Mencegah Komentar Spam di Blog

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, August 30, 2012

Menghindari komentar spam di blog kadang perlu di lakukan daripada blog kita penuh dengan komentar sampah, komentar yang hanya bernada promosi dan tidak bermutu. Di lain sisi, komentar spam yang bersarang banyak diblog, katanya dapat menyebabkan blog kita di banned oleh google karana sebagai sarang spam. Namun bagiamana mencegah komentar spam di blog kita?

Mencegah Komentar Spam di Blog

1. Captcha Tidak Mengatasi Komentar Spam

Captcha memang bertujuan membedakan mana yang robot dan mana yang manusia, itu memang efektif menurut pandangan sebagian orang. Namun pengunaan captcha sekarang ini lebih sulit, justru akan menyiksa dan tidak menghargai pengunjung blog karena ribet memasukannya. Tips menulis captcha yang pernah saya share juga sudah tidak berlaku lagi, sekarang harus menuliskan pula angka yang tertera, itu akan menyulitkan sekali terutama bagi blogger yang mengunakan ponsel.

Komentar spam sendiri saya tidak tau bagaimana mekanisme datangnya, tapi ada manusia di balik itu. Jadi walaupun anda mengunakan captcha, si manusia itu tetap bisa menasukan komentar spam ke dalam blog anda, bedanya tidak sebanyak kalau captcha di hilangkan. Jadi, komentar spam itu tetap masuk ke blog.

2. Hilangkan Name/Url

Ini yang paling efektif dalam mengatasi komentar spam. Karena spammer itu dia menyembuyikan identitasnya sehingga ia hanya berkomentar menuju blog yang dia kelola, ga pedui blog itu jualan hal yang neko neko di dalamnya. Dengan memasukan name dan url, di spammer itu bisa mengganti name nya dengan nama yang bermacam macam dengan satu alamat blog, oleh karenannya kita perlu mematikan option name/url. Caranya :

Mencegah Komentar Spam di Blog

Masuk ke blogger >> setting >> Posts and comments >> registered user.

Dengan cara ini pula maka komentar anonim akan hilang. Bagus lah, soalnya kadang si anonim komentarnya kurang sopan juga, ga papa si kalau dia komentar seenaknya asal kita tau siapa dia. Tapi masalahnya ya itu, dia ga gentlemen sehingga ga menunjukan identitasnya. Makanya kebebasan yang kita berikan ke pengunjung kadang suka di salah artikan termsuk pula oleh spammer. Mending kita proteksi saja dengan mengatasi komentar spam.

3. Ganti kotak komentar

Ini cara yang lain, anda bisa mengganti kotak komentar default anda dengan penyedia kotak komentar lain seperti disqus (http://disqus.com/), commentluv (http://www.commentluv.com/) , atau  intensedebate (http://intensedebate.com/). Cukup efektif mengurangi spam, namun sisi buruknya kadang proses loading komentar sering memakan waktu yang cukup lama. Disamping itu kawan kawan blogwalking sering merasa sebal karena sudah nulis koment panjang, namun akhirnya tidak bisa di publish karena loadingnya yang berat.

4. Laporkan Spammer Ke Google

Nah ini salah satu tindakan yang bagus untuk mencegah spammer dan memberikan efek jera, silahkan laporkan ke google langsung tindakan mereka. Silahkan laporkan mereka ke :

https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport?hl=en&pli=1

5. Kalau Komentar Spam Masih Muncul

Kadang kala sudah kita proteksi agar menghindari komentar spam namun tetap saja muncul. Boleh jadi komentar tersebut bukan dari spamer, tapi
para blogger yang bermental spammer yang hanya komentar : pertamax, nice post, kunjungi blog saya, promosi ga penting, menaruh link hidup dan lain sebagainya tanpa menanggapi isi posting. 
Kalau seperti itu, saya serahkan pada diri blogger masing masing bagaimana menanggapinya.

Ada yang bisa menerima, ada yang kecewa sebab bikin posting susah susah ko cuma di komentarin gitu aja. Semua kembali pada diri anda, silahkan di hapus sendiri atau kalau perlu tidak di kunjungi balik, paling tidak spammer asli sudah tidak ada. Semoga ini dapat membantu anda dalam mengurangi spam yang berkomentar di blog anda.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, August 30, 2012