Memilih Alternatif Nama Domain

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, October 3, 2012

Nama domain menunjukan identitas blog, namun terkadang kita harus memilih alternatif nama domain karena domain yang akan kita gunakan ternyata sudah di miliki orang lain. Padahal yang namanya domain itu pula nantinya berpengaruh pada pengujung dalam kemudahan mengingat, dengan nama yang mudah di ingat maka nantinya si pengujung akan mudah untuk datang kembali suatu saat nanti. Pertimbangan lain dari kacamata search engine, katanya domain yang sesuai tema blog akan mempermudah search engine dalam mengakses blog kita, artinya pengujung pun akan banyak berdatangan. Namun seperti yang saya katakan, begitu kita telah menentukan nama, eh ternyata nama itu sudah tidak bisa di beli, makanya kita harus pandai memilih alternatif nama domain.

Memilih Alternatif Nama Domain

Ada beberapa alternatif yang patut untuk di pertimbangan untuk memilih nama domain atau nama blog, yang istilah kerennya adalah TDL(top level domain), diantaranya adalah :

1. Utamakan Domain Berakhiran .com

Extensi .com lebih populer dan lebih umum, orang cenderung untuk mudah mengingat domain dengan akiran .com. Lagi pula, di setiap browser selalu ada shortcut untuk domain .com dengan menekan CTRL + Enter pada urlnya. Dengan demikian, maka kepopuleran .com akan lebih menjamin dari pada domain yang lain.

Namun, ada kalanya nama domain yang kita inginkan sudah di ambil orang, sebelum anda mengubah dari extensi .com lebih baik pertimbangkan nama domain di bawah ini dahulu. kalau anda tetap kekeh ingin mengunakan nama domain tersebut, berarti anda perlu mengorbankan extensi .com, itu boleh saja. Alternatif yang biasa di gunakan adalah .biz, .net, .info, .web.id atau .co.id.

2. Alternatif domain berakhiran pedia

Akhiran pedia bagus juga untuk nama domain, itu menjurus ke sebuah situs besar sekelas wikipedia. Lagi pula nama pedia sudah menjadi bagian dari telinga kita yang mengisaratkan ilmu, yaitu dari asal kata ensiklopedia. Jadi kalau anda punya nama domain tertentu, tidak ada salahnya di gunakan akhiran pedia untuk alternatif nama domain.

Contohnya misalnya situs teman saya yaitu, mitospedia.com, atau bisa jadi bukupedia.com, puisipedia.com, cerpenpedia.com dan lain sebagainya.

3. Alternatif domain berawalan ID

Awalan id menunjukan identitas dari negara kita, yaitu indonesia. Dengan menambahkan awalan id pada domain, itu bisa menjadi alternatif yang bagus untuk nama domain. misalnya kita kenal situs besar yang berawalan id, idblognetwork.com, idwebhost, idsurvival.com dan lain sebagainya.

4. Alternatif domain berawalan indo

Selain nama id, awalan indo pada domain juga menunjukan identitas sebagai blog indoneisa. Tentunya di ambil dari nama singkatan indonesia, contoh situs yang mengunakan awalan indo adalah indowebster. Atau nama indo juga di lekatkan pada produk produk atau nama besar di negara ini, sebut saja indomie, indosiar dan lain sebagainya. Saya kira, awalan indo cocok di jadikan sebagai pilihan lain nama domain.

5. Alternatif domain berawalan blog

Nama domain yang berawalan blog juga bisa di jadikan alternatif, hal tersebut menunjukan itu adalah sebuah blog. Ya memang sedikit membingunkan si antara blog dan situs, mungkin kalau yang namanya situs atau web skalanya lebih besar kali ya? tapi tak apalah, yang penting kan kita eksis di dunia maya. Contoh situs yang mengunakan awalan blog adalah blogsurvival.com, atau mungkin bisa jadi blogdetik, blogcariuang dan lain sebagainya tergantung kebutuhan domain yang anda cari.

6. Hindari mengunakan angka sebagai domain

Satu hal yang perlu di hindari, jangan mengunakan angka dalam nama doamin. Walau pun terlihat keren, tapi itu akan sangat menyusahkan dalam mengingat bagi pembaca. Memang si ada situs besar sekelah 4share.com yang juga mengunakan angka, tapi kan itu situs besar, lagi juga sewaktu kita pertama kali kenal situs itu kita tidak mudah untuk meyebutkannya atau menuliskannya di browser. So, pertimbangkanlah untuk menulis nama domain tanpa mengunakan angka.

7. Pengunaan tanda '-' dalam nama domain

Sebenarnya penguanaan tanda garis tengah atau lebih di kenal dengan (dengan apa ya? ada yang tau?) cukup bagus di mata SEO. Namun sekali lagi, manusianya akan sulit sekali untuk mengingat nama tersebut. Apalagi kalau dia sampai salah dalam memasukan di browser, berarti satu pengujung telah berpindah ke blog sebelah, kita kan yang rugi.

Kurang lebih itulah beberapa hal yang patut kita jadikan dan pertimbankan dalam memilih alternatif nama domain yang sudah dibeli orang. Pertanyaan mendasarnya adalah, ko saya bisa bisanya menulis hal di atas tapi ko saya sendiri masih mengunakan domain gratisan dari blogspot? eit, jangan salah, saya pun juga punya blog yang mengunakan top level domain. Alasan saya tetap mengunakan domain blogspot in adalah alasan kebaikan.

Maksudnya? soalnya nama domain kan harus bayar setahun paling tidak, kalau kita tidak membayar berarti nama tersebut tidak bisa di gunakan lagi, kalau boleh di bilang blognya tutup. Tapi kalau domain dari blogspot ini masih tetap ada selama memang masih di gratiskan, buktinya saya sudah ngangurin domain ini selama 4 tahun ternyata masih bisa di akses. Saya membayangkan kalau suatu saat terjadi kecelakaan atau 'kematian' pada pemilik blog, namun blognya masih tetap di baca dan dikunjungi orang bisa jadi blog tersebut tetap mendatangkan pahala bagi si pemiliknya. Atau bisa jadi jangan jangan jadi ladang dosa (kalau yang ini saya tidak mau), seperti yang pernah saya ceritakan di ngeblog antara pahala dan dosa.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, October 03, 2012