WC Sumber Ide

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, April 5, 2012

WC Sumber Ide

WC sumber ide? kedengarannya menjijikan tapi ini kenyataan. Coba tebak, berapa lama waktu yang kita punya di WC? apa yang kita lakukan. Apakah sambil mengerjakan sesuatu? sambil menulis? tidak, kita hanya sedang berkonsentrasi terhadap yang satu 'itu'. Kita akan punya banyak waktu (ya paling tidak selama kita buang hajat) di dalamnya, bahkan, seorang paling sibuk di dunia sekalipun yang ia tidak memiliki waktu istirahat, ia akan memiliki waktu untuk yang 'itu'.

WC Sumber Ide

Ya di sadari atau tidak, kita akan punya waktu di dalamnya. Apa coba yang kita lakukan? sebagian orang ada yang merokok dan sebagian orang biasanya melamun, membayangkan apa saja. Pekerjaanya, tugasnya, kegiatan selanjutnya, apa saja pokoknya yang bisa dibayangkan. Dan justru bisanya dari sanalah ide muncul.

Ga percaya? dari buku menjadi jenius seperti leonardo da vinci (coba baca ya, ada ga di suruh nongkrong di WC, trus jadi jenius. Hehehe) penulis mengadakan penelitian dan menanyakan dimana orang orang menemukan ide-ide terbaik? dan hampir tidak ada yang menjawab ketika ia sedang bekerja. Rata-rata mereka menemukan ide justru saat sedang senggang, "ketika istirahat di ranjang", "ketika berjalan jalan di taman", "ketika mendengarkan musik sewaktu berkendara" dan "ketika sedang mandi". Kalo saya pribadi si saya "menemukan ide di wc" hayo siapa juga yang pernah?

Dalam buku tersebut disebutkan ketika kita berjalan jalan di hutan, beristirahat di ranjang atau berlama lamaan ketika mandi maka kita akan menciptakan suasana kesendiran dan relaksasi. Ya, otak kita memerlukan sebuah ritme, kita tidak harus bekerja terus menerus untuk menyelesaikan sesuatu. Bahkan dengan sebuah ritme kita akan lebih efektif, sama seperti gergaji yang selalu di gunakan ia akan cepat tumpul. Nikmatilah dan beristirahat sambil 'mengasah gergaji' dengan demikian kita akan menemukan gairah kembali dalam bekerja dan pikiran pun akan lebih segar.

WC Sumber Ide


Satu kisah lagi, anda mengenal penemu hukum volume? suatu ketika ia diperintahkan oleh sang raja untuk menemukan berapa volume mahkotannya yang ia sandang. Sebagai imbalannya ia akan di berikan hadiah yang besar dan konsekwensinya apabila ia tidak menemukannya maka ia akan di hukum pengal. Dalam tekanan yang dahsyat tersebut, Archimedes merasa bingung (bagaimana mengukur benda yang tidak simetris, dalam hatinya) dan tidak tau berbuat apa lagi. Akhirnya ia putuskan untuk mandi, sambil berendam di bathtub ia 'ngelamun' dan berusaha untuk tidak memikirkannya. Namun apa yang terjadi? justru ia memperhatikan bahwa ketika ia semakin berendam maka makin banyak air yang tumpah, dari situ ia barkata 'eureka'. Akhirnya ia kembali ke kerajaan (dan tentunya sudah mandi dan berpakaian, kalo belum nanti ada yang 'kontal kantil' dong, heheh) kemudian ia merendam mahkota raja, air yang tumpah dari mahkota yang di rendam itulah volume dari mahkotanya.
Ia, menemukan idenya saat ia sedang mandi. Mungkin juga ada yang menemukannya dari tempat lain selama sedang istirahat dan nyantai, namun jarang yang menemukan ide saat sedang sibuk. 

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, April 05, 2012