Ciri Kostan yang Baik

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, January 25, 2012

Sebenernya tidak ada pakemnya yang membahas tentang seperti apa ciri kost yang baik, asal kita kita betah sudah bisa dikatakan kostan itu baik. Tapi ga ada salahnya saya membagi pengalaman di sini, ya siapa tau aja ada yang bimbang di kostannya semoga ini bisa membari pencerahan. Lau criteria kostan yang baik apa? Menurut saya kostan yang baik itu ada 3, yaitu

Ciri Kostan yang Baik, tips memilih kost yang baik, tips mencari kost, tips kost yang nyaman

       1. Aman

Seperti saya bahas di artikel sebelumnya mengenai apa yang harus kita perhatikan sebelum carikost, factor keaman masuk di dalamnya. Ada sebuah anekdot yang saya dengar dari seorang kiai yang pernah bercerita, bahwa bedanya anak kost (terutama mereka yang tinggal di asrama untuk pertama kalinya) dengan pengantin baru apa? Klo persamaanya mereka sama sama tidak bisa tidur di malam pertama. Yang membedakan klo anak kost baru ia takut kehilangan barang sedangkan pengantin baru takut karena mendapat barang baru, apa itu barang baru? Hahaha, sudah lah jangan di bahas terlalu dalam nanti jadi kepengin.

Aman adalah factor utama, ga kebayang klo kita ngekost tiap malam malah jadi ngeronda gara gara takut di santroni maling. Emang ada? Ada, bahkan maling sekarang jauh lebih pintar, kita meleng sedikit aja dari kamar kita HP ato laptop bisa ilang. Ya itu juga tergantung kost annya, bagimana history di sana kita perlu tau.

Kedua aman dari tetangga, ga kebayang kan klo kita liat pilem spongbob dimana si squidward (mohon maaf bila terjadi kesalahan penulisan nama dan gelar) merasa di gangu oleh spongebob, mungkin niat spongebob dengan patrik baik, namun hal baik yang tidak di inginkan oleh penghuni bisa jadi mala petaka. Saya penah mengalami dimana tetanga di sebelah kost menyalakan alarem di pagi hari, alaremnya nyala dianya entah kemana.

Justru itu malah membangunkan saya jadinya, bukannya di matikan eh malah menjadi. Dan terjadi berulang kali lagi. Pernah juga ada squidward di kostan saya, maksudnya orang yang hobi bemain clarinet. Hobinya boleh ya asal tau tempat aja, dia malah dengan tanpa merasa bersalah main di jam jam anak anak kumpul di kost, ga tau etika dalam kost aja, kan bikin keki.

       2. Nyaman

Nah klo nyaman berhubungan dengan lingkungan juga, tempat makan terutama. Jauh tidaknya atau bisa jadi dengan lahan parkir yang sering berebutan juga bisa biking a nyaman. Air kalau ternyata hanya hidup pada jam jam tertentu bisa jadi masalah juga. So lihatlah di sekeliling anda, anda merasa nyaman tidak. Saya rasa kategori nyaman juga termasuk tata letak kost, kalau kost yang terlalu berdempet dan tidak ada ruang kosongnya mungkin bisa menjadi tidak nyaman walau penilaian kita berbeda. Tapi logikannya ketika kita memiliki ruang kosong di pikiran kita maka kita merasa lebih rilex begitu juga klo kita memiliki ruang kosong di sekitar kost, apalagi klo sampai RTH bisa membuat kita benar benar merasa nyaman.

       3. Tentram

Nah klo aman dan nyaman berhubungan dengan dunia diluar kita, tentram behubungan dengan diri kita sendiri. Klo kita sudah mendapat tempat kost yang aman, tentram tapi kita ko masih merasa bermasalah. Berarti dirikitalah yang bermasalah. Apa masalahnya?  Harus anda gali sampai ke akarnya.
Apa anda punya masalah keluarga? Harap di selesaikan terlebih darhulu. Klo masalah cinta? Wah ini mah ga ada obatnya kecuali dengan si dia, dunia hanya milik kita berdua, seperti dunia dalam berita katanya. Ya di selesaikan dulu lah, jangan sampai itu mempengaruhi kehidupan anda. Klo kata orang kuno, kita tidak akan bisa merubah dunia namun kita bisa merubah cara pandang kita dalam melihat dunia.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, January 25, 2012