Meredam Aktifitas Geng Motor

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, May 31, 2012

Akhir akhir ini maraknya aktivitas geng motor sudah mulai meresahkan masyarakat, apalagi menyambung artikel VOA polisi diimbau tindak tegas aktivitas geng motor semakin menandakan bahwa geng motor ini benar benar perlu di waspadai.

Aktivitas geng motor sebenarnya tidaklah menjadi ancaman kalau bisa di sikapi dengan bijak, kenapa? karena yang berada di dalam geng motor tersebut biasanya adalah usia remaja. Dimana usia remaja adalah masa yang paling labil dari seseorang, ia ingin di akui dan di hargai dalam tindakannya, sayangnya terkadang mereka memilih tempat yang keliru.

Sumber gambar dari sini
Geng motor, terlepas dari aksi brutalnya adalah kegiatan menyenangkan. Coba anda memahami dari sisi mereka, mereka berkumpul karena kesenangan yang sama, membagi cerita, balapan yang memacu adrenalin, berkompetisi, solidaritas dan lain sebagainya. Semuanya sesuai dengan jiwa muda, kalau anda pernah mengalami muda, anda harusnya bisa memahami hal tersebut daripada hanya menyalahkan mereka.

Gairah remaja ini yang seharusnya bisa di salurkan ke hal yang lebih baik, tentu akan menjadikan mereka lebih positif dalam bersikap ketika berkendara. Orang tua harusnya paham akan hal ini, terlebih lagi pemerintah atau penyelengara negara sebaiknya memikirkan pula dari sisi mereka tanpa mengambil tindakan tegas yang tidak memberikan ruang gerak bagi mereka. Seperti halnya jiwa muda, semakin di larang justru semakin di terjang, rasa penasaran itu semakin timbul dan terkadang mengindahkan apapun yang ada di hadapannya.

Kurangnya lomba, kompetisi, atau kegiatan lainya yang menarik minat pemuda mendorong mereka salah jalan menuju ke arah kebrutalan dalam geng motor. Coba kita lihat sekarang ini, lomba tingkat nasional yang ada saat ini, adakah yang bergengsi dan sesuai untuk anak muda? beberapa hasil dari google yang terlihat hanya berkaitan tentang seni, musik, karya tulis dan kreatifitas. Jarang yang berkaitan tentang adrenalin, olahraga, balapan, kalaupun ada mungkin sosialisasi atau momentnya yang kurang bergengsi. Dan lihat di televisi, adakah peran serta media yang membangun ajang bergensi untuk lomba. Ada pun hanya dari sisi musik (atau olah vokal) yang segelintir orang bisa masuk. Disinilah sebaiknya peran serta dan gebrakan pemerintah perlu dalam menciptakan ajang perlombaan.

Ketidak adaan wadah dalam berexpresei juga di dukung oleh ketidak adanya tempat bermain, seperti kita lihat di ibukota tempat terjadinya aksi geng motor, tidak ada ruang terbuka untuk melangsungkan hobinya. Dan bila kita perhatikan, kegiatan mereka biasanya di langungkan pada malam hari ketika jalanan tidak lagi ramai, artinya mereka memang membutuhkan ruang untuk berkegiatan. Lahan di jakarta rata rata sudah menjadi mall atau perumahan di dalamnya, bahkan ruang terbuka hijau di jakarta tidak sampai 30 persen, hanya berada di angka 19 persen.

Kalau kita perhatikan pula, yang menjadi aktivitas geng motor bukan dari kalangan berada, biasanya orang berduit sudah memiliki tempat tersendiri untuk menyalurkan hobinya sehingga mereka tidak melakukan hal yang brutal seperti ini. Disini lagi letak ketidak seimbangan pemerintah, andai tempat-tempat perlombaan, stadion, tempat olah raga dan lain sebagainya dapat di jangkau harganya. Mungkin mereka lebih memilih berolah raga daripada melakukan tindakan beresiko di jalanan.

Sumber gambar dari sini
Satu faktor lagi adalah contoh yang buruk dari masyarakat dalam berkendara, masyarakat kita lebih mengutamakan emosi daripada simpati. Lebih mendahulukan kekerasan daripada kesabaran, kita lihat ketika orang berkendara kemudian ia sedikit saja bersengolan dengan saudaranya di jalan, ia langsung marah padahal mungkin kesalahan datang dari dirinya. Belum lagi tempramen tersebut di tambah iklim yang panas, waktu kerja yang mepet, jumlah kendaran yang semakin banyak dan lain sebagainya, semakin memperburuk etika dalam mengunakan kendaraan bermotor.

Keberadaan geng motor ini tidak serta merta bisa di atasi dengan kekerasan, banyak hal kompeks yang terjadi di dalamnya yang membuatnya semakin tumbuh subur. Alangkah lebih baiknya kita mengarahkan daripada memberantasnya, sebab pada dasaranya mereka bukan musuh kita. Mereka penerus bangsa ini yang sedang salah dalam memilih jalan. Di sinilah peran orang tua, warga sekitar, teman dekat atau bahkan kekasihnya pun dapat membantu mengatasi mereka keluar dari lembah hitam pengunaan kendaraan bermotor. Bukan kah pemuda adalah harapan bangsa, yang kalau rusak pemudanya maka rusak pula bangsa ini. Sebaiknya kita mulai berpikir bijak mengenai aktifitas geng motor ini.

Sumber:
  • www.google.com
  • http://www.tempo.co/read/news/2012/04/17/064397631/Ini-Geng-Motor-Paling-Ditakuti-di-Jakarta-Bandung
  • http://www.tempo.co/read/news/2012/04/03/219394282/Gubernur-DKI-Ideal-Versi-Valerina-Daniel
  • http://www.oktomagazine.com/oktolifestyle/otomotif/2333/etika.dalam.berkendara.di.jalan.raya
  • http://www.voaindonesia.com/content/polisi-diminta-tangani-geng-motor/178612.html
  • http://vimeo.com/40346850
  • Sean Covey, The 7 habits of highly effective teens

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, May 31, 2012

{ 178 komentar... read them below or add one }

Ahmad Zuhdi said... Reply Comment

sebenarnya sudah banyak komunitas atau organisasi-organisasi terbuka yang bisa menjadi wadah bagi penggemar Motor. event-event resmi untuk para pembalap amatir pun juga banyak di adakan di tingkat2 kampus. saya kira masalahnya satu, kurangnya kesadaran pribadi tiap individu anggota geng motor liar.. nah, kalau soal kesadaran individual, entah bagaimana kita bisa mengatasi permasalahan tersebut. :)

Drieant said... Reply Comment

dua permasalahan. sosialisai event tersebut agar menjadi besar dan marak, sehingga orang banyak terjaring di dalamnya. atau kesadaran indifidunya yang emang lemah, klo ini berarti kita yang menjadi atau berada di lingkunganya harusnya bisa meredam dan juga mengajaknya ke arah yang lebih baik.

jangan hanya di biarkan terlena saja.
tapi setuju kan kalau geng motor tidak harus di lawan dengan kekerasan gan?

Naturalzine said... Reply Comment

untuk ditempat saya tinggal gak idop yang namanya genk atau preman..aman deh..

Nice post mas

Stupid monkey said... Reply Comment

tingkat kesadaran yg kurang dan tanggung jawab akan suatu tindakan, mungkin harus sering di tanamkan sejak dini, agar hal seperti ini tidak turun kegenerasi nanti :D
dan semoga kegilaan semacam ini bisa cepat teratasi sob :D

Asalasah said... Reply Comment

Hahhaahhahha..bener gan. kurang banget lomba dari kita.. terpaksa deh mereka buat lomba sendiri seseuka mereka.. trus salah mereka juga spsertinya ya kaum yang tidak melaksanakan Shalat. karena jika seseorang itu Shalatnya baik dan benar maka Shalat tersebut akan mencegah seseorang untuk berbuat mungkar. dan itu sendiri merupakan perkataan Allah lo.. jadi kagak bisa dibantah.. ane lupa surat apa ayat berapa.

zachflazz said... Reply Comment

oh iya saya sangat sependapat jika perlakuan terhadap geng motor mestinya dipilah-pilah. dan yang kemaren melakukan tindakan brutal itu jelas para pembunuh, bukan anggota geng motor yang beradab. geng motor yang beradab tentulah wadah positif yang menyalurkan hobi dan kesenangan yang sama untuk kegiatan positif.

kurangnya wahana untuk membina anak-anak muda yang berbakat dalam ketangkasan bermotor tentu menjadi perhatian bersama. tidak hanya pemerintah, tapi juga para pihak yang peduli, termasuk ormas, sponsor dsb. semoga semakin banyak wahana tersebut.

Drieant said... Reply Comment

ya itu juga, daerah berperan besar terhadap tumbuh kembangnya kalangan seperti ini. buktinya di daerah ente ga ada, lalu kenapa di jakarta bisa ada ya? itu yang jadi pertanyaan sekaligus perlu pencarian.

Drieant said... Reply Comment

iya suatu tanggung jawab pribadilah perlu di tanamkan, klo kata Kiyai Haji Zaenudin, etika otonom.

jadi ia nantinya akan patuh tanpa harus ada yang memperhatikan dan melihatnya, di manapun ia akan tetap menjada perdamaian dan nilai moral untuk tetap menjaga keamanan.

Cendekiawan IT said... Reply Comment

geng mtor tu meresahkan banget, suara motornya itu lho yg ngeganggu, kasian batita yang sedang tidur...

Drieant said... Reply Comment

iya, agama adalah pendidikan dasar yang harusnya menjadi tameng, namun sayangnya agama pula hanay di ajarkan bukanya di tanamkan ke generasi muda. padalah klo ada agama, mereka akan punya etika otonom yang nantinya akan mengurangi aktifitas yang kurang baik seperti ini.

klo dia agamanya kuat, munkin akan berpikir seribu kali untuk merugikan orang lain.

Drieant said... Reply Comment

iya ya gan, klo sudah sampe ke premanisme, sebaiknya di hukum. namun kalau yang masih hanya sebatas kegiatan kumpul bersama yang belum tearah, sebaiknya pemerintah mulai mengarahkannya sehigga dapat meminimalisir kegiatan yang tidak baik.

setuju berarti di adakannya wahana atau kegiatan yang menunjang aktifitas kaula muda dalam meng-explore bakatnya ya gan. tenkyu masukannya.

Drieant said... Reply Comment

satu sisi buruknya lagi dari geng motor, sebainya memang perlu di arah kan ya gan agar punya kawasan dan tidak lagi menggangu orang lain

Kertas Kecil Kita said... Reply Comment

wah ane anak geng motor nee sobat..
tapi ane cinta damai n'sering mengadakan baksos malahan..
semoga citra anak motor tidak selalu jelek d'mata masyarakat..

Tebak Ini Siapa said... Reply Comment

Kemaren aku abisan nulis paper tentang kebijakan tata wilayah.
Seingetku RTH baru 6 persen.
Semoga menang ya mas \:D/
Hihihihi~

Si Belo said... Reply Comment

gue gak punya motor <--sapa tanya :p
gue lebih suka dibonceng.. #halah.

Rumah gue jauh banget dari hiruk pikuk kendaraan, jadi kagak tau pegimane buruk ato kagaknye geng tersebut. ^_^

anisayu said... Reply Comment

biasa anak muda yang punya motor bikin geng
biar ada cewek mau dibonceng

hehe
nanti jg kalo bosan sadar dg sendirinya…

cik awi said... Reply Comment

Wah Menarik nih untuk di bincangkan

vmediakom said... Reply Comment

geng motor.. ini sih anak muda yang gak punya tujuan hidup.
apa gunanya coba seperti itu, kalau gak ada kerja mending pulang tidur lah. udah yang dibuatnya gak bermanfaat, ganggu orang pula.
untung saja tempat saya gak ada yang beginian, walau ada juga satu dua oarang yang sering ugal-ugalan di jalan.. :D

oya, terkait pertanyaan ente di blog ane gan, kalau menurut ane (pemula) masalah konten yang sudah terindex gak ada pengaruhnya.
kalau pengaruh atau tidaknya html valid, coba baca lagi post ane gan.. :D

Abed Saragih said... Reply Comment

Geng motor sekarang seharusnya tujuannya memberikan santunan kepada orang-orang yang hidupnya dibawah kita :)

Windows Blog said... Reply Comment

memang bner, kegiatan seperti balapan motor sangat menarik bagi remaja pada umumnya, tapi sebenernya, jika mereka bisa berpikir dingin dan tenang, masih banyak kegiatan yang lebih bermanfaat dan lebih asik ketimbang balapan, bukan menyalahkan wadah untuk mengekspresikan, masalah wadahnya, itu sudah banyak kok...

seperti kegiatan bermusik, dan tentu saja itu meningkatkan kreativitas, dan juga tidak mencelakakan orang lain...

Hany said... Reply Comment

kalau geng motornya berlaku baik dan tidak mengganggu orang lain sih gpp.,, tapi kalau resek itu yang jadi masalah,..:D

Annesya said... Reply Comment

ehek ehek...

oot ya: iya mas satu akun. saya baru di IBN ga ngerti jadinya. mainnya di HEARTCHIME aja. itu blog keseharian yang sering aku isi. :)

Bung Penho said... Reply Comment

manusia itu ada yg nakal,baik,pintar,bodoh,bijak,gak bijak. persoalannya menurut gue terletak pada tingkat intelektual, wawasan, kesadaran dan akhlaknya. yang kedua, pemerintah sangat lemah, lamban dalam mengurus republik ini. kekerasan dibiarkan terjadi. intelijen tak mampu bekerja. Intinya begini "Pemerintah gak tau kalau tugasnya Memerintah, bukan Menghimbau, Memohon, Meminta, mengharapkan!. Geng motor ada karna tidak adanya kekuatan Hukum /(Lemahnya) Hukum dalam Republik ini.

Uzay ^,^ said... Reply Comment

ngga semua gank motor buruk kok, di daerah depok dan sekitarnya ada banyak gank motor yang peduli dengan lingkungan, dengan menggalang dana untuk pembuatan tempat sampah. memang sih kesannya mereka berkelompok dan cuma senang-senang doang main motor kemana-mana tapi sebenarnya mereka juga punya banyak kegiatan positif seperti halnya diatas tadi, cuma ada sebagian kelompok yang membuat ricuh jadi image gank motor itu jelek semua. terus yang gw dengar lagi, untuk kedepannya nama gank itu sendiri di hapus jadi komunitas dengan harapan citra gank motor jadi membaik.. dan kembali ke yang udah di singgung di postingan, kembali ke diri sendiri lagi yang sopan dalam berkendara, tidak hanya mentingin diri sendiri untuk cepat sampai atau cuma mau uji kebolehan dengan kebut-kebutan..

Blog Keperawatan said... Reply Comment

kalau aktifitasnya geng motor diarahkan kepada yang lebih positif dan menghasilkan tentunya akan lebih baik lagi

Bang Dayat said... Reply Comment

wahhh, gua gak bisa komen byk nih :)
oya dulu gua pernah gabung geng motor, tapi gak yang brutal seperti yg di bandung itu..

sejak kelas 3 SMA, gua gak lagi ikutan yg kaya gituan, bosen berantem sesama geng motor :D

Seniman fotografi said... Reply Comment

nice share sob...
aku setujuh bgt sama artikel kamu ini.......

Master Software Mobile said... Reply Comment

Geng Motor memang harus di Bubarkan sob... Karena sering meresahkan warga

Ario Antoko said... Reply Comment

negeri ini makin kacau saja, ga tua ga muda semua berlomba berbuat kerusakan :(

agus bg said... Reply Comment

sayapun pernah mejadi ketua club sepeda motor (club bukan geng) semua tergantung ketua... kalau ketua mereka brutal tidak mungkin groupnya brutal juga, dan saya juga pernah ikut balap liar, kebut kebutan di jalan, itu semua karena sesuatu yang tidak tersalurkan. bagi yang punya dana bisa ikut event di manapun di gelar.. pemerintah juga berperan untuk menyediakan lokasi, kalau tidak tentu akan berada di jalanan... saya rasa masih banyak lagi...

Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!) said... Reply Comment

mungkin udah bosan jadi tukang ojek ???

diniehz said... Reply Comment

Di kabupaten kecil tempat saya berdomisili saat ini, alhamdulillah gak ada gank motor2 begitu. Kalo pun ada bisa dihajar massa tuh yang ga disiplin.

Drieant said... Reply Comment

wah ini lagi satu masukan, ternyata ga smua anak gank motor jelek ya. itu berarti hanay sebagian kecil yang kebetulan berbuat onar ya? ehm, jadi tau dah.

kaya pepatah bilang, karena nila setitik, rusak susu sebelangga. ini contohnya, padahal lo baik baik ya ternyata gan. siep dah, lanjutkan ya kawan

Drieant said... Reply Comment

wah masih enam persen ya? soalnya di sumber di atas, menyebutkannya sekitar 19 presennan. jadi ane tulis aja apa adanya, soalnya ane ga pernah ngitung si :D,
tapi makasih masukannay. jadi tau dah.

tenkyu juga doanya ya. ini juga taunya dari ente sist.

Drieant said... Reply Comment

wah ternyata ada juga yang tidak tau ya. saya juga sebenarnya tidak tau persisnya, sama. saya juga jauh dari hiruk pikuk mereka, tapi saya juga peranah tau dan punya teman yang seperti itu. pada dasaranya mereka baik semua ko, mereka cuma ingin ruang berexpresi kalau menurutku. jadinya itu yang perlu di perhatikan.

Drieant said... Reply Comment

heheh, biar klop ya. klo yang boncek cwek, mungkin mereka ga akan brutal lagi sist. soalnya kan malu, ide bagus tu. memerankan cewe untuk meredam ke brutalan.

Drieant said... Reply Comment

wah gitu ya bang, kenapa si abaang tidak memberikan sedikit idenya supaya kita bisa berdiskusi bang? heheh. tapi makasih nie ud mampir ya.

Drieant said... Reply Comment

wah gitu ya bang, ehm. dapet pandangan berbeda juga mengenai geng motor nie. tapi ada benar nya juga, klo mereka punya tujuan hidup, munkin mereka akan meningalkan hal hal tidak berguna semacam ini, yang bersifat menggangu.

makasih pendapatnya nie gan. :D

Drieant said... Reply Comment

wah itu geng motor yang mantap gan namanya kalau bisa smpe seperti itu. :D

madjongke said... Reply Comment

Kalau masalah geng motor saya diem saja deh. Masalahnya gak terlalu suka.

Drieant said... Reply Comment

yup. ehm berarti semua kembali lagi kepada si orannya ya? ehm, ada pendapat berbeda si. tapi ya sebainya memang si pemudanya harusnya bisa berpikir positif dan dewasa. namun kebanyakan memang berpikirnya hanya istan, kadan unsur teman juga sangat berpengaruh terutama mengajak ke arah yang tidak tepat. ya semoga aja remaja bisa menedengar ini dan bisa menilainya sendiri supaya bisa terhindar darinya.

Drieant said... Reply Comment

iya ya, harus nya PPKNnya dapat di terapkan ya, bukan hanya di pelajari. bukannya di ajarkan kebebasan yang tidak sebebas bebasnya, kebebasan kita di batasi kebebasan orang lain. bukan begtiu ya mba?

arya-devi said... Reply Comment

geng motor, melihatnya dari sisi usia sebenarnya bukan ABG labil saja,bahkan yang tua-tua, beranak isteri mengikut..."hura-hura" dijalan...kalau ga mengganggu ketertiban jalan dan pengguna lain, ya mabuk-teriak-teriak....loyalitas memang boleh diakui dari kelompok mereka, tapi sering amburadul...ga tau membela yang benar atau demi teman, biar salah tetep dibela.....
yah ini mungkin cuma kasus dari pengalaman sy, bukan menyamaratakan...

salam mas ^__^

belajardaninformasi said... Reply Comment

eh eh..ga ada capcay nya sob ^__^

Anak Rantau said... Reply Comment

Betul sob, masalah geng motor sudah terlalu kompleks. Kurangnya tidakan tegas dari aparat, juga kurangnya pengawasan dari ortu dan sekolah. Anak terlalu dibebaskan dan kalau tidak ditangani secara serius akan berakibat rusaknya generasi penerus bangsa ini.

wongcrewchild said... Reply Comment

klo "gank motor" yg sering trpublikasi entah di dlm ato luar negeri mmang aktftasnya cndrung nmpak kesisi ngtif, pdhal mungkin jg mreka seneng sedekah :)
brbeda halnya dg komunitas motor yg biasanya brkumpul atas dsar hobby yg sma, paling2 nongkrong mlem minggu, touring, baksos ato hal pstif lainnya
klo touring paling demen tuh :)

Laurencius said... Reply Comment

Memang Geng motor banyak yang meresahkan Masyarakat, tapi jangan salah lho, banyak juga Geng motor yang sering melakukan aksi Sosial.

BUDI PRASETYO said... Reply Comment

memang semua itu harus ada campurtangan pemerintah yang bijak untuk mengatasi persoalan ini, mereka balap liar di jalan raya contohnya karena tidak mendapatkan tempat yang seharusnya mereka meng expresikan diri mereka..

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said... Reply Comment

. . kalo tentang gank motor gini, aq jadi keinget tetangga sebelah aq. ceritanya dy itu anak gank motor yang setiap hari apa gitu, dy selalu latihan. tapi karena sialnya, pas waktu dy latihan dy gak liat ada becak gitu trz dy tubruk dech. kamu tau gak, dalam sekejap dy meninggal dunia. kasihan banget ya?!? tapi alhamdulillah bapak becaknya gpp. ychhhhh,, mungkin karena gak ada lokasi yg aman, makanya sampe ada tragedi kayak gitu. padahal itu di pagi hari yang petang gitu . .

arie5758 said... Reply Comment

Kelakuan buruk sebenarnya terletak pada pribadi yang memang suka mengedepankan ego daripada kepentingan orang banyak. Kalau berbicara genk motor, saya rasa banyak komunitas yang sudah ada entah itu untuk motor gede, motor sport atau motor jenis tertentu. Dan mereka sepertinya lebih bijak dalam melakukan aktivitas demi hobinya.

Asis Sugianto said... Reply Comment

di daerah saya jarang ada geng notor sobat,,

Lulu Syifa Fauziah said... Reply Comment

Jadi keingetan, beberapa waktu lalu mahasiswa orang Garut sempet jadi korban geng moto.

Hmmm iya juga yah, geng motor ada karena gak ada wadah untuk berkespresi (ngutip kalimat diatas) tapi mungkin bukan gak ada, tapi kurang. Soalnya temenku juga si Thea masuk club motor gitu deh. Tapi kegiatan mereka gak merugikan kok, justru kegiatannya kayak ngebahas mesin iya pokonya otomotif gitu yaa yang bermanfaat deh kurang tau juga aku hehehe.

Hzndi said... Reply Comment

hemm memang sangat meresahakan :(

vmediakom said... Reply Comment

sebenarnya ane lebih melihat ke negatifnya sih gan.
karena menurut ane gak ada manfaatnya, ya walau mungkin sebagian dapat di arahkan. :)

selamat pagi ya...

Sundul said... Reply Comment

Mungkin sebagian memang sengaja untuk mencari gara gara Gan.
Support

Drieant said... Reply Comment

ou gitu, pantesan ente ko masang akun ibn dimana mana. ehm, gitu toh. semoga bisa tambah ngerti dah ya. :D

Drieant said... Reply Comment

satu sisi lagi dari pendapat orang, benar juga si gan. klo memang mereka tegas, ga akan sampe kejadian sedalam ini ya. tentu sudah di preventiv dahulu ya. tapi sayang nya mreka tidak mencegahnya, membiarkan saja. jadinya ya terlajur seperti ini.

mungkin ada juga oknum yang bermain di belakang mereka, namun intinya jangan sampe lah kita sampe menyalahkan mreka secara mutlak. sebaiknya kita bisa mengarahkan mereka ke arah yang lebih baik agar mereka bisa tumbuh menjadi generasi yang lebih baik dari sebelumnya. bukan begitu bang?

Drieant said... Reply Comment

heheh, trus kalo ga di arahkan kemana nantinya gan? ehm, jadi kasihan dong di berantas. bukanya dengan pemberantasan malah akan menghasilkan orang orang seperti ini yang lainya? menghasilkan generasi pendendam.

Drieant said... Reply Comment

iya ya, nama GANK sendiri sudah memiliki citra buruk. walau memang ada sebagian oran yang baik, semuanya jdi tercemar karena ada ulah dari segelintir orang yang memang memanfaatkan untuk kepentingan dirinya sendiri.

semoga ada yang mewadahi ke arah yang lebih baik dan mereka bisa menjadi orang baik nantinya. bukan begitu gan?

Drieant said... Reply Comment

setuju gan, klo arahnya demikian. tentu semua orang senang, dan tidak ada lagi kejahatan semacam ini. ya ga gan?

Drieant said... Reply Comment

berarti emang isinya geng motor berantem dong gan? heheh. ko ente sampe bosen gitu? :D

Drieant said... Reply Comment

makasih gan, ayo dong pendapatnya. kita hidupkan suasana diskusi.

Drieant said... Reply Comment

wah gitu ya bang, ehm, jadi gimana nie solusinya? harus di apakan mereka kalau tua muda juga bersatu dalam keburukan? :(

Imtikhan said... Reply Comment

untungnya di daerahku nggak ada geng motor

NF said... Reply Comment

memang banyak faktor yang menimbulkan geng motor ini, remaja yang adrenalinnya tidak terbatas tapi ga punya wadah untuk menyalurkan, orang tua yang ga aware, pemkot juga.. setahu aku genk motor itu malem sampe pagi hari, koq ya ortunya ga larang gitu anak2nya keliaran sampe pagi.. ckckckck

secangkir teh dan sekerat roti said... Reply Comment

saya punya honda 70..
kalo ada genk ya paling2 yang udah berumur.. :D

boland7capzlock said... Reply Comment

malem minggu kak..
d'pinggir pantai losari banyak motor yang mirip..
Hahahaha.. berbaris-baris gitu,.. Wkwkwk

Dena Arta Putra said... Reply Comment

genk motor paling banyak di daearah sekittar jawa barat
ane di bogor tapi ga pernah liat paling sering disini tawuran pelajar

USOFT said... Reply Comment

emang sih.. geng motor mulai meresahkan... khususnya didaerah jawa.. kalo daerah saya sih nggak terlalu.... :D biasanya sih ada juga yang maen brutal dan kebut-kebutan... :D tapi saat mau dirujuk ehh.. malah dia yang kepental... hehe (maklum pengguna ilmu bathin.. sekali jedor dia mah langsung tengek, hahaha)

Drieant said... Reply Comment

wah si abang, ternyata pernah juga nie, dan komentarnya sangant membantu dalam membagi wawasan tentang geng motor nie. berarati yang ikut even emang orang yang memiliki duit banyak ya gan? ehm, trus emang bener si, klo yang rusak satu tu ga mungkin yang lain nya juga. biasanya hanay segelintir orang yang rusak, tapi bener juga bagaimana peran ketua dalam mengarahnkan juga ya bang.

hehe, pantesan dalam setiap postingan agan beberapa kali membahas moto, ou dalam juga ternyata mengenai masalah motor dan kumpulannya, eh ternyata ketua.. hebat gan. makasih nie pendapatnya.

Drieant said... Reply Comment

tukang ojek? ngawur ente, ini lagi bahas apa, ko tau tau ke tukang ojek. di kira yang geng motor itu tukan ojek kali ya? tapi mungkin juga gan :))

Drieant said... Reply Comment

wah ternyata memang kota berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya geng motor ya, merujuk kata kata sista. klo emang si geng atau ada seseorang yang berbuat onar, di daerah tertentu emang menjadi tabu, bisa bisa di hajar masa dulu. terutama di daerah yang memiliki budaya dan adat yang di junjung tinggi.

klo orangnya cuek kaya di kota, bisa jadi mereka tumbuh subur ya, la wong ga ada yang mau peduli si. ya ga sist.

Drieant said... Reply Comment

punya pengalaman buruk sepertinya nie bang?

Bacapedia said... Reply Comment

Wah bingung ane gan klo soal geng motor. kayaknya mereka itu kalo lagi rame rame menyeramkan. sejak ramai kasus geng motor beberapa waktu lalu ane ga mau keluar malam. apalagi klo liat orang yg nongkrong rame2 pake motor. wah kesannya jadi negatif deh. :D

Btw ane ini yang pnya mitos. :D

Drieant said... Reply Comment

iya juga ya, saking solidernya, kadang mengabaikan kepentingan orang lain ya. ehm. bisa jadi, munkin karena temannya salah, padahal sudah jelas salah, di bela aja.
harusnya mereka itu pendidikan agamanya di perdalam agar tidak sampe merugikan orang lain, ehm. makasih nie wawasanya, dapet pandangan dari sisi lain dah.

zachflazz said... Reply Comment

di tempat saya di Cilacap, kerap lho ada lomba yang hanya khusus buat pembalap pemula. kadang tempatnya di lapangan rumput gitu. tapi apapun, si peserta yang notabene adalah seorang yang biasa kebut-kebutan, jadi termotivasi dan merasa ada wahana baru yang lebih menjanjikan.

Drieant said... Reply Comment

ya koment gitu doang? ehm. :(

Drieant said... Reply Comment

heheh, bener juga ya gan. ga mudah ternyata menyelesaikanya ya. saling terkait, termasuk juga dari sisi si anaknya ya bang. :D

Master Software Mobile said... Reply Comment

Hadir kembali sobat.....

Drieant said... Reply Comment

ou berbeda ya bang, ehm. saya jadi dapet ilmu baru tu. iya si, kadang memang juga bedanya tidak kelihat, jadinya orang mempresepsikan sma, termasuk saya. tapi memang benar kata agan, ada bebearapa dari mereka juga yang sebenarnya baik dan melakukan aktifitas sosial.

Drieant said... Reply Comment

iya gan, ternyata ada juga yang baik.

Drieant said... Reply Comment

wah si agan ternyata setuju juga dengan pendapat ane, iya gan. harusnya pemerintah juga campur tangan dalam menertibkan mereka ya, bukan memberantas. iya ga bang?

Drieant said... Reply Comment

wah ane turut berduka ya sist. ternyata ada juga yang mengalami kejadian itu, tetangga ente lagi ya sist. ehm, kasihan bangetu tu kalo sampe si tukang becak, yang ga salah apa pa ikut kena juga, kan jadi mati sia sia keduanya. ehm, semakin memperpuruk keadaan geng motor di indonesia aja dah. semoga bisa dicarikan jalan keluar yang baik dah.

diniehz said... Reply Comment

yoih yoih..

Drieant said... Reply Comment

ehm, iya juga ya bang. faktor dari si pribadinya juga perlu di benahi dan di tatar ya, agar tidak terbawa ke hal hal seperti ini. namun kadang mereka bisa jadi ikut ikutan loh bang, karena emang ada teman yang memanas manasi. bener bisa begitu ga bang?

Drieant said... Reply Comment

nah kalaupun ada, kan hanya orang orang terntetu ya yang tau. bener ga sist, buktinya temen sista tau tu, tapi kan juga ga semua ikut masuk. ya komplex juga ternyata, ane baca pendapat pendapat dari temen temen yang lain juga seperti itu kayanya, bukan perkara mudah. ya wadah, ya orang tua, ya lingkungan, ya pemerintah, ya aparat, ya diri si anak. semuanya berpengaruh.

Drieant said... Reply Comment

iya juga bang ya, mungkin sebagian orang ada yang mental mencari gara gara, jadinya bikin kacau ya.

Drieant said... Reply Comment

nah kalau ada kaya gini, kan si muda mudanya jati terobsesi dan uda aha wadahnya, jadinya meraka ga kemana mana. hanya di area lomba mereka fokus..

Bang Dayat said... Reply Comment

wahahaha,, bosen kalo berantemnya sob, bikin bonyok aja,,,
pernah tuh ane lari pontang-panting di kejar musuh :D

tapi benreran asyik tuh kebut-kebutan :D

Muro'i El-Barezy said... Reply Comment

kebanyakan dari gank motor adalah usia remaja, jadi kemungkinan mereka masih labil dan bisa diarahkan, kebetulan saja mereka menemukan dunia yang seperti itu...

kebrutalan mereka hanya cari sensai saja, biar mereka diakui keberadaannya, gank motor yang nakal ane setuju di tindak tegas karena sudah kriminal dan meresahkan masyarakat sob:}

Mugniar said... Reply Comment

Kalo saya liat isi postingannya. Ini bisa diikutkan kontes di blognya pakdhe Cholik lho, yg bertema Kebangkitan Indonesia itu. Tapi sayang sudah berakhir kontesnya.

Nice posting :)

ARMAN said... Reply Comment

Hal ini menurut saya orang-orang yang ga ada kerjaan pengen cari sensasi tapi salah cara, kenapa ga dengan melakukan hal-hal yang baik saja kalau mencari sensasi, perbuatan gang motor ini bukannya disanjung malah akan dibenci oleh orang lain.

Anak Rantau said... Reply Comment

Sob, sudah aku kirim lewat email templatenya. Tolong bantuin ya. Thanks sak durunge :)

Zuhdi Travelife said... Reply Comment

mampir lagi sekedar menyambung silaturrahmi, sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih. makasih sob atas sarannya seputar comment box di blog ane. sekarang sudah ane perbaiki supaya pengunjung bisa lebih nyaman dalam meninggalkan jejak :D

agus bg said... Reply Comment

iya sob ketua cukup berperan... di belakangnya dia itu yang banyak duitnya (yang memberi taruhan).. sama sama sob...

Nhinis said... Reply Comment

Yaahh...namanya juga anak muda, masa2 pencarian jati diri, gairah petualang yang menggebu-gebu.

Drieant said... Reply Comment

gitu ya mba.? sangat ya mba? heheh :D

Drieant said... Reply Comment

kenapa ga ada gan? berarti emang daerah juga mempengaruhi ya? ehm. satu pendapat lagi nie.

Drieant said... Reply Comment

heheh, iya ya, padahal orang tua kan jadi benteng ya. kenapa mereka ga khawatir, itu permasalahannya. apa di biarkan saja mereka? kasian dong, makanya brutal ya gitu munkin ya, orang tuanya aja ga peduli.

Drieant said... Reply Comment

heheh, bukannya malah tambah antik gan?

Drieant said... Reply Comment

wah dia yang ngasih taruhan. heheh, wah 'biang kerok' juga berarti ya si ketua.. hehe.

Drieant said... Reply Comment

wah emang asik ya, di sana justru tantangannya ya. heheh, bisa jaa ente.

kasian dong orang tu yang uda bonyok. :D

Drieant said... Reply Comment

itu mungkin awalnya dari kaya gitu kali ya?

Drieant said... Reply Comment

iya gan, mungkin daerah dan tata kramanya juga berperan. soanya di daerah lain tumbuh subur, di daerah satunya, bisa ga ada sama sekali.

Drieant said... Reply Comment

heheh, ada ada ja kasus di tempat ente, pake ilmu gaib segala lagi. heheh. tapi jadi cerita seru tu.

Drieant said... Reply Comment

wah sape meningalkan trauma segitu dalamnya ga gan. iya, ane juga takut, ga kebayang dah klo kita lagi ga salah apa apa eh dia dateng dan tau tau maen kroyok aja. ngeri juga ya gan.

Drieant said... Reply Comment

ok, tenkyu ya.

Drieant said... Reply Comment

iya juga ya gan. kemungkinan mereka lagi salah jalan, makanya kita perlu mengarahkan mereka smua, jangan malah meningalkan atau membiarakan, bisa salah jalan terus nanti mereka.

Klo yang uda mengarah ke brutal, memang sebaiknya di tindak tegas aja kali ya gan. biar ga meresahkan, namun perlu di selidiki dahulu jangan asal main tindak tegas. bukan begitu gan?

BLOGCUNAYZ said... Reply Comment

geng motor jangan diredam lagi gan di bantai aja,
yang harus di redam itu emosi para suporter club di Indonesia tuh

Drieant said... Reply Comment

heheh,wah sayang ya. ehm. bisa jadi menang kali ya.. heheheh.

Drieant said... Reply Comment

iya ya gan, emang gitu posisinya. bisa malah di benci orang kalau perbuatanya salah ya. tapi orang banyak yang ga ngerti dan ga mau ngerti gan. jadinya ya asal maen, yang penting rame, mungkin kata mereka begitu.

Drieant said... Reply Comment

ok ud ta terima dan ta coba, tapi ko beda dengan template sodara ya? ehm. kirim lagi bisa? yang sama ya.

Drieant said... Reply Comment

heheh, iya gan. sudah sepatutnya kita saling memberi saran demi kemajuan blog kita bersama. semoga tambah banyak ya yang main ke blog sodara. heheh. ok.

Drieant said... Reply Comment

heheh, mba ini kayanya paham benar tentang anak muda. semoga akan banyak orang tusa seperti mba yang paham akan generasi setelahnya agar tercipta indonesia damai.. heheh, kaya promosi aja nie.

Didin Supriatna said... Reply Comment

Jadi tergiur ikut komen sedikit nih abang2,, agan2 semua.. klu menurut saya... saya setuju sama artikel di atas dan salah satu komentar bang drieant di atas tidak tepatnya sosialisasi event,, memang jika di pikir sekilas.. hal ini agak rumit saya dulu pernah mengalami hal serupa karena saya termasuk kategori itu.. waktu saya dulu memang sudah banyak juga balapan2 resmi namun seringnya anak muda nongkrong untuk balapan bersama genk masing2 kan biasanya malam minggu,, menurut saya daripada mencekal perbuatan mereka mending memberikan ruang yang pas yaitu di sediakan tempat dan di buatnya acara untuk anak muda di setiap malam minggu,, di sertai keamanan yang baik dari pemerintah... insya allah.. genk motor ini bisa di sikapi dengan bijak..

I Love Indonesia said... Reply Comment

saya setuju tuh,, jika di tentang yang ada makin garang..

Ririe Khayan said... Reply Comment

mampir kesini lagi, dan comment saya gak muncul [padahal nulisnya sampai 3kali krn kena DC]? Oke deh, nulis comment baru lagi.

Kalau dr yg pernah saya baca, genk motor melakukan tindakan-tindakan brutal/anarkis salah satu sebabnya adalah berasal dari dalam rumah. Sebenarnya saya tdk setuju jika anak [rata-rata mereka bukan usia anak-anak lagi kan?] yg sudah tahu akan baik/ buruk, benar/salah melakukan pilihan semacam genk motor dengan beralasan [cari pembenaran sikapnya] dengan mengatakan kurangnya kasih sayang dari orang tua..

Good luck ya..

Arriyadh Prayugo said... Reply Comment

klo di Palembang... geng motor sih banyak sob.. tapi klo yang brutal, pasti sudah dibuang ke laut sono..

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said... Reply Comment

. . amieeennnn,, smoga aja dech ada tempat buat para gank motor. agar tidak ada lagi korban berjatuhan. upzZz,, udah taun lalu kawan meninggalnya. sumpah kasihan banget aq. palagi dy dari keluarga yg biasa aja. huhh . .

BlogS of Hariyanto said... Reply Comment

kalau saya sich perlu ketegasan dari awal oleh aparat hukum untuk menindak geng motor yang sudah anarkis dan mengganggu ketertiban..bagi yang tidak melakukan ya silahkan ngumpul.. :)

system of blog said... Reply Comment

wew kemana nih adminnya lama gak jumpa :D

Rohis Facebook said... Reply Comment

selain pny sisi negatif jg pny sisi positif dilihat dr mash labilx mereka para remaja, jd klo mau semuax diisi dgn hal2 yg positif hrs ada satu diantara mereka mgkn pemimpin mereka yg Bukan lg REmaja, hrs ada org yg lbh tua diantara, agar bs mengatur mereka... *smile

RADIOKU V 2.0 dengan Javascript said... Reply Comment

emang bikin rese nih ulah anak ancur ini,,,
makasih tipsnya ,,,

wilujeng ngeblog

Drieant said... Reply Comment

wah masukan yang bagus juga tu, lagi lagi ada masalah setelah geng motor ya gan. hehe, iya, bener juga tu si suporter.. perlu di redam biar ga brutal

parfum ori reject said... Reply Comment

pendidikan rumah, harus diperbaiki lagi oleh keluarga2 di indonesia

pak-sodikin.com said... Reply Comment

prinsipnya, asal tidak membahayakan dan merugikan pihak lain... ya silahkan saja.

yang penting share said... Reply Comment

Seandainya tuh geng Motor diarahkan lagi,mgkin bisa ngalahin valentino rossi hehe

Agriculturproduct said... Reply Comment

Alhamdulillah di tempat saya sudah ada staadion dan arena balap motor dan para geng motor biasanya seiap minggu ngumpul untuk latihan.:) jadi lebih terarah gitu,

duniasharing said... Reply Comment

kemana ya gang motor ada yang brutal gt, oknum si ane bilang. ga semua geng motor brutal :D

Asalasah said... Reply Comment

mantap gan.. ane setuju dengan ceramah nya.. hheheh

Allah Hu Akbar...

Dari pada balap liar mending balap ngeblog. hahaha.
ane mau ngebut copas dulu :p (jangan ditiru)

Drieant said... Reply Comment

wah dapet pengalaman dari yang pernah mengalami nie. iya ya gan, andai setiap malam minggu di beri ruang khusus, jadi mereka bisa berkompetesi, apalagi dengan lawan yang lebih berat. wah jadi tertantang mereka untuk terus berkarya dan melatih dan mengasah bakat mereka, ya ga gan?

ehm, semoga aja ada orang yang mendengar saran agan ini, dan tentunya bisa di temukan solusi yang terbaik untuk gank motor ini ya gan. :D, makasih nie, sungguh membantu kita dalam memahami si gank motor ini.

Drieant said... Reply Comment

wah uda taun lalu, ehm, semakin terasa ja ya sist jadinya. apalagi klo mengingat latar keluarganya, ehm. jadi semakin ga tega. bukan begitu sis?

ivan lionel andreas said... Reply Comment

Sebenernya banyak dari mereka (anggota geng motor) yang punya potensi jadi pembalap lho Gan... liat aja aksinya kalo pas balapan, bener² berani. ya, cuma cara nyalurin bakatnya aja yang kurang tepat.

kalo aja pemerintah membuka mata dan bisa mengarahkan mereka ke jalan yang benar dan beri mereka kesempatan untuk menggali potensi (ditempat yang seharusnya). siapa tau diantara mereka terlahir pembalap sejati dan bisa menyaingi Jorge Lorenzo...

tentunya itu Bukan hal yang nggak mungkin kan Gan...?

Anak Rantau said... Reply Comment

Sob, sudah aku bikin postingan masalah templateku, tolongin ya :)

Lentera Langit said... Reply Comment

cz mereka msh labil jd seharusx org tua mereka yg menuntun mereka.. mgkn mereka masuk perkumpulan gitu cz krg dpt perhatian dr ortu.. :)

Info dan Tips Uda Nazar said... Reply Comment

gan...link agan di blog ane udah diperbaiki, silahkan cek, maklum ane lagi di tambang jd susah OL, baru direspon skrng...

Asis Sugianto said... Reply Comment

geng motor terkadang membuat resah...
sob postingannya di perbanyak tiap hari donk, kasihan jamaahnya..

Drieant said... Reply Comment

iya juga bang ya, di tentang mereka malah semakin brutal ya?

Drieant said... Reply Comment

iya ya, sebenarnya kan mereka sudah tidak lagi anak anak ya, paling tidak mereka sudah remaja yang bisa membedakan baik dan buaruk, seharusnya si sperti itu.
ehm, kasih sayang orang tua? spertinya lebih tepatnya perhatian kali ya, mungkin orang tuanya tidak lagi perhatian kemana mereka pergi dan ngapain ja. mungkin seperti itu.

Drieant said... Reply Comment

wah gitu ya bang, ehm, kotanya tegas terhadap orang orang yang brutal dan tidak punya aturan ya. heheh, kaya di mana tu.. ada juga di atas yang koment seperti itu, sudah di hajar masa klo macem macem.. heheh, bagus juga tu, langsung masyarakat yang turun tanggan. biar terjalin keharmonisan.

Drieant said... Reply Comment

hehe, iya gan. cukup logis jawabanya, yang anarkis, sikat. yang biasa aja, ya monggo.. gitu kali ya.

Drieant said... Reply Comment

ga kemana mana nie gan, di sini aja. ente yang jarang berkunjung nie sekarang. heheh.

Drieant said... Reply Comment

iya gan, harusnya si pemimpin mungkin bisa mengarahkan. bukannya membawa mereka ke arah yang ga benar, tapi kata mas agus. peran pemimpin emang sangat berpengaruh pada geng motor loh katanya.

Drieant said... Reply Comment

sabar mas, jangan marah marah gitu :)

Drieant said... Reply Comment

bener juga ya gan, harus di mulai dari yang paling rendah dulu. dari keluarga, yang paling utama karena pendidikan pondasi.

Drieant said... Reply Comment

gitu ya bang, kaya PPKN ya, kebebasan yang tak sebebas bebasnya. heheh, ok pak guru.

Drieant said... Reply Comment

hahah, si agan bisa aja. iya gan.
selamat kejar setoran dah.

Drieant said... Reply Comment

bener juga mba, di arahin dan di modalin... heheh, bukan tidak mungkin ya? :D

Drieant said... Reply Comment

wah berpengaruh besar ya bang? ehm, jadi masukan tu.

Drieant said... Reply Comment

wah si agan, pengalaman sepertinya. iya juga ya, ehm, ga smua genk motor brutal ya, kebetulan tu si oknum pada make motor dan akhirnya di nilai genk motor. bukan begitu gan?

Drieant said... Reply Comment

iya ya gan, mereka lebih brani daripada pembalap dunia sekalipun. hebat sebenernya potensinya, kalau saja pemerintah tau ya.. ehm, bener juga si, bisa jadi pembalap ternama. setuju ane gan. :)

Drieant said... Reply Comment

ok gan, ke TKP

Drieant said... Reply Comment

satu lagi pendapat mengenai kurangnya perhatian Ortu... ehm, ada benar nya juga.

Drieant said... Reply Comment

ok gan, santai aja. ud ane perbaiki. selamat ya atas kegiatannya nie.

Drieant said... Reply Comment

heheh, iya gan. ane lagi nyari idenya dulu nie. heheh. biar bisa bermanfaat postingnya gan :D

Ca Ya said... Reply Comment

mkgn memang bnar,,mreka ingin diakui,,mreka ingin berkreasi dgn hobi yg mereka kuasai tp memang kurangnya wadah untuk menampung merekalah yg akhirnya membuat mereka bergerak sesuka hati. perlu jg adanya kesadaran dari mereka akan resiko yg harus mereka tanggung sndri..

salam kenal^^

Drieant said... Reply Comment

iya mba, perlunya mengetahui resiko pribadi itu penting, agar mereka bisa mengambil langkah yang tepat. satu sisi jiwa mereka yang ingin di akui juga yang mendorong mereka bertindak sesuka hati tanpa memikirkan pengaruhnya, kita yang mungkin perlu juga membimbingnya

Drieant said... Reply Comment

loh, emang meresahkan ya menurut ente ya gan, ehm, kadang si iya juga sie.

Drieant said... Reply Comment

stuju apa nie mba? stuju kalau kota itu termasuk yang berpengaruh terhadap berkembangnya aksi geng motor ya mba? ehm, ok, makasih partisipasinya mba

peduli alamku said... Reply Comment

ehm, kalau di pikir pikir si ada benarnya juga pendapat ente. meski ga semuanya benar, kaya pemerintah kan juga ud mengadakan even yang baik ko, munkin dari remajanya aja yang brutal, dan dia emang ingin brutal kali. :(

IntaNBerliaN said... Reply Comment

singgah balas kunjungan :-)

Mila Said said... Reply Comment

masih ada aja ya geng motor beginian, jd inget jaman saya muda dulu hihihiii

Mami Zidane said... Reply Comment

geng motor selama ini memang identik dengan aksi nekad dan brutal ya...saya sendiri ngeri kalo membayangkan aksi mereka.

Drieant said... Reply Comment

ya dari beberapa pendapat yang ada di atas juga ada yang bilang mungkin emang si remajanya aja kali yang mau brutal, tapi paling tidak kita harus mengingatkan lah. ok

Drieant said... Reply Comment

monggo, singgah di terima

Drieant said... Reply Comment

wah dulu waktu mudah ikut GENG motor juga ya, wah keren, ternyata ada juga cwe yang ikut kaya bginian ya.. ehm, mantap abis dah mba. tomboy jadinya, heheh, untung ud insyaf ya.

Drieant said... Reply Comment

iya mba, emang momok dan rumor yang berkembang seperti itu. namun tidak sedikit pula yang baik ko, seperti para komentator di atas, namun ya karena nila setitik, rusak susu sebelanga

Obric said... Reply Comment

Bukan gank motor namanya gan, klo di jaman sekarang ga ngelakuin anarchis dan brutal .
Itu fakta gan, temen saya bilang sendiri cz temen saya yg masuk keanggotaan genk motor ternama di bandung .

Hzndi said... Reply Comment

mba ? -__-

cerita anak kost said... Reply Comment

ngeri juga ya gan klo sampe terbentuk paradigma seperti itu, bukan gank kalo tidak melakukan kekerasan... ehm, bisa semakin hancur nie kawula muda kita

Popi said... Reply Comment

Lomba kayaknya udah banyak ya? engga cuma Pemerintah yg adain, swasta juga ada! CUma mungkin kurang info dan mereka pasti mikir dgn seabreg persyaratan lomba.

Desy said... Reply Comment

untung didaerahku nggak ada geng notor

Bintang said... Reply Comment

Saya termasuk orang yang sangat terganggu dengan keberadaan geng motor ini, bukan apa-apa, suara motor yan menderu-deru, berombongan pula, kadang membuat kaget dan tidak nyaman...takut juga iya, tapi yang pasti itu saya jengkel...
Hehe, masalahnya memang kompleks.
Tapi semoga geng motor yang suda terlanjur dicap jelek itu akan bisa membuktikan kalau dirinya betul-betul bermanfaat dan tidak sekedar menimbulkan keributan...kalo kata orang hukum sih, pembuktian terbalik gitu...
:)

Drieant said... Reply Comment

ehm, lomba ud banyak ternyata ya. berarti memang pemerintah yang kurang greget dalam mensosialisasi kan atau mungkin persyaratanya tidak terlalu manusiawi, andai ada cukup banyak dana untuk event tersebut, mungkin bakat temen temen yang ingin ikut akan lebih banyak lagi ya.

Drieant said... Reply Comment

wah untung ga ada ya mba, klo ada mungkin bisa sengsara ya. heheh

Drieant said... Reply Comment

iya gan, ehm, emang nyebelin juga si klo denger suara motor yang di geber geber gitu, suara lomba dan lain sebagainya. bener juga ya, ehm, semoga aja bisa pembuktian terbaliknya manjur dah. ok. dan mereka bisa membuktikan karya nyatanya.

sakahayang.com said... Reply Comment

semoga kelompok yg tak mendidik ini menyadari akan kekeliruannya ,,,

wilujeng ngeblog

Drieant said... Reply Comment

iya bang, semoga aja mereka sadar dan kembali ke jalan yang benar. karena tanpa mereka pula, indonesia nantinya bukan apa apa.

Post a Comment