Membuat OpenID di Blogger

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, August 26, 2012

Dengan OpenID yang digunakan pada komentar blogger, membuat si pemilik blog dapat mengunjungi kita tanpa harus melihat ke profil, di samping itu keuntungan OpenID lainya  bisa menambah backlink ke blog. Nah sekarang apa si pengertian OpenID itu? OpenID adalah identitas, sama halnya dengan email atau pun username. Itu yang saya pahami, namun kalau anda mau mencari istilah ‘ribet’ nya di internet, silahkan. Bagi saya OpenID itu identitas yang menunjukan si pemiliknya, titik! (di buat simpel aja lah ya, ok).

membuat openid di blogger

Namanya identitas, identitas itu adalah unik, jadi hanya milik pribadi. Identitas dalam OpenID pula yang bisa kita gunakan untuk mengenalkan blog kita kepada blog orang lain. Nah sekarang saya akan fokus ke bagaimana membuat OpenID di blogger, karena dengan OpenID ini kita memiliki keuntungan seperti yang telah saya sebutkan di atas. Ok langsung ke cara pembuatan OpenID :

1. Ketahui OpenID kamu

Langkah awal sebelum membuat openid di blogger adalah mengetahui OpenID kamu. OpenID bisanya merupakan alamat website atau blogger. Mislanya :
http://blogsaya.blogspot.com
OpenID dari alamat web di atas adalah blogsaya. Kalau anda telah berganti domain dari blogger megunakan TDL, alamat tersebut pula lah yang di gunakan untuk OpenID. Untuk mengetahui secara pasti alamat OpenID sodara, yaitu buka blogger >> setting >> other >> OpenID.

membuat openid di blogger

Di sana alamat OpenID anda, jadi kalau anda ingin berkomentar mengunakan OpenID, alamat tersebut yang di gunakan. Silahkan di coba untuk komentar.

2. Mengatasi Your openid Credentials Could Not be Verified

membuat openid di blogger

Kadang kala setelah mengetahui OpenID kita, dan kita masukin ke tempat komentar OpenID masih juga belum bisa di gunakan dan akan muncul tulisan merah openid credentials could not be verified. Intinya kita perlu memverifikasi bahwa itu merupakan OpenID milik kita, caranya adalah :
Masukan kode di bawah ini setelah <head>
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://blogsaya.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>
Ganti dahulu blogsaya dengan alamat blog anda, kemudian taruh di bawah <head>, tentunya masuk dahulu ke edit html pada template blogspot. Caranya, blogger >> template >> edit HTML (tidak perlu expand widget template).

membuat openid di blogger

Setelah itu, akan muncul gambar seperti di atas, maka anda bisa memilih yes, alwais untuk mengunakan OpenID tersebut selamanya dan membuktikan bahwa andalah pemilik OpenID tersebut.

3. Mendaftar OpenID selain di blogger

Anda dapat pula membuat OpenID selain di blogger, seperti : livejournal, wordpress, myopenid.com dan lain sebagainya. Namun saya tidak memberikan tutorialnya di sini, disini khusus membuat openid di blogger sesuai pesanan kawan saya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, August 26, 2012