Tehnik Mencuci Pakaian yang Benar

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, November 17, 2012

Mencuci pakaian adalah hal yang wajib bagi anak kost, ya memang si ada juga yang menggunakan jasa laundry, tapi paling tidak masih ada anak kost yang memang mencuci pakaianya sendiri. Ada dua keuntungan kalau kita mencuci sendiri, pertama adalah irit kedua adalah melatih kemandirian.

Untuk tehnik mencuci menggunakan mesin cuci, ga saya bahas ya sebab saya sendiri pun belum pernah make mesin cuci. Ya karena ga punya kali, makanya ga pernah make tapi lagi juga kan jarang ada tempat kost ko ada mesin cucinya. Kalaupun ada itu kost tertentu yang harganya pun boleh di bilang lumayan, untuk orang umum jarang lah yang seperti itu.

Tehnik Mencuci Pakaian yang Benar

Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Mencuci

1. Jenis sabun

Pertama yang harus di ketahui dalam mencuci adalah sabunya. Kita mau make yang mana dulu nie, sabun bubuk (yang biasa untuk merendam) atau sabun colek, dua duanya punya karakter yang berbeda. Kalau yang sabun bubuk lebih praktis karena tidak perlu kita kerja terlalu capai dengan menyikat, cukup di rendam saja dan kemudian di bilas. Kerugiannya, memang sedikit agak tidak bersih karena tidak mengalami proses sikat (kalau anda tidak menyikat). Dan sisi lainnya kalau kita lupa, pakaian yang kita rendam semalaman bisa saja berbau tidak sedap ketika akan di cuci.

Untuk sabun colek, sisi baiknya biasanya lebih bersih pakaianya karena biasanaya setelah itu kita sikat. Sisi buruknya, biasanya si kalau kita ga rapih atau bersih dalam membilas, baju yang kita jemur biasanya meninggalkan bekas putih sabun dan kadang juga suka gatal kalau dipakai nantinya.

Nah dua duanya tinggal pilih tu mana yang cocok, biasanya si anak kost lebih milih yang di rendam karena praktis. Tapi ingat, embernya gantian ya, kasihan kalau ada yang mau make.

2. Pisahkan Pakaian yang Mudah Luntur

Ini tehnik yang mutlak tidak boleh lupa, terutama kalau anda menggunakan yang namaya tehnik merendam pakaian. Kalau anda merendam pakaian yang mudah luntur ke baju yang lain, biasanya warnaya pun akan menempel dan celakanya kalau di sana ada pakaian yang ternyata berwarna putih bisa bisa nanti kena imbasnya, kelunturan.

Oleh karenanya usahakan pisahkan pakaian yang mudah luntur ke ember yang lain, atau cuci paling akhir karena kalau sudah pakaian yang lain kena warna luntur, wah urusannya bisa sedih ente nanti. Apalagi kalau kena yang namanya seragam dimana ga bisa bebas dibeli di sembarang tempat.

3. Bagian Yang Harus di Sikat

Bagian kedua dari tehnik mencuci pakaian ini, adalah bagian mana yang paling tidak wajib di sikat. Kalau pun kalian mengunakan sabun bubuk yang hanya di rendam, cobalah untuk tetap menyikat terutama bagian bagian ini karena rawan kotor. Yaitu :
Leher dan lengan, untuk pakaian bagian yang sering kotor dalah dua bagian itu tadi, leher dan lengan. Entah mengapa, mungkin dua bagian itu yang paling sering bersingungan dengan kulit, yang meyebabkan terkumpulnya daki (heheh, ngerti istilah daki, istilah kotoran dari bahasa jawa). Sedangkan untuk celana, biasanya di bagian paling bawah, dekat mata kaki.

4. Tehnik Menjemur pakaian

Nah untuk tehnik mencuci selanjutnya adalah bagaimaan menjemur pakaian. Hal yang terpenting untuk menjemur pakaian adalah pastikan pakaian yang akan dijemur itu sudah benar benar di peras. Tujuannya, supaya tidak banyak air yang ada di dalam pakaian yang nantinya akan memperlambat prosese pengeringan. Seperti kita tau, biasanya kita mengeringkan mengguakan matahari. Padahal yang namanya matahari tidak selamanya bersinar, jadi pas tau tau siang hari mendung dan pakaian kita ternyata belum kering, biasanya akan berbau apek untuk besoknya. Jadinya, pastikan benar benar kering terutama jins. Nah untuk jins, dulu sempet saya meminta bantuan teman untuk ikut memerasnya, sampe bener bener make tenaga untuk menguragi air di dalam jins ketika akan di jemur, wah nyiksa juga kalau pas ga ada matahari.

Tehnik Mencuci Pakaian yang Benar


Satu lagi tehnik yang perlu di perhatikan dalam menjemur, kalau bisa pakaian yang akan di jemur itu di balik, jadinya bagian dalam yang nantinya di panaskan langsung dengan matahari. Tujuannya? untuk menghindari warna pakaian yang memudar atau istilah jawanya 'mletek'. Karena panas yang langsung kena ke matahari, ternyata lama kelamaan dapat merusak warna pakaian.

Yap, itulah beberapa tehnik mencuci pakaian, ya walaupun mungkin sebagian orang mengangap remeh, tapi itu ilmu yang dikumpulkan dari bertahun tahun di alam rantau (hehehe). atau anda punya cara sendiri dalam mencuci pakaian?

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, November 17, 2012