[Viva.co.id] Wajah Baru Imbangi Mutu

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, August 29, 2012

Bagi sebagian orang tentu tidak asing dengan viva news, yang merupakan portal berita kenamaan indonesia. Namanya portal berita, tentu akan banyak pengunjung yang datang sekedar mencari atau memelihat informasi menarik di dalamnya. Ada yang membedakan viva dengan portal berita lainya, ia memberi ruang bagi para blogger untuk berexpresi di dalamnya.

[Viva.co.id] Wajah Baru Imbagi Mutu

Baru baru ini, viva berganti wajah, tentunya perubahan yang lebih baik dimana desainya lebih dinamis dan menarik untuk di pandang karena lebih banyak gambar. Seperti kita tau, menarik tidaknya informasi selalu di lihat dari ilustarsi di dalamnya. Coba kita ingat, ketika jaman dahulu kala di mana internet tidak semaju ini, salah satu sumber wacana adalah majalah. Apa yang kita lihat pertamakali dari majalah? Biasanya gambar, kalau gambarnya menarik baru kita melihat judul yang kemudian membaca informasi. Desain viva kali ini lebih menonjolkan sisi gambar pada setiap head line newsnya, tentunya akan lebih menarik dan mendorong orang untuk membaca lebih jauh.

Sisi lainya, tentunya pula di imbangi oleh mutu informasi yang di sampaikan. Satu sisi yang ingin saya cermati, terutama untuk vivalog lebih besar porsi untuk berita yang bersifat unik dan aneh. Entah mengapa portal berita sekelas viva ini lebih memilih dan menyaring artikel yang memang berbau hal unik. Hal tersebut baik memang sebagai informasi dan pengetahuan, namun saya rasa tidak memiliki unsur nilai kebaikan apalagi kebangkitan. Informasi itu hanya sebatas di ketahui orang dan akhirnya orang berkata ‘ou gitu ya..’ kemudian mungkin bisa saja dilupakannya. Mengapa sekelas viva jarang mempublish artikel blogger yang memberikan motifasi, mengingatkan atau sampai menyadarkan kepada para pembaca.

Memang kami yang hanya 'citizen journalism'  tidak memilki ilmu mumpuni di banding wartawan senior yang bisa memberikan informasi yang luar biasa. Kami hanya menulis apa yang kami rasakan, mengingatkan yang ada di lingkungan dan mengexpresikan lewat tulisan. Lalu kemana lagi kami harus promosikan tulisan kami ? hanya lewat blog sederhana dimana persaingan SEO menuju google amat sangat sulit. Lalu siapa lagi yang akan membaca kalau memang tidak di topang oleh situs besar? Kepada siapa lagi kami harus menawarkan tulisan karya kami sendiri?

[Viva.co.id] Wajah Baru Imbangi Mutu

Belum lagi desain yang lebih menganak-tirikan blogger, dimana artikelnya di letakan di paling bawah yang bisa saja telewatkan atau terlupakan. Agaknya penting bagi viva untuk memberikan ranah bagi blogger yang memang memiliki kepedulian, sosial, atau empati buah karya tulisannya sendiri. Boleh jadi memang tidak memiliki nilai jual atau nilai berita yang baik, namun dari sana ada berita yang akurat yang diangkat dari kehidupan nyata melalui perspektif si blogger.

[Viva.co.id] Wajah Baru Imbagi Mutu

Inilah sebuah coretan kecil dari cerita anak kost, yang bisa jadi hanya memandang sedikit dari apa yang ada di viva, namun sekali lagi ini dari perspektif saya. Viva memang telah merubah tampilan, sebuah perubahan besar. Saya rasa pun perubahan perlu di arahkan untuk memberi ruang lebih bagi buah karya blogger. Dan akhirnya perubahan wajah baru viva dapat diimbangi mutu.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, August 29, 2012