Do'a Yang Dihindari Saat Ulang Tahun

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, September 29, 2012

Ketika seseorang berulang tahun, biasanya kita selalu mendo'akan ‘selamat ulang tahun, semoga panjang umur’. Kita mendo'akan dia di ulang tahunya supaya umurnya panjang, artinya lebih lama hidup di dunia ini. Sebenarnya do'a tersebut tidaklah salah, namun ada sudut pandang yang berbeda tentang do'a panjang umur tersebut. Bahwasanya umur manusia itu sebenarnya sudah di takdirkan, artinya memang sudah ada batasnya, hanya saja kita tidak tahu. Ada orang yang meninggal masih muda, sakit misalnya di usianya yang 17, bukan berarti ia tidak panjang umur, hal tersebut memang sudah di takdirkan umurnya hanya sampai 17 tahun.


Jadi pada dasarnya ketika orang berulang tahun, ia berarti sudah kehilangan satu tahun jatah hidupnya di dunia, artinya semakin pendek saja jatah hidup orang tersebut. Jadi kalau kita mendo'akan panjang umur, sebenarnya hal tersebut sia sia kalau boleh di bilang, karena memang sudah di jatah umur seseorang.

Ada do'a yang lebih baik saat ulang tahun seseorang, yaitu :

‘semoga anda di karuniakan umur yang berkah’

Nah ini do'a yang sederhana namun baik. Alasannya, karena umur yang berkah akan bermanfaat dan memiliki nilai kebaikan. Lihat saja setan, dia di karuniai umur panjang, bahkan nenek buyutnya masih hidup sejak jaman adam sampai nanti ketika kiamat tiba. Tapi apa yang di lakukan setan? Apakah berkah umurnya, dia hanya menambah nambah dosa dengan menggoda umat manusia. Apakah kita mau seperti setan yang umurnya panjang tapi banyak maksiat dan dosa? Saya kira tidak ada yang ingin.

Dengan umur berkah, bisa saja ia mati muda namun dalam kegiatan sedang menimba ilmu, dan orang pun akan mengenalnya sebagai orang baik nantinya, akhirnya semoga ia bisa masuk surga. Atau bisa jadi umurnya panjang (lebih dari 60 tahunan) namun ia juga melakukan banyak kebaikan, sodakoh, mengajar, memberikan motivasi dan bimbingan yang baik ke orang orang. Umur panjangnya, justru ia lakukan untuk kebaikan, kebaikan itu pula lah yang masih bisa kita do'akan untuk orang yang sedang ulang tahun.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, September 29, 2012