Isi Tabel Blog Tetap di Atas

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, December 29, 2012

Bagaimana agar isi dari table tetap berada di atas ketika kita ingin menyusunya di dalam postingan blog? itu yang akan saya bagikan sekarang. Membuat tabel di blog memang gampang gampang susah tidak seperti membuat tambel di ms. word atau excel. Namun kata susah bukan berarti tidak bisa, hanya saja perlu sedikit usaha. Ini merupakan hasil postingan saya yang telah lama saya simpan di draft, dulu soalnya saya mengalami kesulitan dalam memodifikasi tabel agar isi tabel tetap berada di atas, untuk kata kuci bagaimana membuat tabel supaya tidak melorot ternyata tidak membantu sepenuhnya karena kedua tabel yang saya buat tidak berukuran sama tingginya. Otomatis arrangementnya mengikuti yang paling tinggi, sehinga terlihat timpang sebelah.

Untuk mempelajari tentang tabel silahkan kunjungi TKP berikut. Saya hanya akan menujukan cara bagaiman supaya tabel ke satu, memiliki tinggi yang serupa dengan tabel yang di sebelahnya. Untuk memperjelas apa yang saya maksud dengan timpang sebelah adalah sebagai berikut.

Kolom ke satu
Dan ini adalah tabel kolom ke 2 dari baris pertama
Kalo yang ini, kita modifikasi agar di dalam satu baris tabel terdapat dua kolom, yang ini bisa di katakan kolom ke 2 dari baris pertama

Nah kita lihat ternyata kolom ke satu memiliki ketinggian setengah dari kolom ke dua, gimana caranya supaya tabel ke satu memiliki tinggi yang sama dengan tabel ke dua? itu yang jadi permasalahan saya waktu itu. Namun jangan khawatir, saya telah menemukan caranya.

Yaitu dengan menambahkan <br></br> pada tabel pertama sehingga ketinggian nya sama. berapa bannyak? sebanyak tinggi yang di perlukan. kalau sekali kurang, lakukan 2x, 3x sampai tinggi dirasa memadai. menambahkan <br></br>, sama dengan menambahkan enter pada tabel, namun kadang menekan enter tidak berpengaruh pada tabel. Hasilnya akhirnya akan seperti ini

Kolom ke satu





Dan ini adalah tabel kolom ke 2 dari baris pertama
Kalo yang ini, kita modifikasi agar di dalam satu baris tabel terdapat dua kolom, yang ini bisa di katakan kolom ke 2 dari baris pertama

Terlihat bedanya bukan untuk tabel kolom ke satu posisinya jadi naik, sejajar dengan kolom kedua. Pertanyaan selajutnya buat apa saya melakukan hal tersebut? ini saya temukan ketika saya kesulitan menaikan tabel tulisan yang berada di sebelah koment, awalnya ia berada di tenggah dan terlihat menggangu, makanya saya cari cari cara dan ternyata carnya mengunakan <br></br>, mudah bukan.

Isi Tabel Blog Tetap di Atas

Kemudian mungkin ada yang bertannya tanya bagaimana saya menyesuaikan lebar tabel agar ukurannya berbeda antara kanan dan kiri. Sebenernya mudah, kita hanya perlu menambahkan atribut WIDTH=100%, isi dengan % bila kita ingin membaginya dalam prosennan. namun bia kita tahu ukuran sebenernya kita dapat tulis dengan angka yang menunjukan pixel (misalnya width: 350px). contohnya adalah sebagai berikut


kolom 1 kolom 2

Nah scrip dari tabel di atas adalah sebagai berikut:

<table border="1" style="width: 300px;"><tbody>
<tr> <td align="center" width="25%">kolom 1 </td> <td align="center" width="75%">kolom 2 </td> </tr>
</tbody></table>

Saya membagi kolom di atas menjadi 25% dan 70% dari ukuran 300 pixel, dan hasilnya bisa anda liat di atas. Nah untuk align="center" bila di letakan setelah 'td' maka ia akan merata tengahkan tulisan di dalam tabelnya, sedangkan kalau di taruh setalah 'table' maka anda akan meratakan tabel ke tengah halaman dari postingan sodara (seperti yang anda liat pada tabel paling awal).

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, December 29, 2012