Air di Kost Habis

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, October 27, 2012

Pernah terbayang kalau di kost tidak ada air, air yang biasanya mengalir tiba tiba habis atau sedang bermasalah? Saya pernah mengalaminya, dan hebatnya kemari terjadi lagi. Berbicara mengenai air, memang air adalah kebutuhan yang vital, sesuatu yang wajib di penuhi. Sebelumnya saya juga pernah bercerita mengenai mengenai anak kost dehidrasi, yang memang kekurangan air minum, dan kali ini saya akan berbicara mengenai air di kost habis.

Kalau air di kost habis, kira kira yang paling berpengaruh apa? mandi? kurang tepat. Sebenarnya kalau air habis yang paling terasa adalah buang air besar. Kalau namanya mandi, itu bisa di tunda lagi juga ke kampus cuma cuci muka asal baju wangi juga ga ketauan kan, tapi kalau ud urusannya sama buang air besar, wah itu vital sekali.

Kalau ud nahan yang namanya buang air besar, ehm itu gelisahnya melebihi menunggu pacar yang belum datang. Serius.. akhirnya yang terjadi apa? mengungsi. Iya kalau memang kita kost di sana ud lama, yang artinya kita punya banyak teman dan kita bisa numpang ke teman. Tapi kalau masih baru? wah ujung ujungnya nyari masjid.

Kemari pun saya demikian, saya coba cari masjid dan ternyata adanya cuma WC untuk kencing belum ada untuk buang air besar. Coba cari masjid lagi, ya namanya juga anak baru, dan ternyata pas udah dapet eh tetap aja ga ada WCnya. Mana 'tabungan' ud di ujung tanduk lagi, terpaksa dah kembali dengan tetap menyimpan tabungan. Lalu kalau saatnya ud mau keluar lagi, baru binggung dan mencoba untuk mencari lagi.

Dan alhasil ternyata masjid besarnya tidak jauh dari kost, cuma beda arah aja yang tadi aku nyari ke timur dan ini ternyata ada di barat. Wah ud ga masalah dah, yang penting bisa buang tu tabungan ke tempat yang benar. Namun yang namanya air tetap aja butuh, masa mau setiap saat ke masjid, kan ga enak juga. Solat engga, eh malah numpang ke WC doang... hehehe.

Air di Kost Habis

Akhirnya namanya aji kepepet, terpaksa dah cari cara untuk membongkar namanya mesin jet pam. Dan akhirnya dengan sebuah ilmu yang pas pasan, bisa juga untuk membuka lobang 'pancingan' ada yang tau ga dengan istilah 'macing' di jetpam? ehm.. namanya jetpam kan menggunakan tekanan air untuk memompa air.

Air di Kost Habis

Air yang keluar dari saluran output di bagi dua (On&Ot), satu di gunakan dan satu lagi yang di putar ke bawah atau di kembalikan ke dasar. Nah air yang di kembalikan ke dasar (Ot) itu tadi yang nantinya melewati saluran kecil, dengan demikian kecepatannya akan membesar. Kalau kecepatan membesar maka tekanan akan turuh di aliaran tersebut dan akan menjadi pengisap bagi air di saluran lain (On, Pada gambar ke dua, alirannya dari bawah). Dengan demikian maka air yang ada di saluran yang di isap akan di dorong naik ke atas.

Jetpam yang nama aslinya diambil dari kata jet pump, berarti dia menggunakan kecepatan tinggi atau dalam tehnik di kenal dengan istilah nosel. Kalau ada fluida yang melalu nosel ini maka kecepatannya akan tinggi, sama dengan ketika kita memencet selang air pada ujungnya ketika kita menggunakannya untuk menyiram air.

Waduh, terlalu dalam ya? ehm.. akhirnya ilmu tekniknya keluar semua dah. Ya ga papa, sekalian membagi ilmu. Sebenarnya permasalahan yang terjadi adalah si pompa tidak mendapatkan air yang cukup untuk melakukan dorongan ke bawah, biasanya terlalu kering, maka harus di beri air agar bisa memberikan tekanan air naik dari bawah atau istilahnya di pancing. Namun untuk membuka saluran itu susah nya bukan main, beberapa kali di coba tetap belum bisa.

Air di Kost Habis

Akhirnya ilmu teknik tentang torsi kebali di pakai. Kunci pas yang tadinya hanya satu di gabungkan dengan kunci ring supaya bisa menghasilkan torsi yang besar dah hasilnya si katup itu terbuka. Alhamdulilah, akhirnya bisa mandi dan buang air lagi dah, sudah selesai cerita nya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, October 27, 2012