Perlengkapan Mandi Anak Kost

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, January 2, 2013

Anak kost tidak lepas dari perlengkapan mandi, kecuali bagi mereka yang jarang mandi. Banyak loh anak kost yang jarang mandi, alesannya si bisa bermacam macam seolah membenarkan tindakaknya, tapi intinya si males, males mandi dia (hehehe).

Nah bagi mereka yang pernah jadi anak kost, pasti ud tau SOP (standard operational procedure) untuk mandi, yang salah satunya adalah perlengkapan mandi. Ya ga jauh jauh, paling tidak seperti gambar di bawah ini :
Perlengkapan Mandi Anak Kost

Itu perlengkapan mandi saya saat ini, lagi lagi untuk sekian kalinya jadi anak kost. Sekarang kota baru, yaitu di jogja yang mendapat kehormatan untuk saya tempati kali ini. Perlengkapan mandi saya ya standard aja, bisa di tebak dari gambar di atas. Yaitu

1. Sabun Mandi

Sabun mandi adalah suatu kewajiban ketika mandi. Jadi kalau ada orang yang mandi tapi belum sabunan, ehm.. kayanya kurang sreg aja. Sabun mandi itu sendiri pun ada dua, yang batangan dan cair. Tadinya si saya cuma punya sabun batangan aja, alesanya si lebih murah.

Perlengkapan Mandi Anak Kost
Tapi ketika main ke kost teman saya, saya mendengar dia mengejek temanya yang katanya mandi masa make sabun batangan. "Jaman sekarang masa mandi make sabun batangan... " gitu kurang lebih dia bilang. Akhirnya, mau ga mau dari pada malu entar teman main ke kost trus aku di ejek juga, akhirnya beli juga sabun cair dah. Jujur si emang enak sabun cair itu, lebih wangi dan praktis. Apalagi kalau ada teman kita yang mau mampir atau menginap di kost, kita ga perlu khawatir tukeran kuman karena lebih higenis. Tapi sisi jeleknya harganya cukup mahal juga, kalau sabun batangan paling ga cuma 3 ribuan, sabun cair itu paling murah di atas 10 ribu. Lumayan kan?

Tapi akhirnya saya pake dua duanya. Sabun cair biasanya saya pake kalau pas bilasan kedua setelah mandi, soalnya wanginya itu loh yang mantap, jadi biar badan kita wangi setelah mandi.

2. Sikat dan Odol

Sikat dan odol adalah perlengakapan mandi yang kedua. Biar gigi bersih dan senyum indah, tentunya harus rajin sikat gigi. Tapi ya namanya anak kost, biasanya sikat gigi pas mandi aja. Padahal sebaiknya sikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur, nah itu yang repotnya anak kost. Kalau makan di warung, masa harus sikat gigi di sana? repot lagian bawa sikat gigi kemana mana, ya ga?

Tapi untuk yang sikat gigi sebelum tidur, sekarang sedang mulai di biasakan. Supaya giginya bersih dan ga sakit gigi.

3. Sampo

Sampo juga menjadi perlengkapan idola selanjutnya untuk mandi. Ya udah pada tau lah gunanya, paling tidak supaya rambut kita ga ada kutunya dan lagi supaya ga bau apek. Ga enak kan masa kalau di dekatin orang badan mah wangi tapi rambut bau? bisa ga dapet pacar nantinya. hehehehe

4. Sabun Cuci

Kalau ini ga wajib, ini si kebiasaan saya aja sebagai salah satu anak kost teladan. Saya selalu membawa sabun cuci sebagai perlengkapan mandi saya, ya tentunya untuk mencuci pakaian. Soalnya saya biasakan kalau setiap pagi mencuci pakaian hari kemarin, biar ga terlalu numpuk. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit, nah kalau yang jadi bukitnya pakaian kotor kan ga enak juga.

Udah laundry ga murah, kahwatir terkontaminasi kuman orang lain juga jadi alesan saya males mengunakan laudry, lebih praktis nyuci sendiri. Lagi juga mudah ko, cuma di kucek sebentar trus jemur dah, di tinggal pergi sorenya kering dah. Keculai kalau ujan, baru pake tehnik mengatasi pakaian basah dalam semalam dah.. hehehe.

5. Gayung

Nah semua perlengkapan tadi saya tempatkan di gayung. Intinya si sebagai tempat, tapi juga kadang bisa berfungsi manakala gayung di kamar mandi itu rusak. Biasalah, namanya kamar mandi umum, kadang gayung nya pun asal pake aja, kalau ud rusak, ga tau si siapa yang tangung jawab.

Namun yang namanya gayung itu, biasanya si penempatan seperti itu khusus kost yang kamar mandinya ga di dalam, kamar mandi luar maksudnya. Lebih enak si kamar mandi dalam, lebih praktis. Ruginya, ya kalau ventilasinya ga bagus, kita lagi pup' semua kamar kebau-an. Sisi burukya kamar mandi dalam lainya, kita jadi ga kenal sama tentangga lainya, soalnya kalau ud kunci kamar, kita ga mau keluar lagi. Itu pengalaman saya, tapi ya mungkin tiap orang beda.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, January 02, 2013