Mengatasi Susah Makan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Monday, October 22, 2012

Susah makan pada dasarnya adalah penyakit karena orang normal tidak akan mengalamu susah makan, justru dia malah senang kalau suruh makan apalagi kalau makanan RaTu (ra' tuku, bahasa jawa yang artinya tidak usah beli, hehehe). Memang suatu hal yang aneh kedengarannya ada orang yang susah makan, tapi ini umumnya di alami oleh anak kecil dan sebagian orang dewasa. Saudara saya juga termasuk yang mengalaminya, sampe akhirnya dia di beri obat dan jamu segala macam tetap saja tidak mau makan.

Sampe sampe badanya kurus, yang jelas jadinya untuk mengerjakan sesuatu pun jadi malas karena tidak ada energi dari asupan makanan. Kalaupun ia ternyata masih tetap bersemangat, biasanya ia jadi gampang sakit karena makanan yang masuk tidak ada atau tidak teratur.

Mengatasi Susah Makan

Obat untuk Orang Susah Makan

Untuk anak yang susah makan, biasanya karena bosan, sedang tidak mau makan, tidak enak badan, gigi akan tumbuh atau bisa jadi sariawan. Dan bisa di atasi dengan membuatkan susu formula sebagai pengganti makan anak, memberikan vitamin atau suplemen untuk menambah nafsu makan anak, atau mengencerkan makanan agar lebih mudah dimasukkan ke mulut anak.

Namun untuk orang dewasa salah satu cara untuk mengatasi orang yang susah makan adalah dengan obat atau jamu. Sayangnya saya kurang tau apa nama dan merek obat tersebut.

Walaupun susah makan hanya di alami oleh sedikit orang, saya pun terus terang pernah mengalaminya. Padahal kalau boleh di bilang saya orang yang besar nafsu makanya, saya suka sekali kalau suruh makan apalagi kalau di traktir temen. Ga usah di traktir dah, kalau ada makanan gratis pas lagi kondangan biasanya saya orang yang bolak balik untuk ngabil makanan, soalnya aji mumpung, mumpung gratis.

Namun entah mengapa saya dulu pernah kena penyakit tipes, yang mungkin karena terlalu cape sewaktu mengerjakan tugas akhir kuliah. Sampe akhirnya saya harus tinggal di rumah dan terpaksa beristirahat sejenak sambil menunggu pulih. Dan saat saat itu saya mengalami namanya susah makan, males sekali kalau ud ketemu namanya makanan. Apalagi kalau liat nasi, wah hawanya bosen dan pengen mungah kalau ud makan nasi.

Walaupun makanannya enak, tetep aja saya males dan susah makan. Heran saya juga, bisa bisanya saya yang doyan sekali makan tau tau juga mengalami penyakit susah makan seperti ini. Tapi itulah kenyataannya, sampe sampe badan saya kurus dan layu (kata orang jawa bilang).

Alternatif Untuk yang Susah Makan

Setelah saya mengalami susah makan seperti itu, saya tetap melakukan kegiatan seperti biasa walau keadaan saya yang lemas dan tanpa sengaja saya membawa motor dan jatuh. Karena memang saya kadang melakukan perjalanan dari depok ke tangerang dengan mengunakan sepeda motor. Dan sesampainya di rumah karena badan saya sakit karena jatuh itu, saya di bawa ke tukang urut dan di urutlah di sana.

Herannya setelah saya urut beberapa hari kemudian saya justru jadi doyan makan, apa aja jadi saya makan. Dan begitu urut yang kedua saya cerita ke tukang urut itu, katanya emang kadang urat di perut suka ada yang 'nyasar' jadi bisa terjadi susah makan. Memang si percaya ga percaya, tapi itu kenyataan soalnya terjadi pada saya, dan alhamdulilah saya sudah tidak lagi susah makan. Dari beberapa cerita juga yang saya dengar dari orang tua jaman dulu, katanya

urut bisa mengobati susah makan

So mungkin bagi anda yang mengalami atau punya saudara yang susah makan, ada baiknya mencoba untuk urut terutama di bagian perut. Ya itu sekedar alternatif bagi anda yang memang sedang mencari cara untuk mengatasi susah makan.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Monday, October 22, 2012