Baju Baru Untuk Solat Ied

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, August 17, 2012

Baju baru lebaran, seperi itu kata anak anak. Namanya anak anak senang kalau dapat baju baru, dan kadang orang tuanya pun ga mau kalah. Ya logis aja lah, masa anaknya pakai baju baru orang tuanya tidak pakai. Bisanya si pake yang baru juga, biar seragam. Memang baju baru memeriahkan suasana lebaran, walaupun sebaiknya hati dan ahlaknya harus lebih baru.

Baju Baru Untuk Solat Ied

Berbicara mengenai baju baru, sebenarnya ada yang sedikit ane bingungkan. Biasanya baju baru tersebut baru di buka dan kemudian di pakai untuk solat. Entah baju, sarung atau sajadah baru bisanya tidak di cuci dulu langsung aja buat solat, biar kerasa make baju barunya. Namun sebenanya baju baru tersebut kan kita ga tau suci atau tidaknya, kalau bersih si memang bersih. Tapi kan mananya bersih belum tentu suci, padahal syarat sahnya solat adalah suci hadas dan najis baik pakaian tempat atau badan.

Kalau pakaianya tidak suci, bisa jadi solatnya pun jadi pertanyaan, soalnya kan sudah menjadi syarat. Namanya syarat solat kan harus di penuhi sebelum solatnya di jalankan. Mungkin bisa jadi bahannya kena najis dari tangan si penjahitnya, atau ketika membuat baju tersebut bisa di lempar ke tempat yang tidak suci, atau mungkin ketika di jual bisa jadi pun terkena najis dan lain sebagainya. Yang jelas baju baru untuk solat ied tersebut kesuciannya masih di pertanyakan.
Mungkin lebih baik di cuci dahulu, toh dengan mencuci tidak mengurangi esensi baju baru tersebut.
Mungkin kita bisa mengingat kembali yang namanya najis seperti apa? bangakai binatang darat, darah, nanah, kencing atau veses, arak, anjing dan babi. Yang paling mungkin bisa jadi kena kotoran hewan, entah di lantai atau bisa jadi di tempat lain. Bisa pula kena bekas kencing atau sebagainya, yang jelas kita tidak tau. Bisa jadi pula kain tersebut di lapisi oleh bahan bahan yang terbuat dari jenis arak, sekali lagi kita tidak tau. Jadi, sebaiknya memang kita cuci dahulu baju baru tersebut

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, August 17, 2012