Agar Blog Selalu Update

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, October 26, 2012

Sebuah blog di nilai dari updatenya, maju tidaknya blog ya di nilai juga dari updatenya. Coba lihat blog blog besar, walaupun mereka telah memiliki ribuan artikel tetap saja mereka rajin update. Dengan update tersebut, kita bisa menilai apakah blog tersebut masih aktif atau sudah pasif (yang lebih dikenal dengan blog mati).

Update yang teratur memiliki banyak keuntungan, antara lain nilai alexa bisa lebih baik, posisi di google membaik dan pengunjung pun senang dengan artikel yang selalu baru. Kalau sudah seperti itu, blog kita pun akan kebanjiran pengunjung nantinya.

Agar Blog Selalu Update

Memang tidak ada keharusan untuk update, 'itu blog blog kita ko jadi mau di apain juga hak kita'. Tidak salah seperti itu, tapi coba kalau di ibaratkan sebuah toko. Dimana memang toko itu hak si pemiliknya dia mau buka kapan pun terserah, tapi ketika si pelanggan mulai datang dan si pemilik toko tidak konsisten dalam membuka tokonya. Kadang buka kadang tidak, tentu saja pelangan yang mau datang jadi malas untuk ke toko itu walaupun barang yang di jajakan menarik.

Saran dari saya supaya blog selalu update, diantaranya adalah:

1. Tentukan Target Waktu Update

Hal utama dan pertama untuk membuat blog yang selalu update adalah dengan membuat target waktu, setiap berapa hari artikel tersebut akan di perbaharui. Dengan membuat target waktu, kita akan mencari cara agar selalu menulis, bahkan kita di paksa untuk menulis kalau kalau waktu yang di tentukan sudah dekat. Dengan demikian, kita memiliki kedisiplinan atau paling tidak kita menumbuhkan kedisiplinan.

Tidak ada batasan setiap berapa hari, mungkin bisanya seminggu sekali ya itu tidak jadi masalah. Mungkin 3 hari sekali, silahkan atau bisa jadi sehari sekali, itu lebih bagus. Yang jelas, tentukan target dan disiplin. Tapi paling penting, target tersebut harus terukur dan tidak terlalu memaksa. Misalnya karena kalian kerja terus tetap memaksa update artikelnya setiap satu hari, alhasil anda jadi keteteran dan artikel yang di publish pun jadi ga karuan. Lebih baik terukur dan memang bisa di kerjakan sesuai kemampuan diri kamu dalam menulis, itu prinsipnya.

2. Tulis Apapun Yang Ada Di Benakmu

Prinsip yang kedua adalah cobalah selalu menulis, walalupun tulisannya terkesan tidak bagus, walaupun terlihat gila dan mungkin tidak menarik, yang jelas tulis saja dulu. Daripada anda berencana menulis artikel menarik tapi tidak pernah terealisasi dan hanya ada pada benak, mending di tulis aja semuanya.

Yang menilai baik dan buruk bukan anda ko, orang lain. Dan lagi, teman teman bloger pun tidak akan bilang tulisan anda jelek, karena kita semua tau bahwa menulis itu tidak mudah. Dan kita semua para blogger sedang berlatih untuk menulis dan menyajikan materi lebih baik dengan cara membiasakan menulis.
Kemampuan menulis yang baik tidak datang tiba tiba, semua itu butuh proses, jadi jangan malu untuk menulis apapun sekalipun itu kamu anggap remeh. Itu lebih baik daripada orang yang hanya mengkompas, dan kamu pantas untuk berbangga.

3. Cari Ide Untuk Update

Yang sering menjadi alasan untuk tidak update adalah kekurangan ide untuk menulis artikel, padahal sebenarnya banyak ide ide bersebaran. Ide itu bisa kamu dapat dari blogwalking, dari obrolan, dari permasalahan atau dari pikiran yang tiba tiba timbul. Jangan penah menutup itu semua, selalu lah terbuka untuk mencari tau dan menggali lebih dalam atas ide yang ada di pikiran mu.

Misalnya kemarin lagi ngobrol sama teman tentang ibu kost yang mau datang, jadi lah artikel ditagih bayar kost. Dari masalah misalnya, dulu pernah kena trouble dengan keyboard laptop, jadilah artikel keyboard laptop rusak dengan solusi cepat. Atau pernah mengalami diputus oleh pacar, jadilah atikel bagaimana melupakan seseorang. Dari blogwalking misalnya, nemu orang yang menggunakan captra dan terlalu banyak blognya di profil, jadilah artikel menghargai pengunjung blog. Jadi, semua adalah sumber ide, tinggal kita mau tidak menuliskan semua ide tersebut ke menjadi atikel di blog.

4. Buat Catatan Kecil Artikel

Hal yang penting ketika mendapatkan ide, entah dari manapun, adalah dengan menuliskannya. Pepatah kuno pernah mengatakan,
Kalau ilmu adalah buruah, maka catatan adalah pengikatnya.
Yang namanya buruan itu selalu ingin melarikan diri, makanya perlu di ikat supaya tidak lepas. Begitu pula dengan yang namanya ide, kalau ga buru buru kita catat, nantinya bisa lupa. Ga perlu di tulis semua artikelnya, cukup catat idenya aja, misalnya judulnya.

Saya sering menulis beberapa judul artike di HP saya, walaupun belum saya tulis artikelnya paling tidak temanya saya sudah dapat dan nanti sewaktu senggang bisa saya tulis menjadi cerita. Ya namanya juga cerita anak kost, ya isinya pun semua tentang cerita, dan ini pun yang sedang saya bagikan pada dasarnya adalah cerita. Namun cerita yang bermanfaat yang mungkin bisa sedikit memberikan cara dan tips bagi pembacanya agar lebih baik.

5. Simpan Artikel Blog di Draft

Setelah menuliskan idenya, tinggal kita membuat artikelnya. Biasanya si saya menulis nya di notpad, jadi saya tulis apapun artikel saya di notpad terlebih dahulu sebelum nantinya saya pindahkan di blog. Keuntungan mengunakan notpad, saya tidak harus online dan lagi programnya tidak terlalu besar, kalau menggunakan word, biasanya begitu dipindahkan di blog, artikelnya agak sedikit kacau karena ada sedikit penyesuaian HTML.

Agar Blog Selalu Update
Beberapa artikel yang saya tulis di notepad sebelum di publish

Setelah saya simpan di notepad, lalu kalau ada kesempatan online saya pindahkan di draft blog. Dengan demikian saya punya kesempatan sekali lagi untuk membaca artikel yang telah saya tulis tadi, bisa jadi ada ide ide baru yang perlu di tambahkan atau di kurangi. Biasanya juga sekalian menggecek pengetikan, maklum kadang suka salah ketik, terlalu cepat si ngetik 10 jarinya. Hehehe, tapi ya tetap saja kadang suka salah ketik, tapi tak apa lah, itu tandanya artikel saya original, hasil ketik sendiri.

Keuntungan langsung di pindah di draft adalah ketika terjadi masalah dengan komputer anda, maka artikel anda akan aman tersimpan di blog. Terus terang saya pernah ngalami di mana artikel saya sudah saya simpan rapih di notpad, tau tau komputer saya hardisknya rusak dan artinya saya kehilangan ide ide 'briliant' yang pernah saya tulis. 

6. Schedule Artikel diblog Untuk Update

Hal yang perlu di perhatikan adalah bahwa motivasi seseorang senantiasa naik dan turun. Jadi ada kalanya semanggat dan anda bisa membuat banyak artikel, namun anda tidak perlu mempublishnya semua. Simpanlah artikel tersebut dan di schedul secara kontinu seperti point satu. Karena suatu saat nanti tiba dimana anda tidak semangat dan anda tidak memiliki ide menulis, atau paling tidak anda punya kesibukan nantinya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, October 26, 2012