Membuat Mobile Version di PC

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, October 7, 2012

Mobile version untuk web atau blog bisa kita gunakan dengan menambahkan ?m=1 pada akhiran url blog, sehingga walau melalu browser pc kita tetap dapat melihat mobile version. Pertanyaan sederhana, mengapa harus mobile version? alasannya karena mobile version ini tidak memakan banyak bandwith yang tentuknya lebih ringan ketika ngeblog. Apalagi untuk membuka blog yang super berat, bisa kita gunakan mobil version.

Misalnya punya saya adalah http://carikost.blogspot.com bisa di lihat versi mobilenya dengan http://carikost.blogspot.com?m=1. Dengan demikian akan tampil versi mobile, yang lebih ringan tentunya. Namun satu sisi kita cape juga untuk menambahkan ?m=1 pada setiap kita masuk ke blog orang, oleh karenanya kita perlu membuat mobile version di pc secara otomatis. Caranya dengan :

Membuat Mobile Version di PC

Membuka Opra Mini di PC.

Ya, ini cara termudah yang bisa kita lakukan untuk membuat mobile version di pc, dengan mengaktifkan opera mini. Adapun file yang di butuhkan adalah :
1.    Download dan instal Java Runtime
2.    MicroEmulator sebagai emulator untuk menjalankan Java ME di PC
3.    Opera Mini download dalam bentuk jar.
Silahkan download terpisah, namun bagi yang ingin download satu pake, silahkan di link ini (klik, dan tunggu 5 detik di pojok kanan, skip ad).  Setelah semua file siap,sekarang ke proses instalasinya.

1.    Instal java dahulu di pc (bagi yang belum punya java di komputernya)
2.    Unpack (unzip, karena filenya berbentuk zip) MicroEmulator
3.    Pindahkan operah mini dalam folder MicroEmulator (supaya lebih mudah)
4.    Klik (doble) microemulator.jar untuk menjalankan
5.    Ke option Select device, pilih resizable device.

Membuat Mobile Version di PC

6.    Untuk pertama, (mungkin akan keluar gambar seperti di bawah) silahkan isi angka berpapun.

Membuat Mobile Version di PC

7.    Klik file (pada micromulator), pilih Open MIDlet file.

Membuat Mobile Version di PC


8.    Pilih file opera mini yang kamu sudah masukan
9.    Lalu klik start pada layar
10.    Tunggu prosesnya, dan sekarang anda sudah membuat mobile version di PC

Dengan mengaktifkan opera mini di PC ini, bagi anda yang sering blog walking akan sangat membantu karena tidak perlu menunggu blog yang berat. Di samping itu, tehnik ini dapat menghindari iklan yang tidak sengaja di klik sendiri. 
Untuk bagaimana tampilannya, anda bisa melihat ke gambar paling awal, seperti itu tampilan yang ada di pc, persis seperti yang ada di hape hanya saja sekarang ada di pc jadi ngetiknya lebih mudah. Teknik ini memang bisa mempercepat melihat blog orang karena lebih ringan, namun bila blog anda memang berat tidak ada salahnya anda mempelajari meningkatkan kecepatan blog.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, October 07, 2012