Bagaimana Mencintai Seseorang

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, September 27, 2012


Bagaimana mencintai seseorang. Mencintai seseorang sebenarnya tidak mudah, karena yang paling mudah adalah menyukai seseorang. Loh emangnya beda antara cinta dengan suka? ehm, kalau menurut saya si namanya cinta itu satu taraf lebih tinggi dari suka. Kalau kita melihat seseorang dan kemudian tertarik, itu namanya suka. Kalau yang namanya cinta? dia butuh berbagai macam atribut yang lebih kompleks, seperti tangung jawab, kesetiaan dan lain sebagainya. Makanya ada orang yang pernah bilang, cinta itu permasalahan yang tidak pernah seleasai untuk di bahas.

Berbicara mengenai cinta, apakah kita telah benar benar mencintai seseorang? memberikan sikap yang benar terhadap orang yang kita cintai? so bagaimana mencintai sesorang?

Bagaimana Mencintai Seseorang

1. Cinta dan Perhatian

Cinta adalah satu hal yang perlu di pelihara, biasanya ia akan membutuhkan banyak sekali perhatian. Dari perhatian itu pula biasanya kamu akan mengetahui siapa yang sebenarnya mencintai kamu di antara teman teman mu. Coba kita lihat dari sikapnya, misalnya ada tidak teman mu yang mungkin dia sedang berpergian kemana dan selepas dia pergi, dia membawakan oleh oleh sederhana untuk mu. Dia bilang,
'kemarin aku ke jogja, aku ingat kamu jadinya aku beliin kamu ini'

Bisa jadi barang yang di berinya tidak lah berharga mahal, namun perhatian yang ia berikan itu lah yang mahal harganya. Dia jauh jauh main ke jogja, dimana lingkungan dan kebahagiannya yang pasti mengoda di sana, namun dia masih ingat kamu untuk membelikan sesuatu, dia sebenarnya mencitaimu. Dan seperti itulah cinta, dia selalu meberikan perhatian yang tulus walaupun kamu tidak ada di hadapannya.

2. Cinta Membutuhkan Pengorbanan

Sudah hal wajar kalau namanya cinta selalu membutuhkan pengorbanan, kalau kamu mencintai seseorang, kamu pun akan rela berkorban untuknya. Misalnya, kamu mungkin harus menyisihkan uang jajanmu hanya demi mengajaknya makan di warung sebrang (loh ko warung, ga romantis banget ya? kafe harusnya ya, hehehe), mungkin kamu harus mengorbankan waktu untuk menemuninya atau mengantarkannya, mungkin kamu harus berkorban tenaga atau apapun. Yang jelas, semua itu agar dia terlihat bahagia, kamu akan rela untuk melakukan apapun.

Ada sebuah kisah seorang wanita yang mengungapkan demikian. Ketika aku sedih, kamu ada di sisiku. ketika aku marah, kau ada di sampingku. Dan ketika aku menangis, kamu juga ada di hadapanku. Ternyata aku sekarang sadar.. bahwa kamu lah pembawa sial untuk ku.. ups, salah! Maksudnya dia selalu siap berkorban seperti apapun keadaan si pasangannya.

3. Cinta dan Nafsu

Cinta berbeda dengan nafsu, walaupun terkadang keduanya berjalan berdampingan. Kalau kamu mencintainya, kamu akan selalu menjaganya dan tidak akanpernah merusakanya. Beda kalau kamu nafsu, bisa jadi cinta cuma di jadikan kedok saja hanya untuk memperoleh sedikit keuntungan. Dan sayangnya dua hal ini yang selalu disandingkan, seperti kita lihat dewasa ini, banyak anak kuliah atau SMA sekalipun melakukan hal hal yang tidak seharusnya. Apa si yang sebenarnya menjadi dasarnya? apa yang mereka inginkan? siapa yang untung? apa keuntungannya? sebenarnya pertanyaan itu harus berulang kali di putar bagi mereka yang ingin melancarkan nafsunya atas nama cinta.

Sebagai suatu tes apakah kamu itu nafsu atau cinta, coba rasakan ketika kamu ada di sisinya, apakah ada hal lain yang ingin kamu lakukan atau kamu cukup senang ada di sisinya. Apakah kamu senang melihat senyumnya, mendengar tawanya dan melihat kebahagiannya. Atau ada hal lain yang bergejolak di hatimu atau di pikiran mu? yang sangat sekali menggangu kamu. Hati hati, jangan jangan nafsu itu sudah mulai merusak dan menghatui mu. Sebab cintai itu suci, seperti kutipan lagunya marcell.
Selamanya kan kujaga dirimu
Seperti kapas putih di hatiku
Takkan kubuat noda

4. Cinta Tak Harus Memiliki

Pernah dengan ungkapan kalau namanya cinta tak harus memiliki? ehm menurut ku itu ada benarnya juga ada salahnya. Sebenarnya, memang cinta dan segala sikap yang kita berikan untuknya sebaiknya di lakukan tanpa pamrih, tanpa mengarap ia akan kembali atau menjadi milik kita. Dengan demikian apa yang kita lakukan akan tulus demi dirinya, dan pengorbanan cinta menjadi tidak lah sulit.

Namun jauh di balik hati kita, pasti kita juga ingin mengharapkan dirinya menjadi milik kita, menjadi orang yang juga mencintai kita. Wajarlah kalau saya pikir, karena kita memberi, kita juga berhak menerimanya, menerima cinta itu.

5. Cinta yang Tulus

Cinta yang tulus tidak pernah di sandingkan atas gelar atau sebab tertentu. Misalnya karena ketampanan atau kekayaannya. Namun, jaman sekarang kekayaan tidak bisa dijadikan lagi sebagai umpan untuk mencari cinta, cewe sekarang lebih cerdas, dia lebih memilih cowo yang berwibawa.
wi... bawa kartu kredit
wi... bawa Ipad
wi... bawa Mercy
wi... bawa dan wibawa lain lainya dah. heheheh, bercanda.

Ingat, bisa jadi ketampanan atau kekayaan bisa memikat, namun sampai kapan? semua itu ada waktunya juga dan akhirnya akan sirna. Kalau kamu di cintai karena harta, saat kamu ga punya harta, kamu pun bisa di campakan. Maka dari itu, cintailah apa adanya bukan mencintai karena ada apanya.

Dan carilah seseorang pula yang benar mencintai kamu apa adanya. Caranya, kamu perlu tes atau memberikan dia sebuah ujian kecil, apakah dia benar benar mencintai kamu tulus atau memang mencari sesuatu dari kamu. Kamu pun bisa menilai dari cara atau sikapnya bagaimana mencintai mu.

6. Cinta Tidak Memanfaatkan

Ketika seseorang mencintai, maka ia tidak memanfaatkan pasangannya. Misalnya, suruh anter jemput, suruh beli ini itu, suruh nungguin ini itu dan lain sebagainya. Ingat, kekasihmu juga punya kehidupan dan kegiatan lain tidak hanya untuk mengurusi dirimu, cinta juga butuh pengertian sehingga tidak memanfaatkan seseorang begitu aja.

Kasih pasanganmu kepercayaan, biarkan dirinya bebas melakukan kegiatan yang dia inginkan, tidak perlu kamu suruh atau kamu awasi setiap saat. Seperti layaknya sebuah kupu kupu, kalau kamu suka terhadap kupu kupu, saking cintanya kamu terhadap kupu kupu tersebut lalu kamu sekap dia dalam satu ruang kaca sehingga kamu bebas memandangnya setiap saat, satu saat dia akan sakit dan mati. Lepas kan lah dia, biarkan dia bebas, dan kamu akan melihat keindahan kupu kupu itu di alam bebas, dia akan terlihat lebih cantik dan indah.

7.Cinta itu Selalu Memaafkan

Satu hal yang selalu saya katakan ketika (dulu saya punya pasangan) ia berbuat salah, saya selalu bilang. 'Kamu sudah aku maafkan bahkan sebelum kamu minta'. Cinta yang sehat itu selalu membangun, ia akan mencari cara untuk selalu menghargai satu sama lain dan dibangun atas dasar komitmen. Kalau terjadi kesalahan, cepat cepat cinta itu di koreksi dan di bangun kembali. Bukan yang sebentar bentar cemburu, sebentar bentar marahan, musuhan atau bahkan melarang pasanganya melakukan hal tertentu.

Cinta memang penuh problema dan tak semudah mengoreskan penda di kertas ini. Namun itulah cinta, yang bisa membuat kita menjadi lemah dan tak jarang pun yang membuat kita menjadi lebih kuat. Temukanlah cara yang benar sehingga dapat membuatmu lebih dewasa, kembangkan sikap yang benar bagaimana mencitai seseorang

Fariza Indrianto Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, September 27, 2012

{ 34 komentar... read them below or add one }

Mas Ihsan said... Reply Comment

cinta juga terkadang tidak harus saling memiliki.....

budi os 19 said... Reply Comment

untuk point yang no 3 khusus nya bang..untuk zaman seperti sekarang ini susah sekali untuk membedakan antara cinta dan nafsu... :D
sangat perihatin bila dua insan sejoli(remaja) yg lagi kasmaran..sampai2 kebablasan..hingga akhirnya meried muda...

wah admin nya lagi kasmaran ni yah..posting soal cinta2 an... (guyon ya bang)wkwkwk... :D

Ririe Khayan said... Reply Comment

comment yg nomer 4:
Cinta tak harus memiliki buatku hanya alasan yg dimunculkan karena dia tdk seserius itu dalam menjali hubungan. Dan aku pribadi hny mentolerir afirmasi tersebut jika terdapat alasan yg confidential seperti Beda Agama, atau ternyata mengidap penyakit berbahaya..hal-2 yg equivalen dengan hak itu yg senilai utk dijadikan hukum munculnya pernyataan: Cinta tak HArus memiliki

Bayu Handono said... Reply Comment

sampai sekarang saya belum mengerti arti sebenarnya "cinta"
terutama cinta terhadap lawan jenis. :p

11 Desember said... Reply Comment

jujur sob, gw sendiri belum tau benar apa itu cinta, soalnya gw masih JOMBLO hehe

buat infonya terimakasih banget rob, gw jadi tau cara mencintai seseorang meskipun gw belum punya.

11 Desember said... Reply Comment

jujur sob, gw sendiri belum tau benar apa itu cinta, soalnya gw masih JOMBLO hehe

buat infonya terimakasih banget rob, gw jadi tau cara mencintai seseorang meskipun gw belum punya.

cerita anak kost said... Reply Comment

@budi. iya gan, itu yang sangat di sesalkan. mereka mendustai cinta dan mengatas namakan cinta. bisa rusak kalau begini terus, hehhehe. ane tidak lagi kasmaran ko gan, cuma ingin berbagi aja :D

cerita anak kost said... Reply Comment

@ririe. hehehhe, ente yang lebih bepengalaman sist. tapi iya juga. kalau emang dia serius, ya harusnya tetap bisa untuk memiliki ya, ya ga?

cerita anak kost said... Reply Comment

@bayu. gombal ente gan.. hahahahah, jangan jangan diem diem ente malah buaya darat. hahahahah. pis ah :D

cerita anak kost said... Reply Comment

@11 desember. iya gan, itu intinya, paling tidak, kita tau cara bagaimana membagi cinta dengan cara yang benar. walaupun kita belum punya pasangan, tapi paling tidak suatu saat kita bisa mempraktekan. atau kalau ada seseorang yang sedang mendekati, kita bisa tau.. :D

muroi-elbarezy said... Reply Comment

kalo bicara cinta memang ga ada abisnya gan, semuanya mantep deh, sangat memberi pencerahan, kalo sudah punya paasangan yah bisa menjaga cintanya

Reo Adam said... Reply Comment

sedikit tambahan boss
cintailah cintamu menurut kepribadianya,pribadi yg baik membawa cinta pada bahagia.
contoh pribadi yg baik untuk dicintai :
punya rumah pribadi...bukan kost hehe
punya mobil pribadi...bukan nyupir angkot jhiahahaha
punya bank pribadi....sebagai direktur bank bukan sebagai pengutang wkwkwkwk
pissssssssss akhhhh

eksak said... Reply Comment

Cinta itu subjektif, sob! Perspektif pada stiap orang yg ngartiin dan ngerasainnya! Tapi buat gue cinta itu netral! Terserah pada siapa, dimana aja, kapan aja, gimana aja, dan gak terduga tiba2 ada cinta, walopun cuma ada skejap mata. Clingg! Tiba2 cinta! Detik berikutnya, gak cinta! Dst...

Masnady_Bloegreen said... Reply Comment

wah nomor 3 tu sob yang sekarang sangat susah di bedain...? jaman sekarang ank muda dah g ada bedanya cinta ama nafsu heehe nice post ...

emmethe said... Reply Comment

haha :D yang nomor tujuh gwe banget gan ,, hehe :D

Rohmad Nur Hidayat said... Reply Comment

Sangat menarik nih ulasan tentang cintanya. Sedikit menggelitik, kalau madjongke lebih ke no 3 yaitu cinta dan nafsu

Asis Sugianto said... Reply Comment

terima kaish banyak untuk artikel bagaimana mencintai ini sobat saya jadi tersadar akan sesuatu hal sobat...

pemula.info said... Reply Comment

sangat menarik untuk disimak..
terimakasih sudah berbagi info yang sangat bagus, bgognya juga bagus sekali, saya gak perlu menunggu loading lama untuk berkunjung kemari, blog nya ringan sekali.

Yuyud said... Reply Comment

Wah, yang dimaksud wibawa tuh ternyata macem2 ya. Hehehe

Ferry Nurse said... Reply Comment

kalau aku sama istri seperti ini ndak yah hehehehe...?

yAhyA riDwAn said... Reply Comment

cinta mrupakan sebuah modal tuk beramal baik,, ibadah,, dan mendatangkan pahala.

Bung Penho said... Reply Comment

tapi ternyata gue sering dimanfaatkan bro! berarti itu termasuk kategori bukan cinta biasa ya bro? kayak ujar Afgan!

cak oni said... Reply Comment

berikan perhatian lebih kang#smile

Sang Bocah said... Reply Comment

cinta adalah takdir yang menjadi sebuah pilihan yang jalannya ditentukkan oleh Tuhan....salam kenal

elektronade said... Reply Comment

yang selalu saya pikirin, kenapa kalo kita bicara cinta, pasti merujuk ke lawan jenis. padahal cinta itu lebih universal. Mungkin kalo cintanya dibahas lebih universal, nomor 3 gak perlu dibahas lebih lanjut :)

teropongku.com said... Reply Comment

Dan cinta itu sulit praktekya, Walau teorinya gampang. kadang dia nggak perlu teori dan latihan. tapi terkadang kita juga lupa memahami apa itu cinta dan nafsu. . .

#eh, maaf gaje mas ...

anak baik said... Reply Comment

kalau bicara cinta itu gampang gampang sulit, tergantung juga orang melihatnya, tapi saya suka bagaimana cara menyikapi cinta yang tak memaafkan

zachflazz said... Reply Comment

(kalo bagi saya nih ya, cinta dalam konteks muda-mudi dan nantinya punya sasaran berumahtangga).. cinta itu harus memiliki. kalo nggak jadi milik kita, apa rela kita mencintai tapi dianya cinta ke orang lain. ya udah, mending mencintai orang yang mau sama kita aja lahh. hehe

cerita anak kost said... Reply Comment

@reo adam. hehehe, bisa aja ente gan.

cerita anak kost said... Reply Comment

@masnandy. iya ya gan, itu yang sangat di sanyangkan dewasa ini, anak mudanya sudah tidak bisa membedakan

cerita anak kost said... Reply Comment

@yuyud. iya gan, itu definisi asli dari wibawa. heheheh

cerita anak kost said... Reply Comment

@elektronande. ya simple aja gan, kita melihat yang ada di masyarakat definisi cinta itu seperti apa? kalau yang universal, mungkin lebih ke definisi sayang kali ya.

cerita anak kost said... Reply Comment

@zac. bener ente gan, rasional dan jelas itu. :D

Bayu Susanto said... Reply Comment

wahaha, pengalaman banget nih kayaknya agan soal cinta. :D
udah dapet berapa nih? wkwkwk :P

Post a Comment