Tips Menjaga Keamanan di Kamar Kost

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, April 11, 2012

Aman adalah menyangkut barang berharga dan tentunya nyawa. Kenapa harus di jaga? ya sebagai anak kost jangan kan membeli barang, terkadang aja kita ga punya uang. Oleh karena itu kita perlu waspada terhadap pencurian di sekitar kita.

Toh lebih baik mencegah daripada nantinya kehilangan, dan salah satu ciri kost yang baik adalah terdapat keamanan di dalamnya.  Sebagian orang mungkin pernah mengalamik kejadian buruk mengenai keamanan kost, mungkin sebagian lagi belum! (berarti pengen kehilangan dong!). ya justru lebih baik jangan kehilangan daripada belum kehilangan, ya kan. Oleh karenanya saya akan membagikan beberapa tips dan pengalaman agar tidak mengalami kecurian, terutama di dalam kost.
Keamanan Anak Kost

Selalu kunci kamar ketika keluar

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah selalu kunci kamar ketika keluar. Soalnya kita tidak bisa memastikan berapa lama kita keluar. Misalnya, 'ah saya cuma mau ke kamar sebelah (kamar temannya, red)'. Dan tau apa yang terjadi ketika teman saya bergumam seperti itu dalam hati? sebuah laptop kesayangannya raib.

Padahal jarak antara kamar dengan kamar temanya hanya beberapa meter, hanya dibatasi oleh 2 kamar lainya. Namun sipencuri tampaknya lebih berani untuk bertindak. Menurut saksi mata yang melihat, pencurinya berjumlah dua orang dan mengenakan helm. Saksi mata tidak sadar kalau itu adalah pencuri, ia mengira justru mereka adalah temanya. Dan seperti itulah pencurian yang sering terjadi, so selalu kuci kamar ketika keluar.

Kunci dari dalam

Kadang kita mengira tempat yang paling aman adalah di dalam kamar. Tidak sepenuhnya salah, namun bila kita berpikir lebih jauh, kamar adalah hal yang paling tidak aman. Kenapa? karena hanya ada satu jalan masuk, yaitu pintu. Ketika pencuri berhasil membuka pintu (baik secara paksa atau tidak) maka seluruh isi kamar menjadi harta karun bagi pencuri.

Sadar atau tidak, ketika kita baru ngekost. Kamar tersebut adalah kamar warisan dari orang sebelumnya. Artinya kuncinya juga pernah dimiliki oleh orang sebelumnya. Kalau orang itu berniat jahat bisa saja kunci tersebut di duplikat! dan anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi. So ketika masuk kost baru, maka anda juga harus memasang 'grendel' (mungkin bahas inggrisnya slot kali ya) di dalam kamar, sehingga ketika anda tidur pulas anda punya dua keamanan. Kunci yang ada di pintu dan grendel yang hanya bisa dibuka dari dalam.

Hal yang perlu diperhatikan lagi, ketika anda dan teman anda melakukan hal apapun di dalam kamar. Selalulah kuci kamar dari dalam, terlebih kalau malam. Kejadian pada teman saya ketika asik ngobrol hingga tengah malam, bermain komputer ditemani secangkir kopi dan sebatang rokok. Mereka tak sengaja tertidur dan ketika mereka bangun semua laptop yang awalnya ada di hadapan mereka menghilang entah kemana. Ga tanggung tanggung 2 laptop, kamera digital serta 5 Hp sudah berpindah tangan.

Taruh barang di tempat aman

Menyambung cerita kunci dari dalam, maka tindakan pencegahan selanjutnya adalah taruh barang berharga di tempat yang aman. Jangan berserakan, karena maling yang nyasar hanya sempat mengambil barang yang berserakan tanpa meneliti barang yang disembunyikan. Buktinya ketika teman saya dalam cerita diatas kehilangan semua barang, yang ketika itu ada 3 orang di dalam kamar. Teman saya yang satunya sebelum tidur menaruh laptopnya di dalam lemari, alhasil ketika 2 temanya kehilangan. Laptop ia sendiri yang masih jadi milik pribadi.

Ingat, jangan biarkan barang berharga berserakan. Kejadian lain saya alami ketika saya bertandang ketempat teman saya di purwokerto. Pada saat itu saya menginap dan seperti kebiasaan saya sehari hari yang selalu bangun pagi, saya duduk aja di depan pintu kamar teman saya sementara teman saya asik ngorok. Lalu tak lama berselang orang kamar di depan saya keluar untuk mandi dan membiarkan pintu terbuka. Beberapa saat kemudian datang seseorang mengenakan helm masuk kekamar tersebut dan keluar lagi menghampiri saya dan menanyakan 'andi ada?'. Ya kontan saya yang bukan warga situ mengatakan 'wah saya ga tau e'. Akhirnya orang tesebut masuk lagi ke kamar dan menyalakan lampu lalu keluar.

Lalu saya minta ijin ke teman saya untuk pulang di pagi itu dan tak lama berselang saya dikabari bahwa kamar yang ada didepanya baru saja kehilangan HP tadi pagi. Berarti orang yang mengenakan helm dan temannya yang mengunakan motor diluar itu adalah pencuri. Dan seperti biasa, penyesalan selau ada diakhir dimana HP unjungnya tidak ketemu.

Selalu kunci kendaraan

Keamanan Anak Kost

Kunci ganda kendaraan walau di dalam garasi itu juga penting. Karena garasi tidak menjamin keamanan, seperti diceritakan sebelumnya kalau garasinya bisa di jebol maka kendaraan bisa dibobol. Selalulah kunci ganda kendaraan dimanapun berada.

Pengalaman yang baru saya dapatkan bahwa adik saya kehilangan motor di semarang. Padahal motornya ada didalam garasi dan tidak hanya satu, tapi empat motor raib begitu saja. Andai saja adik saya mengunci dobel kendaraanya walau di dalam garasi, bisa jadi kejadian ini dapat dihindari.

Jangan pernah meremehkan

Ini yang paling sering di lakukan orang. 'ah sebentar saja, ah ga jauh' dan hasilnya? barang yang ditingalkan pun ikut menghilang. Sebenarnya ini tidak hanya harus dilakukan oleh anak kost. Siapapun warus waspada tanpa meremehkan sesuatu. Kalau parkir di jalan membeli sesuatu di minimart, kuncilah ganda kendaraan. Karena untuk mencuri kendaraan tidak butuh waktu lama, asal kita lengah maka kendaraan sudah enyah.

Kejadian itu terjadi pada teman kerja saya, ia cuma membeli sesuatu barang di minimart. Akhirnya motornya menghilang. Dan ini sudah banyak terjadi, so jangan biarkan ini terjadi juga pada anda.

Mengalah

Misalnya ketika anda tidur terlelap, kemudian ada kawanan pencuri menyantroni kamar anda. Lebih baik anda mengalah untuk tetap berpura pura tidur. Kenapa? karena mereka modal nekat dan tentunya mereka lebih siap. Ketika anda bangun belum sempat melakukan sesuatu bisa jadi anda di bacok atau sekedar dilempar palu. Bukankah lebih baik kehilangan barang daripada nyawa melayang.

Doa

Terakhir adalah doa, kenapa doa diletakan terakhir. Soalnya kita tidak bisa hanya mengandalkan doa tanpa usaha. Kita dianjurkan untuk bertawakal diakhir, setelah kita menyempurnakan semua usaha. Kalau kita hanya berdoa kemudian membiarkan kendaraan kita tanpa menguncinya itu sama saja merelakan kendaraan untuk dicuri.

Sisi positif dari doa adalah melindungi dari hal hal yang tidak terlihat. Bisa saja tuhan membalik hati si pencuri untuk tidak melakukan aksinya, bisa jadi. Pengalaman lain tentang doa pernah saya rasakan. Saya kadang bangun sebelum solat subuh, untuk berdoa tentunya. Dan ketika saya menyalakan lampu dan beranjak untuk melakukan aktifitas (biasanya saya solat dalam keadaan gelap) saya tengok ke jendela kamar saya. Dan disana terdapa dua orang lagi lari kearah keluar. Karena saya sendiri, saya hanya bisa melihat dari kamar. Dan ketika saya akan solat subuh dimasjid ternyata gembok kost saya sudah tiada dengan kondisi terbuka. Untungnya ketika pagi hari saya tanyakan ke teman saya, tidak ada yang kehilangan motornya.

Kejadian lain ketika kami berangkat solat subuh berjamaah, ada orang yang tak biasa di depan kost sedang bersama motornya. Ia terlihat asik ngobrol di telpon. Tak lama berselang setelah solat subuh, ternyata tetangga kost (kostan di depan saya kehilangan laptopnya). Berarti orang tersebut adalah maling yang sedang menunggu kawannya beraksi.

Maling biasanya melancarkan operasinya di pagi hari ketika orang terlelap tidur, sekitar jam 3-4 pagi. Adik saya pun kehilangan motor sekitar jam tersebut. Oleh karenanya kenapa kita harus membiasakan solat malam atau sekedar bangun pagi, salah satunya menghindari pencuri.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, April 11, 2012