Powerpoint Unik dan Menarik Tipe Custom Setting

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, February 16, 2012

Sebenarnya saya agak kesulitan untuk memberikan judulnya, karena saya tidak menemukan nama yang tepat pada gambar yang saya jadikan acuan. Seperti biasa, sebelum saya membuat powerpoint unik, saya akan melihat-lihat terlebih dahulu tema ato acuan dalam presentasi yang akan saya buat. Saya biasanya mencari di google untuk kata kunci “interface” kemudian akan muncul banyak sekali gambar, saya pilih salah satu yang sesuai dan bisa saya terapkan untuk powerpoint unik saya. Nah untuk acuan ini, saya tidak memiliki data nya karena interface yang saya gunakan tidak berjudul, hannya bertuliskan image, jadinya ya saya beri nama custom setting saja sesuai yang ada di gambar.

Powerpoint Unik dan Menarik Tipe Custom Setting, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, membuat powerpoint kreatif, membuat powerpoint atraktive

Untuk membuat powerpoint ini, cukuplah mudah dan tidak banyak memakan animasi karena sengaja saya atur demikian. Tidak seperti presentasi unik dan menarik tipe kasumi yang walaupun simple tapi banyak animasi, begitupula powerpoint unik dan menarik tipe binder yang di dalamnya banyak animasi untuk materinya.

Hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan powerpoint ini adalah penempatan icon pada sidebar dan ini tidak terlalu sulit karena pada gambar acuan pun sudah di contohkan. Kita hanya perlu menyesuaikan dengan gambar atau bisa saja gambar tersebut di jadikan background kemudian kita sesuaikan letak sidebarnya kemudian setelah jadi, background tersebut bisa kita remove.

Powerpoint Unik dan Menarik Tipe Custom Setting, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, membuat powerpoint kreatif, membuat powerpoint atraktive

Untuk membuat gambar semirip mungkin acuannya, kita perlu alat yang bisa mendeteksi kadar warna dari gambar yang kemudian kita terapkan. Apa nama software tesebut? Namanya  ColorSniffer, anda bisa mendownloadnya satu paket dengan contoh presentasi ini di kolom sidebar. Adapun cara mengunakan color sniffer cukup mudah, perhatikan.

Setelah kita tahu cara pengunaanya, sekarang bagaimana membuat icon nya? Saya terus terang tidak membuat icon itu sepenuhnya karena akan memakan banyak waktu disamping saya juga tidak mahir membuat icon, saya hanya compas icon dari powerpoint yang pernah saya download, kemudian menyesuaikan warna dan ukurannya sesuai yang saya kehendaki. Untuk berbagai macam icon ada juga tidak perlu repot membuat, saya sudah bagikan di kolom download yang ada di sidebar dan sudah satu paket dengan powerpoint ini.

Setelah itu, bagaiman membuat icon seolah olah sedang di “highlight” atau seolah olah icon tersebut menunjukan bab yang sedang kita bahas? Mudah juga, saya menambahkan gambar hitam di icon tersebut. Dan untuk menambah suasana semakin dramatis, saya merubah juga warna dari icon tersebut, mudah bukan. Cara merubah warnanya bagaimana? Ya tinggal di klik kanan, dan >> formate shape, pilih >>fill.

Powerpoint Unik dan Menarik Tipe Custom Setting, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, membuat powerpoint kreatif, membuat powerpoint atraktive

Pada gambar saya rubah background dengan warna biru, agar terlihat bedannya. Dan kita lihat di icon paling atas, terdapat kotak warna hitam, itulah kotak yang saya tambahkan supaya terlihat saya sedang membahas bab tersebut.

Seperti powerpoint saya sebelum sebelumnya, ketika anda membuat anda harus membuat satu masternya, kemudian di duplikat sesuai bab yang di butuhkan (ya aku istihakan dengan sub-master lah). Kalau dalam satu bab itu terdiri banyak artikel ato materi, ya sudah, satu slide sub-master saja yang di buat untuk presentasi tersebut kemudian di copikan sebanyak artikel tersebut. Biasanya saya selalu membuat dua presentasi, satu untuk layoutnya (hanya berisi slide master dan sub-master atau bisa dikatakan hanya berisi templatenya saja, tanpa berisi materi). Kemudian saya save as, sehingga saya punya copiannya lalu saya isi template tersebut dengan artikel atau materi yang dibutuhkan untuk presentasi.

Powerpoint ini sengaja tidak saya beri animasi ketika pindah bab, karena waktu pembuatannya memang di peruntukan untuk skripsi, jadinya saya butuh waktu yang cepat dalam presentasi karena biasanya untuk skripsi hannya diberi waktu presentasi 10-15 menit. Namun anda bisa menambahkan efek animasi >>wipe yang di arahkan ke bawah sehingga terkesan akan berganti bab. Dan biasanya saya pun hanya mengunakan paling banyak 4 jenis animasi dalam powerpoint saya, karena kalau terlau bannyak animasi akan mengaburkan pesan yang di sampaikan, lagi juga bukannya terlihat rapih justru terlihat acak acakan.

Bagaimana mengatur kedudukan icon supaya segaris dan rata, tentu ada ilmunya. Manual? bisa tapi akan memakan banyak waktu dan tidak rapih. Anda bisa memanfaatkan >>align yang sudah saya jelaskan pada artikel powerpoint unik dan menarik tipe binder.  Anda juga bisa mengurangi ato menambahkan icon tersebut sesuai bab yang anda buat.

Ini merupakan proses belajar,  awalnya adalah visualisasi, lalu imitasi kemudian improfisasi. Silahkan di coba sendiri, senang bisa berbagi, apalagi anda mau koment di sini, saya akan senang memberi penjelasan. saya akan membahas beberapa presentasi lagi, so nantikan terus ya. Kalau ada pertannyaan, silahkan di tanyakan lewat hubungi saya yang ada di bagian atas.  Trimakasih, Selamat mempraktekannya

Nb. Cara Mendownload
-- >> Tunggu 5 detik, Lalu klik link pojok kanan atas. Atau lihat gambar ini <<--

Download contoh powerpoint unik dan menarik tipe custom setting.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, February 16, 2012