Blog for Money or Content

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, September 26, 2012

Ketika awal ngeblog, uang selalu menjadi tujuan maka ada istilah blog for money, karena tujuannya uang terkadang content atau materi jadi nomer sekian. Tak salah memang, karena siapa si yang ga mau uang, saya sendiri pun pengen uang. Namun untungnya saya tidak memulai ngeblog hanya demi uang.

Ada yang salah dengan blog for money? Yang keliru sebenarnya adalah pola pikirnya, kalau kita mendasarkan sesuatu demi uang dan ketika uang itu tidak kita dapatkan atau terkumpul, semangat kita akan runtuh dan bisa jadi ngeblognya jadi bubar. Mulailah blog dari sesuatau yang kita senangi, begitu para mastah selalu berpesan. Karena dari hal yang kita senangi, semua jadi terlihat asik aja sebab kita enjoy dengan apa yang kita tulis, dan setiap proses yang ada di depan mata dapat dilalui dengan sabar karena dasarnya senang.
Hasilnya, cotent atau tulisan di blog pun jadi lebih baik, dan pembaca pun semakin senang hadir di blog kita. Sebab apalagi tujuan kita membuat blog kalau bukan untuk dibaca dan diberi respon.

Blog for Money or Content


Kalau dasarnya uang, blog for money only, yang ada di pikiran kita hanya uang, iklan, visitor dan traffic. Biasanya kita tidak lagi peduli dengan content apa pun yang kita tulis, yang penting bagaimana menghasilkan uang dari blog. Kalau memang anda bisa dan telah sampai tahap seperti itu, ya silahkan, ga ada yang ngelarang malah mengasikkan. Karena kerja keras selama ini dari blog terbayar sudah, namun biasanya orang orang yang seperti ini adalah orang yang telah malang melintang lama di dunia blogger. Jadi sudah saatnya mereka memanen hasilnya, dan itu sah sah saja.

Sisi jeleknya, terkadang blog for money suka mengesampingkan content dari posting. Traffic yang utama sehingga kenyamanan dan menghargai pengunjung blog sudah mulai tidak di perhatikan. Mungkin mereka  lebih nyaman begitu, itu tidak apa apa. Namun ada satu kisah menarik yang perlu kita teladani dari mencari uang di dunia maya. Lihatlah pendiri google, ketika awal ia mendirikan perusahaanya ia tidak berpatokan dan berprinsip pada uang, melainkan pelayanan. Jadi apa yang ia hasilkan adalah memberikan pelayanan dalam menghasilkan search engine yang benar benar sesuai dengan yang di cari pengunjung. Bahkan ketika awal mendirikan perusahaanya, ia sempat kekurangan modal dan terpaksa berhutang sana sini. Dan lihat sekarang ini, ternyata google lah yang berhasil merajai dunia maya, masalah uang, jangan di tanya lagi untuk sekelas google.
Mungkin kita bisa menirunya dengan berperinsip bukan lagi blog for money, melainkan blog for content
Sehingga yang kita tulis adalah apa yang benar benar ingin kita bagi, apa yang benar benar kita kuasai dan memberikan pengetahuan dari pembaca bukan hanya mencari traffic dari kata kunci yang ada saat itu. Dengan kita memberikan content yang menarik, suatu saat pengunjung pun akan berdatangan dari cara yang mungkin tidak kita duga.

Paling tidak, kita bisa memberikan kebaikan kepada pengunjung. Jadi kalau di beri pilihan ngeblog antara pahala dan dosa, kita masih bisa mendapat kan pahala atau nilai dari kebaikan yang kita tulis di blog.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, September 26, 2012