Apa Yang Membuat Hati Tenang

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, October 12, 2012

Kalau anda di tanya apa yang membuat hati tenang? mungkin jawabanya akan bermacam macam. Ketenangan hati bisa juga kadang di artikan sebagai kebahagiaan, kalau dia bahagia maka hatinya tenang. Tidak salah meski sebenarnya pondasi kebahagiaan sesunguhnya dari ketenangan hati, jadi bukan karena bahagia lantas hati tenang melainkan sebaliknya. Lalu apasaja yang bisa membuat hati tenang? uang, kepintaran, orang yang kita cintai, keindahan tubuh, jabatan atau fasilitas lainya. Bisa jadi salah satu dari itu.

Yang Membuat Hati Tenang

Kalau bicara mengenai uang, memang kekurangan uang sumber dari kesengsaraan. Artinya kalau dia punya banyak uang bisa jadi ia akan bahagia. Namun coba kita lihat, apakah dengan uang yang melimpah lalu ia bisa membeli apapun, membeli setiap yang ia inginkan lantas ia jadi bahagia? bisa jadi demikian. Faktanya ketika ia di beri banyak uang pun belum tentu bahagia, kenapa? mungkin ia kepikiran kalau uangnya akan di colong, atau ia merasa uangnya kurang lantas mati matian hidup mencari uang dengan menghalalkan segala cara. Di sisi lain, orang yang kelebihan uang pun akan tetap merasa tidak nyaman dengan apapaun yang ia bisa beli sampai akhirnya ia bingung harus membeli apa yang bisa membuatnya bahagia. Yang jelas uang nya akan selalu menjadi pikiran baginya dan tak jarang yang membuat orang stres.

Lalu ada juga yang meletakan ketenangan hatinya pada seseorang, istri, anak atau orang lain yang ia cintai. Sehingga ketika ia bersamanya akan datang kebahagiaan bahkan ketenangan karena selalu ada yang bisa ia lihat, selalu ada yang bisa ia bagi kepada orang yang ia cintai. Namun, ketika orang yang ia cintai itu pergi darinya bisa jadi itu akan merubah keadaan dirinya dan ia pun menjadi stres, bingung bahkan putus asa. Jadi, apakah orang lain bisa menjadikan dirinya tenang?

Jabatan, fasilitas atau bentuk tubuh yang sempurna sekalipun tidak akan bisa mendatangkan ketengangan. Bisa jadi kita bahagia karenanya, namun adakalanya kita pun dibuat sengara karenanya. Jadi semua itu bukanlah sumber ketengangan hati, lalu apa yang membuat hati tenang? kalau kata pepatah 'illa bidzikrillahi tat mainul kulub' yang di terjemahkan sebagai 'hanya dengan mengingat tuhan hati akan tenang'

Pertanyaan nya kenapa dengan mengingat tuhan hati akan tenang? orang yang mengingat tuhan, ia tidak punya motivasi apapun selain karena tuhannya, jadi apa yang ia kerjakan dan ia miliki bisa ia iklaskan, semua kembali ke pada Tuhan. Misalnya ia punya uang banyak, lalu tiba tiba uangnya di curi. Ia tidak akan terlalu sakit karena ia sadar bahwa uang itu milik-Nya yang suatu saat akan di mintanya kembali.

Ketika ia kehilanggan orang yang amat ia cintai, ia pun sadar bahwa semua itu tidak ada yang abadi kecuali tuhan. Ia sadar bahwa dulu ia sendiri, sekarang ia di temani oleh orang yang ia cintai lantas suatu saat pun ia akan kebali sendiri.

Orang yang mengingat Tuhan seyogyanya dia orang yang tulus, ia merasa tidak punya apa apa. Yang kalau pun salah satu kesempurnaan tubuhnya di ambil oleh yang kuasa, ia pun iklas dan tetap saja menjalaninya dengan apa adanya. Memang tidak mudah untuk menjadi seseorang yang selalu ingat tuhan, namun memang tidak dapat di pungkiri dialah sumber ketenangan. Tanpa kita berdoa pun, ia masih saja memberikan apa yang kita inginkan hanya saja kita sering lupa kapan pernah menginginkan sesuatu tersebut.

Saya sebenarnya tidak bermaksud menggurui hanya saja ingin menasehati diri sendiri lewat tulisan ini. Semoga saya selalu menjadi orang yang mengingat Alloh, mengingat tuhan sehingga saya selalu memperoleh kebahagiaan apapun yang saya alami.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, October 12, 2012