Meningkatkan Kecepatan Blog

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, September 21, 2012

Kecepatan blog perlu di tingkatkan karena akan membuat pengunjung lebih nyaman, hasilnya ia akan semakin betah dalam melihat halaman lain dari blog kita. Pada dasarnya blog itu sudah cepat ketika awal loading, hanya saja kita yang sering membuatnya lambat dengan menambahkan banyak widget atau pola pengaturan yang keliru.

Artikel ini sebenarnya adalah lanjutan dari meningkatkan performa loading blog yang pernah saya tulis beberapa saat lalu, karena saya pikir ada bebearpa hal lagi yang perlu saya tambahkan agar blog bisa terasa makin cepat dan akhirnya di sukai oleh search engine. Adapun  beberapa point yang perlu diperhatikan dalam meningkatakan kecepatan blog adalah :

Meningkatkan Kecepatan Blog

1. Compres CSS Blog

Cascading Style Sheet (CSS) adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Biasanya letaknya antara <b:skin><![CDATA[/* sampai ]]></b:skin>. Css yang tidak tersusun akan mengurangi kecepatan blog, olehkarenanya kita harus merapihkannya. Kabar baiknya, kita tidak perlu merapihkan manual, ada alat yang memang di desain untuk mengkompresi css menjadi lebih compak dan rapih.

Meningkatkan Kecepatan Blog

Caranya, anda buka ke blog anda.
  1. Kemudian edit html lalu cut semua yang ada di <b:skin><![CDATA[/* sampai dengan ]]></b:skin>
  2. Buka css compressor (http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor/), pilih yang light kalau anda masih amatir
  3. Paste kode css tersebut di sana
  4. Ambil css yang telah terkompres
  5. Kembalikan pada template, dari <b:skin><![CDATA[/* sampai dengan ]]></b:skin>
  6. Save dan lihat hasilnya.
Namun penting bagi anda untuk membuat backupnya template anda terlebih dahulu kalau kalau ada terjadi kekeliruan atau ketidak sesuaian hasil. Ini cara sederhana dalam meningkatkan kecepatan blog.

2. Menyembunyikan atau Menampilkan Widget

Anda harus memperhatikan mana widget yang benar-benar di perlukan untuk pengunjung, jadi blog tidak terlalu bayak widget yang nantinya menurunkan kecepatan blog. Kadang kala kita terpaksa menampilkan widget walaupun itu sebenarnya sudah ada (fungsinya jadi double). Misalnya widget recent post atau posting terakhir, terkesan bentrok ketika orang pertama kali membuka hompage karena di homepage pun memang posting terakhir kali yang keluar. Namun recent post itu berfungsi manakala pengunjung dari google langsung datang ke artikel, jadi kita perlu memamerkan hasil postingan terbaru sebagai alat navigasi kepada pengujung. Kalau seperti itu masalahnya, kita bisa menyembunyikan atau menampilkan widget sebagai salah satu cara meningkatkan kecepatan.

Hal yang paling utama harus di ketahui dalam menyebunyikan widget ini adalah, anda harus tau html atau letak widget dalam template. Cara paling mudah adalah dengan member nama pada widget kemudian kita CTRL F untuk mencari widget tersebut, biasanya susunanya akan seperti ini :

<b:widget id='HTML5' locked='false' title='Artikel Terbaru' type='HTML'>
<b:includable id='main'>

<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

Pastikan anda telah memcentang expand widget template pada HTML, kemudian anda perhatikan kode html di atas. Perhatikan yang wana biru, itu adalah patokan dimana anda harus meletakan dan menambahkan kode untuk bisa menyembunyikan widget.

A. Menyembuyikan Widget di Hompage

Menyebuyikan widget di hompage, artinya widget hanya akan tampil pada halaman artikel atau posting saja, sedangkan di hompage ia tidak keluar. Caranya, setelah anda menemukan letaknya, ada tambahkan beberapa kode seperti di bawah ini.

<b:widget id='HTML5' locked='false' title='Artikel Terbaru' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>


</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Seperti penjelasan sebelumnya, anda harus meletakan kode yang warna merah pada patokan (warna biru) pada kode tersebut. Jadi tambahan kode yang warna merah setelah atau sebelum patokan (warna biru) tadi. Jadi nantinya sesuai kode di atas, setelah itu anda simpan.

B. Menyembunyikan Widget di Postingan atau Artikel

Dalam menyembunyikan widget di artikel, berarti widget hanya akan tampil pada halaman utama, atau hompage. Caranya, cari kode widgetnya terlebih dahulu kemudian tambahkan kode warna hijau seperti di bawah.


<b:widget id='HTML5' locked='false' title='Artikel Terbaru' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>

<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>

</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Sekali lagi ingat, kode warna biru adalah patokan yang harus anda cari dalam widget yang akan anda sembunyikan. Lalu tambahkan kode warna hijau di atas atau bawah kode patokan seperti yang di jelaskan sebelumnya.

3. Kurangi Pengunaan Iframe atau JS

Pengunaan iframe atau js (javascript) juga berpengaruh terhadap kecepatan blog, apa contoh pengunaan hal diatas? Iklan atau facebook fans page contohnya. Karena iframe atau js akan membaca server lain untuk kemudian di tampilkan di blog kita, jadi istilahnya kita membuka blog (web) orang dalam blog kita sendiri. So kalau bisa minimalkan pengunaan keduanya, kalaupun terpaksa harus mengunakannya, anda bisa menggunakan metode sebelumnya dengan menyembunyikan di halaman tertentu.

4. Tampilan Posting di Hompage

Menampilkan posting pada homepage juga akan memberatkan blog, karena ia akan membaca posting keseluruhan lalu kemudian ia kompres menjadi readmore. Jadi kebayang kan posting yang berlebihan di homepage bisa memberatkan blog. So usahakan posting yang tampil di hompage tidak lah lebih dari 4 posting, itu akan meringankan kecepatan blog saat di baca.

5. Template Mempengaruhi Kecepatan Blog

Kadang kala orang sudah berusaha untuk mengurangi berat blog dan tanpa di sadari ternyata template dari blog nya sendiri cukup berat. Memang tidak ada alat untuk mengukurnya (sepengetahuan saya si), tapi anda bisa membedakan kecepatanya ketika menganti template dengan template yang lain. Namun kita bisa perhatikan template yang berat memiliki warna yang beragam, atraktif dan mengandung banyak gambar di dalamnya. Template tersebut biasanya cukup berat, sedangkan template yang minimalis biasanya cukup ringan. Hal ini kembali kepada diri anda sendiri, silahkan memutuskan dengan bijak untuk menganti template atau mengoptimalkan widget widget yang lain. Soalnya, pengantian template sendiri kadang bisa menguras waktu karena banyak yang harus kita perbaiki dan kita setting ulang dari awal. Jadi, sebaiknya daripada mengganti template, lebih baik mengoptimalkan kecepatan blog kita.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, September 21, 2012