Tips Puasa Sehat ala Edwin Lau

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Tuesday, August 7, 2012

Puasa sehat dan tips nya sepertinya telah lama saya abaikan, apalagi saya yang cuma anak kost, boro-boro mikirin kesehatan, dapet yang enak aja ud untung. Nah kemarin ga sengaja liat hitam putih dimana salah satu bintang yang hadir adalah edwin lau, dia berbicara dan memberikan sedikit tips tentang puasa sehat.

Sebenarnya penasaran juga si siapa edwin lau itu, kayanya ga pernah denger nama itu di jagad perfileman. Pas di inget-inget, doi ternyata pernah tampil di salah satu produk mie instant. Dan begitu cari di internet, ternyata edwin lau itu sudah masuk wikipedia, berarti orang hebat dong. Ia yang pernah mengenyam pendidikan di pelitaharapan dan mengawali karirnya sbagai koki, kemudian dia juga sempat memilih bidang nutrisi di Food and Drug Administration (FDA). Karirnya melejit setelah menjadi finalis Men's Health Be Our Cover pada 2006.

Tips Puasa Sehat ala Edwin Lau

Ia bilang, banyak orang yang ingin diet pada saat puasa dan ga akan berhasil, kebanyakan tambah gemuk, puasa itu untuk ibadah bukan untuk diet. Apa saja uraian singkat tentang tips puasa sehat ala edwin lau?
  1. Ketika berbuka usahakan di isi dengan meminum jus buah (atau paling tidak buah). Jangan minum sirup, karena banyak sirup yang ternyata mengandung pewarna buatan. 
  2. Usahakan tidak membeli takjil di pasaran karena banyak juga mengandung pewarna buatan. 
  3. Jangan langsung makan besar ketika berbuka, usahakan menunggu 30 menit (paling tidak untuk solat magrib). Karena tubuh ini telah lama kosong, kalau makan besar maka tubuh akan berat untuk mengolahnya. 
  4. Usahakan makan enak itu pas saur, bukan pas berbuka. Logikanya ketika saur kita males untuk bangun dan juga malas untuk makan, oleh karenanya perlu di rangsang makanan enak ketika saur.
  5. Minum air yang mengandung isotonik ketika saur, karena partikel airnya lebih sulit di cerna dan akan bertahan lebih lama di banding dengan minum air biasa. 
Kurang lebih seperti itulah inti dari penjelasan edwin lau dalam acara hitam putih, saya tulis kembali dengan bahasa saya sebab saya bukan ahli gizi seperti dia. Tapi yang menarik, kadang kita sering haus ketika berpuasa, saya punya tips yang saya peroleh dari teman saya ketika blogwaliking, usahakan minum air hangat ketika sahur. Dengan air hangat maka zat zat gula yang menempel di tengorokan kita akan lutur dan kita tidak mudah haus ketika puasa. Dan saya baru mencobanya hari ini, ternyata ada benarnya juga.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Tuesday, August 07, 2012