PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, January 28, 2012


PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi. Ok sekarang kita ke powerpoint unik yang pertama akan kita bedah setelah saya bahas konsep dasarnya di Membuat PowerPoint Unik dan Menarik. Presentasi ini merupakan tugas dari pelajaran prof raldi koestoer, dan menurut saya ini yang paling simple dari presentasi saya.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, cotoh powerpoint keren, membuat powerpoint kreativ, powerpoint atraktif


1. Idenya
Pertama yang harus di ketahui dari pembuatan presentasi ini adalha idenya dari mana? Kenapa bisa seperti ini? Ok sekarang kita bahas. Ide awalnya adalah saya searching di google tentang interface, kemudian saya menemukan gambar seperti ini.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, cotoh powerpoint keren, membuat powerpoint kreativ, powerpoint atraktif

Sama tidak? Tidak juga, tapi saya mirip bukan. Paling ga saya menyesuaikannya, klo suruh mirip ya agak terlalu sulit lagi pula kotaknya terlalu sepit untuk menaruh materinya. Kadang kita memang perlu penyesuaian dari gambar yang kita dapat ke bentuk jadinya berupa powerpoint.

2. Materinya
Nah kalau urusan materi, saya serahkan ke masing masing ya. Cuma hal yang harus di perhatikan bawah sederhana buakan berarti biasa alias cupu. Tapi kesederhanaan justru di tampilkan oleh orang yang pintar, pintar untuk menyerderhanakan materi sehingga menjadi mudah di pahami. Bukan mengampangkan! Untuk materi ini saja saya observasi sampai 2 hari, kadang belom tentu jadi karena harus di padatkan. Apalagi tantangannya haris buat presentasi Cuma dalam 6 slide untuk satu materi.

Setelah dapat materi saya masukan ke powerpoint apa adanya dulu (belon ada tampilan), kemudian saya baca lagi dan pahami lagi pas tidak untuk di sampaikan. Kadang saya rubah dulu ya seperti yang saya utarakan sebelumnya, kita jangan menunggu sempurna. Sempurnakan keadaan. Kerjakan dulu aja, sambil sedikit sedikit kita sempurnakan.

3. Layout (tata letaknya)
Kenapa saya menambahkan sidebar (yang ada di samping)? supaya terlihat seperti bab. Sehingga kita tahu urut urutannya materi, akan lebih mudah kalo kita belajar per-bab sehingga kita tahu keseluruhan materinya seperti apa. Paling tidak mapnya kita beri tahu dengan adanya sidebar tersebut.

4. Pembuatannya
Nah untuk pembuatan detailnya, tidak akan saya bahas disini lah ya. Saya angga semuanya sudah bisa, namun klo memang diperlukan ya nanti saya bahas. Yang jelas saya akan sharing bagaimana tips tipsnya dalam mengoptimalkan powerpoint. Ok saya mulai dengan pengaturan awal, pertama akan sangat membantu klo kita tampilkan grid dalam presetasi, tujuannya supaya kita tau secara poporsional dimana kita meletakan gambar.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, cotoh powerpoint keren, membuat powerpoint kreativ, powerpoint atraktif

Caranya kita buka View >> Gride line, kemudian kita juga perlu untuk menentukan garis tenggahnya. Dengan cara klik kanan Gride and Guide >> Display drawing guides on screen, nanti akan muncul garis tengah besar yang membagi horizontal dan vertical.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, cotoh powerpoint keren, membuat powerpoint kreativ, powerpoint atraktif

Setelah itu pahami juga mengenai peletakan gambar, apa itu front dan forward? Apa bedanya, harus di pahami. Biasanya yang front itu yang paling atas, menutupi gambar yang lain. Kita akan mengunakan sekali teknik penumpukan gambar untuk membuat presentasi yang unik ini.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, cotoh powerpoint keren, membuat powerpoint kreativ, powerpoint atraktif

Pahami seluruh tentang gambar akan sangat membantu untuk membuat presentasi, termasuk juga pengisian fillnya. Apakah harus di isi, ato tidak ato di isi dengan backround anda juga harus tau bedannya.

Kemudian teknik lain yang perlu di pahami adalah teknik pembuatan master, biasanya saya membuat satu master layout presentasi kemudian saya copi ke beberapa slide berikutnya, bisa mengunakan duplikat denga klik kanan atau saya biasa mengunakan CTRL D. Membuat satu master itu penting, jadi klo masternya salah maka yang lainnya akan salah, So hati hatilah.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi, membuat powerpoint unik, membuat powerpoint menarik, membuat powerpoint keren, cotoh powerpoint keren, membuat powerpoint kreativ, powerpoint atraktif

Untuk pembuatan detailnya (silahkan di donlot dan di bongkar ppt saya), slide ke satu itu sebenarnya ada dua slide yang saya tumpuk jadi satu. Cuma yang slide pertama sengaja tidak saya munculkan, saya tutup dengan slid yang baru mengunakan teknik penumpukan gambar seperti yang telah saya jelaskan. Sedangkan slide selanjutnya merupakan slide master layout yang telah saya copi menjadi beberapa bagian (sesuai bab) kemudian saya isi dengan materi. Ya seperti itu aja, mudah bukan? Ya memang mudah.

Bongkar saja ppt saya, pelajari tekniknya. Klo ada yang kurang ngerti, share di mari. Saya terbuka ko, klo saya jelaskan detail di sini akan menjadi satu buku, hahah. Di coba dulu aja, ntar ketaun kesulitannya dimana.

5. Animasinya
Na untuk pembuatan animasinya, animasi yang saya gunakan sebenernya standart. Saya tidak pernah mengunakan animasi yang terlalu banyak, paling Cuma 5 jenis yang di ulang dan di modifikasi saja dengan teknik penampilan gambar.

PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi

Hanya teknik penampilan animasi saja yang perlu kalian tau, yaitu tampilkan >>show advance timeline, disana akan terlihat tampilan keseluruhan waktu dan perjalannya jadi sewaktu kita >>play animasi mana saja yang sedang digunakan kita bisa tau.

Kalau menurut saya, power point yang baik bukan dari banyaknya animasi, tapi dari kesesuaian animasi. Animasi tersebut perlu tidak? Dan baiknya animasi tersebut teratur, maksudnya dimana dia mulai disitu di mengakhiri. Mungkin akan sulit dijelaskan tapi saya akan menunjukan suatu presentasi yang teratur animasinya seperti di bawah ini


Kalau di lihat, pergerakan animasinya searah, itu yang membuatnya menarik. Ide tersebut saya ambil dari intervace hap sony Ericson tipe berapa ya? Saya lupa, la wong punya sodara saya. Saya Cuma pernah melihat sekali, animasinya ya kurang lebih seperti itu.

Ya kurang lebih ini untuk pembedahan awal dari presentasi unik dan menarik tipe kasumi, saya juga pernah mebuat untuk tipe buku. Persis seperti lembaran buku yang kita buka, namun ini ppt, mau tau cara membuatnya? Nantikan terus perkembangan selajutnya ya.

Nb. Cara Mendownload
-- >> Tunggu 5 detik, Lalu klik link pojok kanan atas. Atau lihat gambar ini <<--

Download sample PowerPoint Unik dan Menarik Tipe Kasumi

Fariza Indrianto Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, January 28, 2012

{ 10 komentar... read them below or add one }

Catatan Mahasiswa said... Reply Comment

keren kk, bisa gtu ya bru tau saya.... :P

haris widodo said... Reply Comment

keyen sob, beneran besok gue presentasi thanks sob

About Me said... Reply Comment

Sama sama, masih banyak yang lain yang bakal gue kupas. ikutin terus ya. ;hepi

yoppi sutrisna said... Reply Comment

heeemmm...semacam kenal nih pengukuran teknik,,hahahahaha..semangat za!!
ntar klo ada presentasi kamu aja yah yang bikin power pointnya

mastono said... Reply Comment

za..minta yg ppt metrologi ke ibnu_shodiqin@yahoo.com ya....yg dulu ilang ey.....yah sekalian belajar cara buat ppt gaya lo..

drieant said... Reply Comment

@mastono, siap pak. langsung di kirim. metrologi pak ario sama prof raldi.

Bintang Antik Sejahtera said... Reply Comment

Hemmm...ini buat presentasiyang proffesionla buanget Gan,,,izin copas ya...buat materi belajar ,presentasiku di Kabupaten Madiun..bulan depan....he..he..he..persiapan....

Drieant said... Reply Comment

@Bintang Antik Sejahtera:justru ini lebih detail gan, kurang cocok buat profesional. klo mau yang tipe CS gan, ada di sidebar. ;hepi

Anonymous said... Reply Comment

kayaknya seru ni.,.,.,

christian said... Reply Comment

bang boleh ga saya di ajarin secara personal ?

Post a Comment