Kontroversi Innocence of Muslims

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, September 16, 2012

Filem Amerika yang berjudul Innocence of Muslims yang bercerita tentang Nabi Muhammad memancing kontroversi dan aksi besar besaran di beberapa bagian negara. Filem yang awalnya akan bercerita mengenai peristiwa kuno dua ribu tahun yang lalu berjudul Desert Warriors ber-genre drama, entah mengapa di rubah oleh sam bacile ketika mulai produksi. Dan beberapa pemain pun merasa tertipu dan terkejut dengan filem garapan Nakoula Basseley Nakoula (55, alias Sam Bacile) ternyata ia menurut CNN memiliki catatan buruk dalam kehidupannya.

Kontroversi Innocence of Muslims

Saya sendiri belum melihat langsung cuplikan atau filem tersebut, namun dari berita yang saya cari dan terlusuri ternyata Kemenkominfo bertindak cepat dengan memblokir 16 film Innocence of Muslims dari situs Youtube. Sehingga kita tidak bisa melihat lagi seperti apa cuplikan filem tersebut, kabar baiknya dengan ini kita mungkin tidak terlalu terpancing terhadap kontroversi filem Innocence of Muslims yang dinilai telah menjelekan Nabi Muhammad ataupun umat muslim. Seperti di ungkapkan oleh yusuf mansur atau pun Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat yang mengajak masyarakat kita lebih berpikir positif dalam menanggapi filem Innocence of Muslims, kita jangan mudah terpengaruh oleh hal hal rendahan seperti itu, hal tersebut merupakan simbolik, kalaupun kita perlu melawan lawanlah dengan simbolik juga bukan dengan fisik.

Reaksi terbesar akibat filem Kontroversi Innocence of Muslims terjadi di Mesir dan Libya, di Libya sendiri telah menewaskan duta besar dan 4 orang warga AS sendiri. Namun patut dimaklumi karena negara-negara di Timur Tengah tersebut memang sedang mengalami krisis politik, jadi mungkin lebih baik kita tidak mengikuti jejak mereka. Beberapa negara lain seperti Suriah, Iran, Pakistan, India dan Malaysia pun ikut memprotesnya. Namun pertanyaan sederhana apakah kita bisa melawan AS itu sendiri? yang ada kita di hadang oleh kepolisian atau aparat terkait yang mengamankan kedutaan. Al hasil bisa jadi niat kita yang ingin memerangi negara tersebut malah bisa jadi perang saudara dengan teman teman kita yang sedang bertugas mengamankan keamanan.

Satu hal lagi, sebaiknya kita pun jangan mengeneralisasi filem Innocence of Muslims kepada rakyat AS, karena bisa jadi filem tersebut hanya ulah oknum yang tidak bertangung jawab. Saya pikir masyarakat AS sendiri pun banyak yang tidak suka dengan filem tersebut. Seperti yang di ungkapkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton menyebut film Innocence of Muslims yang dibuat orang Israel di AS, Sam Bacile, sebagai video yang menjijikkan dan tercela.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, September 16, 2012