Pentingnya Mengikuti Organisasi di Sekolah

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, February 23, 2013

Artikel Terbaru
Pengalaman ber organisasi itu mutlak perlu dan bukan datang dengan sendirinya, melainkan kita yang harus mencari. Pertanyaan sederhana, kenapa si penting mengikuti organisasi? kalau basi aku si pentinya karena di sana kita belajar berkomunikasi, belajar memahami orang lain dan menerima pendapat.

Pentingnya Mengikuti Organisasi di Sekolah

Manfaat BerOrganisasi

Lewat beroganisasi, kita belajar untuk bisa menyampaikan pendapat. Dan kadang kita pula harus menerima pendapat orang lain kalau memang mereka lebih baik pendapatnya. Dari proses itulah tanpa disadari kita belajar berkomunikasi, kita di latih untuk berkomuniaksi tanpa harus membaca banyak buku. Yang namanya organisasi kan adalah kumpulan dari beberapa orang yang memiliki tujuan berasama dan ingin meraihnya berasama. Dan cara memperoleh tujuan itulah dengan cara berkomunikasi.

Mungkin terlihat sederhana dan sepele, bisa jadi pun tidak ada artinya bagi orang lain. Kebanyakan ada yang menilai sinis tentang organisasi dan bahkan ada yang menakut nakuti kalau orang yang mengikuti ornganisasi nantinya tidak bisa mengatur waktu dan sekolahnya malah jadi ga beres.

Pentingnya Mengikuti Organisasi di Sekolah
Gambar dari google, hanya ilustrasi
Menurut saya itu pendapat keliru, kita bisa ko dapat prestasi tinggi walau aktif organisasi. Dan beberapa teman saya termasuk saya pun sudah membuktikannya. Sekarang kita pikir sederhana aja dah, kalau memang kalian angep organisasi itu ngabisin waktu, lalu kalian mau ngapain dengan waktu kalian? apakah kalian punya sesuatu yang lebih bermanfaat dari organisasi? kalau kalian hanya menghindar karena takut kehabisan waktu, dan kalian hanya diam saja. Kalian ga dapet apa apa?

Bedanya orang yang aktiv organisasi dan tidak

Saya yakin kalian yang tidak mengikuti organisasi pun belum tentu PR selesai di kerjain, tugas beres. Bisa jadi pas ngumpulin tugas, sama sama belum seperti orang yang iktu organisasi. Tapi bedanya, mereka paling tidak punya pengalaman organisasi nantinya. Daripada kalian yang hanya diam saja dan bengang bengong di kost.

Satu sisi lain, nanti terlihat antara orang yang sering atau pernah berorganisasi. Ia lebih pandai dan tanggap kalau berbicara, sudah tidak malu untuk tampil di depan umum. Atau kalau di beri saran, mereka akan lebih bisa menerima tidak kolot seperti mereka yang tidak pernah berorganisasi. Sebab di akui atau tidak, suatu saat kita akan berbicara di depan umum. Entah jadi ketua RT nantinya atau sekedar memberi sambutan. Nah kalau kalian tidak pernah melatih untuk berbicara seperti itu, suatu saat akan cangung.

Coba deh liat babak bapak kalian kalau sedang rapat RT. Terlihat kan mana yang aktif dan bisa di ajak diskusi dan mana yang pasif, dan orang yang pasif itu pula kalau ngomong liat deh.Apakah nantinya omongannya tertata? nah itu pula yang membedakan semua yang aktif organisasi atau tidak. Walaupun setiap orang punya kemampuan yang berbeda dalam menyampaikan pendapat.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, February 23, 2013