamping, ke atas atau diagonal (miring). Misalnya kita meyusun benda itu seperti gambar di bawah ini (sebelah kiri), itu tidak di perkenankan karena bersinggungan secara Horizontal. Sedangkan sebelah kanannya bersingungan secara diagonal. Jadi bagaimana caranya ke delapan benda tidak saling bersingunggan dan di susun tepat pada delapan kotak yang tersedia.



Bersingungan Horizontal
Horizontal dan diagonal

Secara lebih jelasnya, ingat ster (putri/ pasangannya raja dalam catur) yang bisa bergerak layaknya benteng (lurus) dan kuncung (patih, yang bergerak hanya miring). Nah susunan delapan benda tadi dianggap ster, jadi tidak boleh saling memakan satu sama lain. Jadi kita tempatkan ke delapan benda tersebut di papan catur dengan tidak ada yang saling memakan.

Terliat mudah, tapi sulit untuk di lakukan, coba saja.

Alat dan bahan yang diperlukan hanya sebuah alat tulis yang digunakan untuk mengambar delapan kotak, sedangkan bendanya bisa dari koin atau tanda bulatan di dalam kotak yang di buat sendiri. Yang penting tidak saling bersingungan seperti peraturan yang telah di sebutkan. Agak sulit memang untuk dipahami terutama bagi yang belum pernah, tapi semoga dengan melihat gambar akan lebih paham seperti apa penempatan benda tersebut yang tidak di perkenankan, dan tidak ada salahnya untuk melihat jawabanya sekedar mengetahui posisinya kemudian di coba kembai membuatnya, bisa tidak?  

Berani mencoba? silahkan, semoga saja game ice breaking ini bisa di gunakan oleh kalian dalam pelatihan atau ketika mengajar, syaratnya harus di coba dulu ya. Seberapa besar kemampuan kalian, kalau sudah nyerah, saya sediakan jawabanya di bawah.
Jawabannya klik disini
-- >> Kalau tidak cara membuka jawabanya, klik caranya di sini. <<--


drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, May 03, 2012