Pentingnya Mengikuti Organisasi di Sekolah

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, February 23, 2013


Pentingnya mengikuti organisasi di sekolah. Pengalaman ber organisasi itu mutlak perlu dan bukan datang dengan sendirinya, melainkan kita yang harus mencari. Pertanyaan sederhana, kenapa si penting mengikuti organisasi? kalau basi aku si pentinya karena di sana kita belajar berkomunikasi, belajar memahami orang lain dan menerima pendapat.

Pentingnya Mengikuti Organisasi di Sekolah

Manfaat BerOrganisasi


Lewat beroganisasi, kita belajar untuk bisa menyampaikan pendapat. Dan kadang kita pula harus menerima pendapat orang lain kalau memang mereka lebih baik pendapatnya. Dari proses itulah tanpa disadari kita belajar berkomunikasi, kita di latih untuk berkomuniaksi tanpa harus membaca banyak buku. Yang namanya organisasi kan adalah kumpulan dari beberapa orang yang memiliki tujuan berasama dan ingin meraihnya berasama. Dan cara memperoleh tujuan itulah dengan cara berkomunikasi.

Mungkin terlihat sederhana dan sepele, bisa jadi pun tidak ada artinya bagi orang lain. Kebanyakan ada yang menilai sinis tentang organisasi dan bahkan ada yang menakut nakuti kalau orang yang mengikuti ornganisasi nantinya tidak bisa mengatur waktu dan sekolahnya malah jadi ga beres.

Pentingnya Mengikuti Organisasi di Sekolah
Gambar dari google, hanya ilustrasi
Menurut saya itu pendapat keliru, kita bisa ko dapat prestasi tinggi walau aktif organisasi. Dan beberapa teman saya termasuk saya pun sudah membuktikannya. Sekarang kita pikir sederhana aja dah, kalau memang kalian angep organisasi itu ngabisin waktu, lalu kalian mau ngapain dengan waktu kalian? apakah kalian punya sesuatu yang lebih bermanfaat dari organisasi? kalau kalian hanya menghindar karena takut kehabisan waktu, dan kalian hanya diam saja. Kalian ga dapet apa apa?

Bedanya orang yang aktiv organisasi dan tidak

Saya yakin kalian yang tidak mengikuti organisasi pun belum tentu PR selesai di kerjain, tugas beres. Bisa jadi pas ngumpulin tugas, sama sama belum seperti orang yang iktu organisasi. Tapi bedanya, mereka paling tidak punya pengalaman organisasi nantinya. Daripada kalian yang hanya diam saja dan bengang bengong di kost.

Satu sisi lain, nanti terlihat antara orang yang sering atau pernah berorganisasi. Ia lebih pandai dan tanggap kalau berbicara, sudah tidak malu untuk tampil di depan umum. Atau kalau di beri saran, mereka akan lebih bisa menerima tidak kolot seperti mereka yang tidak pernah berorganisasi. Sebab di akui atau tidak, suatu saat kita akan berbicara di depan umum. Entah jadi ketua RT nantinya atau sekedar memberi sambutan. Nah kalau kalian tidak pernah melatih untuk berbicara seperti itu, suatu saat akan cangung.

Coba deh liat babak bapak kalian kalau sedang rapat RT. Terlihat kan mana yang aktif dan bisa di ajak diskusi dan mana yang pasif, dan orang yang pasif itu pula kalau ngomong liat deh.Apakah nantinya omongannya tertata? nah itu pula yang membedakan semua yang aktif organisasi atau tidak. Walaupun setiap orang punya kemampuan yang berbeda dalam menyampaikan pendapat. Paling tidak, kalian akan tau hasil akhir dari manfaat pentingnya mengikuti organisasi di sekolah.

Fariza Indrianto Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, February 23, 2013

{ 16 komentar... read them below or add one }

Deby Putra Bahrodin said... Reply Comment

yang paling penting adalah bagaimana nantinya tidak meganggu sekolahnya...

putridianata said... Reply Comment

thanks :), bisa buat masukan. aku bakalan mencobanya. meski agak susah untuk menyesuaikannya.

agus bg said... Reply Comment

ternyata penting banget berorganisasi ya sob, tapi saya tidak pernah ikut, abisnya kurang suka sih hehehe...

infosaja.com said... Reply Comment

Memang sangat perlu kita aktif dalam mengikuti organisasi karena disitu kita bisa dapat banyak pelajaran dan kemampuan mendasar bagaiamana cara menyampaikan pendapat dan tanggapan dari setiap masalah yang muncul di organisasi tersebut.

Bung Penho said... Reply Comment

betul kawan. ada banyak pelajaran berharga dari mengikuti organisasi itu. yg pasti kita gak bakal demam panggung!

wongcrewchild said... Reply Comment

nyata banget sob, sering menyaksikan sndiri klo lagi rapat RT...kebradan kita di orgnsi yg paling kecilpun trnyata sangat brdampak psitif, trutama buat etika interaksi sosial kita dan lebih PD ktika brada dihadapan umum

Dadi Heryana said... Reply Comment

wah, penting nih buat saya yang masih sekolah..!!! tapi sayang, saya nggak direkrut jadi anggota OSIS di sekolah saya. jadi nggak bisa ikutan berorganisasi. mungkin harus cari organisasi yang lain ya. hehe :D

Masnady said... Reply Comment

wah memang sangat perlu sobat, tapi saya sudah nggak sekolah dan nggak kuliah sobat, ya mungkin cuma organisasi kecil yang bisa saya ikuti di lingkungan desa saya saja..hehehehe

febriansyah haq said... Reply Comment

Organisasi boleh ikut gan. Tapi nggak harus dalam sekolah. Kayak osis gitu. Nggak setuju banget. Diluar masih banyak organisasi / komunitas

Agung Putra said... Reply Comment

yah tulisan yang bagus
sayangnya saya tidak pernah berminat dengan organisasi, saya senang dengan kesendirian

Andy Sudarmanto said... Reply Comment

kalau saya paling anti ikut organisasi, soalnya lebih suka bebas diluar dibanding bebas didalam :)

cak oni said... Reply Comment

kalo saya mengikuti OSIS kang di sekolah saya ,, alhamdulillah saya banyak mengambil ilmu tentang berorganisasi

cerita anak kost said... Reply Comment

@cak oni. bener gan. ambil ilmu yang banyak dari sekolah. jangan di sisain.

cerita anak kost said... Reply Comment

@masnandy. ya itu juga ga apapa gan, yang penting kan ikut aktif.. biar kita tambah ilmunya. :D

cerita anak kost said... Reply Comment

@agus bg. ente bilang penting, tapi ente sendiri kurang suka dan tidak ikut. gimana sie gan. ga konsisten.. hehehe

Life is Mine said... Reply Comment

ya, kalau waktu luang tidak disi dengan hal yang berguna seperti berorganisasi mau di pakai u/ apa? organization that reflects the character of the nation, what we include the nation's character is good or very good or even go down?

Post a Comment