Membuat PowerPoint Unik dan Menarik

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Monday, January 23, 2012


PowerPoint merupakan alat yang penting dalam presentasi selain kemampuan atau skil kita dalam menyampaikan materi. Menurut pengalaman saya keberhasilan dalam komunikasi ditentukan dari dua hal, kemampuan menyampaikan materi dan materi yang di sampaikan (melalui media powerpoint). Pernah tidak melihat powerpoint yang unik dan atraktif, kadang melihatnya saja kita sudah seneng apalagi kalau disampaikan dengan cara yang menarik. 

Sebenernya saya mau membuat judul dengan “Presentasi Menarik, PPt unik dan respon yang baik” ada akhiran –ik dalam setiap pengalan kata yang membuat judulnya saja sudah menarik. Namun nanti malah terlalu panjang ceritanya malah jadi tidak menarik, jadi saya bagi saja menjadi beberapa bagian supaya materi yang di sampaikan lebih mengena dan pembaca bisa paham.

Membuat PowerPoint Unik dan Menarik, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint terlihat menarik, membuat powerpoint atraktiv, contoh powerpoint unik,

Tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah. Saya mau berbagi tentang materi presentasi unik tapi belom terbukti saya sendiri bias menunjukannya, olehkarenanya saya sediakan sampelnya untuk di donlot di sini. Sebenernya presentasi buatan saya sederhana, dimulai dari seneng mengedat edit di kost sana, namun ketika saya liat lagi ko sepertinya unik juga, makanya saya mau berbagi di sini. Dan beberapa teman saya ternyata juga bilang demikian, “berarti hipotesa saya benar to?, heheh”

Ok lagsung kita liat presentasi yang pernah saya buat.


Bagaiman cara membuat presentasi unik? Sebenarnya tidak sulit, hanya di butuhkan kemauan. Berarti harus master powerpoint? Tidak juga, saya justru memulai dengan tidak bisa apa apa. Yang kita perlukan hanya mecoba, percuma saja kalau master dalam hal powerpoint tapi tidak pernah mencoba. Jangan pernah menunggu sepurna, tapi mari kita sempurnakan. Ok sebelum berbicara tekniknya, mari kita berbicara mindsetnya dahulu, apa yang di perlukan.

1. Pernah membuat PPT.
Kenapa pernah mebuat menjadi hal yang penting. Sederhana saja konsepnya, kita akan mengargai orang lain kalau kita tau kesulitannya. Kita akan menghargai pemusik kalu kita tidak bisa bemain musik seperti dia, kita akan menghagai tulisan orang kalu kita tahu bahwa mengarang itu sulit dan mungkin kita perlu mejadi pemimpin supaya tau gimana susahnya memimpin Negara, haha ud keluar jalur ini. Kembali ke topik, intinya kita pernah mencoba membuat.

Membuat PowerPoint Unik dan Menarik, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint terlihat menarik, membuat powerpoint atraktiv, contoh powerpoint unik,

2. Punya Contoh/ Acuan
Nah ini penting, kenapa? Karena kita punya idola ato panutan. Dulu saya kira presentasi ya gitu gitu aja, saya ud coba bisa dan selesai. Ga sulit ko presentasi, cuman nyusun kata-kata dan nempatin gambar yang di perlukan ud. Tapi ketika saya melihat satu presentasi yang hebat buatan lika (ketika saya kost di Surabaya belajar di ITS sana) tenyata presentasi ga cuma gitu gitu aja. Tenyata bisa atraktif, yang ia sebut dengan powerflash. Akhirnya saya punya semangat untuk mencoba dan berkreasi dengan yang presentasi. Presentasi adalah seni.

Sama seperti teman teman saya di kampus depok, awalnya saya lihat presentasinya standard aja. Namun ketika saya kenalkan presentasi buatanku, ya mulai terliahat ada perbedaan, kita mulai berkompetisi. Ya paling tidak presentasi yang saya kenalkan memberikan mereka influence. Ok, mari kita belajar powerflash.

3. Berani Mencoba
Kadang kita melihat hal yang hebat hanya sekelibat, Maksudnya ga ada tindak lanjutnya. Klo orang lain bisa hebat, kenapa kita tidak bisa. Apa yang membedakan? Toh kita sama sama makan nasi? Kecuali saya makan besi yang kadarnya tinggi mungkin anda boleh heran. Ga ada berbeda, semua ada di powerpoint. Yang di perlukan hanya mau untuk mencobanya.

Apakah saya lebih pintar? Tidak, Saya bisa seperti ini hanya karena banyak mencoba. Selebihnya tidak ada rahasia apa apa. Dan saya akan bagikan ke anda bagaimana caranya.

Membuat PowerPoint Unik dan Menarik, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint terlihat menarik, membuat powerpoint atraktiv, contoh powerpoint unik,

4. 3I yaitu visualisai, imitasi dan improvisasi
Ya kurang lebihnya begini lah, kita liat, kita duplikat dan kita perhebat. Saya hanya melihat contoh yang diberikan teman saya terus saya bongkar dan saya coba coba, dan akhirnya saya menemukan style saya sendiri. Memang tidak sama dengan teman saya, tapi apa pentingnya? Toh saya bangga dengan kreasi saya. Setelah biasa, tahapnya lebih berat. Bukan lagi melihat dari presentasi tapi melihat dari game, handpone filem atau apapun yang atraktiv, kemudian belajar untuk menduplikat. Dan lihat hasilnya.

5. Jangan berhenti Terus Bemain
Sebenernya jangan berhenti terus bermain adalah kisah, kisah seorang maestro piano yang ketika konsernya akan berlangsung mendadak ada anak kecil duduk di pangung pianonya yang telah di padati ribuan orang, anak kecil tanpa merasa bersalah memainkan piano tersebut. Tanpa merasa terusik justru sang maestro melanjutkan permainan piano anak tersebut dan justru tanggapan penonton lebih meriah.

Yang ingin saya sampaikan adalah terkadang kita menunggu sempurna untuk berubah, terkadang kita terusik oleh hal kecil yang justru mengacaukan rencana kita. Tapi tidak bagi mereka yang berjiwa dan berpikiran besar, yang selalu bisa melihat setiap peluang dengan jernih di setiap sandungan kecil. Mari kita belajar dari maestro, mari kita jadi maestro.

Membuat PowerPoint Unik dan Menarik, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint terlihat menarik, membuat powerpoint atraktiv, contoh powerpoint unik,

Ah, akhirnya sampe juga kita di ujung cerita. Yang saya sampaikan di atas adalah sebuah konsep awal dan paradigma saya ketika membuat sebuah presentasi. Sengaja saya sampaikan di awal sebagai sebuah motivasi agar kita tidak pernah berhenti berkarya. Posting berikutnya saya akan ulas satu persatu termasuk teknik dan rahasianya dalam membuat powerpoint. Dan untuk donlot filenya bisa link di bawah atau di sini, eit tunggu dulu. Itu tidak gratis, paling tidak anda like facebook cerita anak kost dan kemudian anda harus terus mengikuti semua materi saya tujuanya agar anda pun bisa dan menguasai (materi terkait bisa dibaca di bawah, termasuk samplenya untuk di download di setiap postingan). Trimakasih. Selamat Mencoba.
Nb. Cara Mendownload
-- >> Tunggu 5 detik, Lalu klik link pojok kanan atas. Atau lihat gambar ini <<--

Download contoh membuat power point unik dan menarik

Fariza Indrianto Cerita Anak Kost Updated at: Monday, January 23, 2012

{ 22 komentar... read them below or add one }

Anonymous said... Reply Comment

hebat ternyata power point bisa seperti ini. Recommended untuk membantu presentasi biar lebih menarik.

About Me said... Reply Comment

iya gan, bisa. donlot aja filenya trus nantinkan perkembangannya. ane update lagi gan. makasih ya ud mampir.

Blog Mantap Donk said... Reply Comment

baru tau........
bagus......
:D
Kunjungi Blog ku Ya.....
Maaf jika Komentarku ini
Spam,dari pada di aggap Spam
ku minta maaf dulu,Sorry
ya... Semisal aku Spam di Blog Agan...
Ini bukan Spam Lho....

Drieant said... Reply Comment

@Blog Mantap Donk: spam ngaku spam =)) bisa aja si agan.

Dadi heryana said... Reply Comment

iya nih, kebetulan di sekolahku juga ada tugas persentasi dan harus menggunakan media powerpoint. makasih info nya.

FIKRISHARE.COM - Free Download Software Full Version said... Reply Comment

postingan yang sangat bagus gan, saya praktikan dulu ya gan.

anak elang said... Reply Comment

Gan, aku tertarik banget gan dengan tutornya? ada gak lagi contoh PPT yg udah jadi, so mudah belajarnya? oh yah gan, aku jg tertarik cara buat kolom di tempalte agan yg "baca yg ini juga yah" ... bagiin dong tutor n tipsnya plizzz

jufry said... Reply Comment

wow ... ijin download yah buat presentasi kuliah ane hehehe... yg ginian ini yg gue cari. Gan punya tutor buat sayap malaikat untuk photoshop ato corel draw, adakah??? oh yah salam kemal

Drieant said... Reply Comment

ou yang itu, ntar ane share ya tutorialnya. tapi sabar. nunggu antrian. klo mau download ppt yang lain, ada di sidebar. hajar aja.

Drieant said... Reply Comment

monggo silahkan di dowload. ane ga punya yang trik photosop gan, ane manual semua.. klo agan punya. boleh di share.

Anonymous said... Reply Comment

apik tenan..kulo saking deso ijin badhe dunlud

Giwangsari poetry Puisi said... Reply Comment

okee mantap gan

titanic said... Reply Comment

saya baca2 dulu Gan, artikel ini saya butuhkan, thanks

Dapah blog said... Reply Comment

Terima kasih Mas buat infonya,,, keren banget. izin download ya. Salam sukses selalu :)

Supriyadi Pro said... Reply Comment

Kunjungan malam gan, terimakasih saling mendukung.
Salam kenal.

Lizanovia M. Hadi said... Reply Comment

seumur2 ngga pernah pake ppt kecuali iseng sekali, itupun ngga tuntas. ngga ngerti sih..

tapi beberapa waktu lalu, demi presentasi, kebuat gitu aja. ternyata bisa, ya walaupun masih sederhana :-)

kuncinya memang learning by doing ya.. juga kepepet :-D
[ harus sering2 ngintip Di sini nih ]

Rizal Yuliandi said... Reply Comment

ijin download dulu ya sob,mau coba belajar power point ne,thanks.....

Devi Sundayati said... Reply Comment

makasih info nya:)

Seto El Kahfi said... Reply Comment

Mantep ih si anak kost :D

jazzynisa said... Reply Comment

terima jasa pembuatan power point gak ya!

cerita anak kost said... Reply Comment

waduh jazzy. Maaf ya, saya sudah lama menutup jasa untuk membuat powerpoint. Ya karena kesibukan saya, kalau mau belajar bisa ko di blog saya yang emang khusus membahas powerpoint. Di niceppt.com

Derry Schecter said... Reply Comment

seppppppppppp (y) sya akan coba trik ini unuk presentasi LKTIN saya.....

Post a Comment