Ngabuburit Atau Ngirit

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, July 26, 2012

Ngabuburit atau ngirit - Bulan puasa adalah bulan yang penuh hikmah, tak terkecuali bagi anak kost. Yang namanya anak kost, biasa sengsara karena ga ada makanan, eh sekarang di bulan puasa kita di suruh menahan lapar dan dahaga, yaud biasa, lumayan dah jadi dapet pahala sekalian ngirit. Apalagi di bulan puasa, semakin lengkap berkahnya dengan adanya ngabuburit.

Ngabuburit Atau Ngirit

Ngabuburit adalah kegiatan yang di lakukan sembari menanti berbuka puasa, itu menurut kamus cerita anak kost. Sebenarnya istilah itu entah darimana di populerkan, mungkin dari jawa kali ya, yang jelas ada cerita menarik dari anak kost mengenai ngaburburit, ngabuburit atau ngirit

Nah namanya kegiatan ngabuburit kan macem macem, biasanya si anak kost juga macam macam, tapi yang ini beda. Lebih islami gitu, sebelum adzan sudah kumpul di masjid, iktikaf kali ya. Namun ternyata tidak juga, ada yang lebih menarik dari iktikaf, yaitu menanti berbuka sambil nunggu tajil gratisan dari si empunya dan pengelola masjid (*hahahaha).

Bukankah ada hadis kalau yang memberi makan orang berpuasa mendapat pahala dari si orang yang berpuasa? nah anak kost tau itu, dan dia ingin membagi pahalanya ke pada orang-orang yang telah menyumbang kemasjid makanya dia datang. Bahkan dia datang tidak sendiri, biasanya pun membawa kawan se-kostnya, wah bisa di hitung kan pahala yang di dapat oleh penyedia tajil di masji? itu aset akhirat yang luar biasa.

Ada ada aja ya, entah itu sebuah alasan atau sebuah pembenaran. Tapi itulah ulah anak kost, di saat ramadhan datang tajil pun diserang. Sengaja di bela belain datang walau jarak menghadang. Yang hebatnya lagi, biasanya anak kost pun 'niteni' (kalau kata orang jawa), dia itu merhatiin mesjid mana yang ngasih banyak dan enak, bisanya kalau sudah seperti itu, tu masjid rame dah dengan anak kost, apalagi anak kost dari kalangan mahasiswa, ketauan dah kerenya. Hahahaha. 

Ngabuburit Atau Ngirit

Tapi ada lagi, kalau emang masjid itu lama kelamaan dirasa penuh, kerana sudah banyak yang tau dan informasi sudah menyebar, biasanya anak kost mencari majid lagi. Hebatkan, dia sengaja mencari masjid yang jauh supaya palaha perjalannya semakin banyak, ya itulah anak kost, selalu mencari pahala kebaikan. Sebenarnya entah kebaikan atau kesempatan, tapi ya lumayan, dengan ngabuburit di masjid bisa ngirit. 

Kadang kala si masjid pun tidak hanya menyediakan tajil, termasuk nasi kotak yang berisi minimal ayam di dalamnya, wah terasa berkah banget dah ramadhan. Maknya benar kalau ada hadis yang bilang seandainya kalian tau berkah di dalam ramadhan, pasti kalian akan meminta satu tauh di jadikan ramadhan, kalau sudah gitu wah anak kost benar benar jaya dah (*hahahahaha).

Ya itu lah lika liku anak kost yang melakukan ngaburit atau ngirit. Sebenarnya tidak semua seperti itu, saya merasakan kost di jakarta pun berbeda, jarang yang mau ngabuburit ke masjid, entah karena mereka banyak duit atau dasar alergi ke masjid. Kalau di daerah timur sana, walau brandalan sekalipun dia tetap sembayang, makanya dia juga mau di ajak ngabuburit ke masjid.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, July 26, 2012