Mengatasi Susah Makan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Monday, October 22, 2012


Mengatasi susah makan. Susah makan pada dasarnya adalah penyakit karena orang normal tidak akan mengalamu susah makan, justru dia malah senang kalau suruh makan apalagi kalau makanan RaTu (ra' tuku, bahasa jawa yang artinya tidak usah beli, hehehe). Memang suatu hal yang aneh kedengarannya ada orang yang susah makan, tapi ini umumnya di alami oleh anak kecil dan sebagian orang dewasa. Saudara saya juga termasuk yang mengalaminya, sampe akhirnya dia di beri obat dan jamu segala macam tetap saja tidak mau makan.

Sampe sampe badanya kurus, yang jelas jadinya untuk mengerjakan sesuatu pun jadi malas karena tidak ada energi dari asupan makanan. Kalaupun ia ternyata masih tetap bersemangat, biasanya ia jadi gampang sakit karena makanan yang masuk tidak ada atau tidak teratur.

Mengatasi Susah Makan

Obat untuk Orang Susah Makan

Untuk anak yang susah makan, biasanya karena bosan, sedang tidak mau makan, tidak enak badan, gigi akan tumbuh atau bisa jadi sariawan. Dan bisa di atasi dengan membuatkan susu formula sebagai pengganti makan anak, memberikan vitamin atau suplemen untuk menambah nafsu makan anak, atau mengencerkan makanan agar lebih mudah dimasukkan ke mulut anak.

Namun untuk orang dewasa salah satu cara untuk mengatasi orang yang susah makan adalah dengan obat atau jamu. Sayangnya saya kurang tau apa nama dan merek obat tersebut.

Walaupun susah makan hanya di alami oleh sedikit orang, saya pun terus terang pernah mengalaminya. Padahal kalau boleh di bilang saya orang yang besar nafsu makanya, saya suka sekali kalau suruh makan apalagi kalau di traktir temen. Ga usah di traktir dah, kalau ada makanan gratis pas lagi kondangan biasanya saya orang yang bolak balik untuk ngabil makanan, soalnya aji mumpung, mumpung gratis.

Namun entah mengapa saya dulu pernah kena penyakit tipes, yang mungkin karena terlalu cape sewaktu mengerjakan tugas akhir kuliah. Sampe akhirnya saya harus tinggal di rumah dan terpaksa beristirahat sejenak sambil menunggu pulih. Dan saat saat itu saya mengalami namanya susah makan, males sekali kalau ud ketemu namanya makanan. Apalagi kalau liat nasi, wah hawanya bosen dan pengen mungah kalau ud makan nasi.

Walaupun makanannya enak, tetep aja saya males dan susah makan. Heran saya juga, bisa bisanya saya yang doyan sekali makan tau tau juga mengalami penyakit susah makan seperti ini. Tapi itulah kenyataannya, sampe sampe badan saya kurus dan layu (kata orang jawa bilang).

Alternatif Untuk yang Susah Makan

Setelah saya mengalami susah makan seperti itu, saya tetap melakukan kegiatan seperti biasa walau keadaan saya yang lemas dan tanpa sengaja saya membawa motor dan jatuh. Karena memang saya kadang melakukan perjalanan dari depok ke tangerang dengan mengunakan sepeda motor. Dan sesampainya di rumah karena badan saya sakit karena jatuh itu, saya di bawa ke tukang urut dan di urutlah di sana.

Herannya setelah saya urut beberapa hari kemudian saya justru jadi doyan makan, apa aja jadi saya makan. Dan begitu urut yang kedua saya cerita ke tukang urut itu, katanya emang kadang urat di perut suka ada yang 'nyasar' jadi bisa terjadi susah makan. Memang si percaya ga percaya, tapi itu kenyataan soalnya terjadi pada saya, dan alhamdulilah saya sudah tidak lagi susah makan. Dari beberapa cerita juga yang saya dengar dari orang tua jaman dulu, katanya

urut bisa mengobati susah makan


So mungkin bagi anda yang mengalami atau punya saudara yang susah makan, ada baiknya mencoba untuk urut terutama di bagian perut. Ya itu sekedar alternatif bagi anda yang memang sedang mencari cara untuk mengatasi susah makan.

Fariza Indrianto Cerita Anak Kost Updated at: Monday, October 22, 2012

{ 37 komentar... read them below or add one }

Limit Post said... Reply Comment

untuk sya semuanya gak mempan mas sya juga pernah diurut, sempat balik juga nafsu makan tapi kambuh lagi jadi susah makannya, minum jamu tapi jamunya pait hadeuuhh -_-

cerita anak kost said... Reply Comment

@limit post. masa si gan sampe segitunya? ehm... trus harus di apain kalau ud gitu ya? pengalaman lagi tu gan.

agus bg said... Reply Comment

istri saya mengalami susah makan dari beberapa hari lalu setelah urut karena capek tapi nafsu makan tetep tidak ada, mungkin cocok cocokan sob...

kalau anak kecil mungkin sambil di ajak mainan sambil di suapin ya...

Mas Nady said... Reply Comment

kalau saya tidak pernah yang namanya susah makan sob...? saya tergolong org yang suka makan.. Makannya badan saya besar hehehehe nice tips

catatannaya said... Reply Comment

Wah.. kalo mengatasi cara makan yg berlebihan gimana ya..? Saya senang cemilan, takut nanti badannya jadi gede.. waaaaaaaaa,,,,,,

zachflazz said... Reply Comment

diurut di perut apa nggak bahaya Mas?
saya koq agak kurang sreg ya... memang saya sampai sekarang masih belum tau cara terbaik untuk mengatasi ini, khususnya buat anak-anak saya tu yang pada kurus.

Limit Post said... Reply Comment

ya terima nasib lah badan kurus kaya gini :(

Djangkaru Bumi said... Reply Comment

Kebetulan saya sudah hampir 3 minggu susah makan. Mungkin karena kerjanya terlalu santai dan ringan. Saya hanya makan bubur atau telur dan kopi. Harus urut sepertinya.

Muro'i El-Barezy said... Reply Comment

wah sepertinya ini bisa menjadi alternatif ya gan, kebetulan anak saya juga makannya susah tuh

Ferry Nurse said... Reply Comment

Ternyata dengan urut bisa jadi doyan makan yah..waktu kecil saya terkenal sekali susah banget makan sekarang malahan anak saya yang ikutan seperti itu Bang...tapi sekarang saya gampang kok makannya. Ndak kaya dulu masih kecil

Reo Adam said... Reply Comment

lah saya kurang makan gan tapi tetep gemuk (stabil) tetap 70kg berat badanku.
pagi ngopi trus kerja jam 12 siang baru makan nasi....malam cuma makan roti klu gak mkn mie instan...maklum anak kost hehe.
tapi memang betul...diantara 4teman kost q dimalaysia cuma aq yg mbeler (males) makan-nya

Bung Penho said... Reply Comment

wah, aneh juga metodenya. tapi syukurnya sampai detik ini gue masih gak ada masalah buat makan!

febriansyah haq said... Reply Comment

jadi kalo mau ngekost harus urut dulu, biar bisa beradaptasi :D

yusrandante said... Reply Comment

kalau saya tidak bermasalah dengan makan sob, tapi yang bermasalah adalah pembeli makanannya.. susah.. ada obatnya g??

Yuyud said... Reply Comment

Sama sob. Saya kalo lagi lemes biasaya juga ke mak erot. Eh, maksud saya ke tukang pijit. Langsung bugar lagi deh. Biasanya sih 2bulan sekali ke tukang pijit.

EYSurbakti said... Reply Comment

oh gitu ya, susah makan ternyata complicated juga ya, bukan semata karena emang dasarnya males makan.. gue juga waktu kecil susah makan tuh, entah kenapa pas masuk SMP napsu sendiri..

Yusup said... Reply Comment

sy termasuk yang susah makan,,, kecuali kalau sama ikan asin + sayur asem,, atau sama goreng jengkol,, atau sama sambel pake lalapan,, :)

Rupi Adam said... Reply Comment

wiiih artikelnya pas banget mas drian ...
Kebetulan akhir akhir ini saya lagi ga nafsu makan
mau coba di urut juga ah hihihi

Fely Funakoshi said... Reply Comment

Oh, baru denger ada kasus 'urat di perut ada yang nyasar sehingga susah makan'.
Ya ya ya... makasih infonya ye. Siapa tahu nanti ada relasi atau sapa yang butuh info penting ini.

Sundul said... Reply Comment

Lama gak bersua. Support lagi pagi ini Sob

Thanjawa arif said... Reply Comment

tapi mengurut di daerah perut tidak boleh sembarangan ya sob, bahan menurut medis daerah perut tidak boleh diurut karena dalamnya perut penuh dengan organ-organ lunak yang rentan bila terkena bodycontack

Asep Haryono said... Reply Comment

Anak saya yang sudah duduk di TK A Al Azhar kadang susah makan. Anak saya, Abbie, kadang kalaw makan nasi nda mau kalaw nda dikasih lauk SOSIS. Huaaaaaaa.

Dia kadang nda suka saya sayur mayur padahal kan Sayur mayur sangat bergizi dan baik untuk pertumbuhan dan kesehatan. Kalaw Abbie makannya sosis terus huaaaaaaaa. Tapi akan saya coba tips dan resep di sini. Terima Kasih sudah berbagi ilmu

budi os 19 said... Reply Comment

Klw buat ansk kecil yg susah makan..orang tua bilang juga cih..di cekokin gitu ya bang sama ramuan jamu mafsu makan..itu dulu..slagi sy masih kecil..klw sekrng udah modern..mungkin di bantu vitamin tuk gairahin nafsu makan si anak.. :)

Klw buat orang dewasa,kmungkinan karena kecapean n banyak beban pikiran,jd buat nafsu makan berkurang.. Itu sih bang yg pernah sy alamin.. :)

So...nikmatin aja deh.. Hehe

yousake said... Reply Comment

kalau adik saya kasih vitamin sob.. :D

#salam sehat dari Yousake NKRI

Baguspost said... Reply Comment

Saya Saat ini sussah makan sob.wkwkwwk.
gak lapar sihh.

http://baguspost.blogspot.com

Baguspost said... Reply Comment

Saya Saat ini sussah makan sob.wkwkwwk.
gak lapar sihh.

http://baguspost.blogspot.com

Dadi Heryana said... Reply Comment

saya emang susah makan sob, iya susah makan makanan yang nggak enak. hehe :D

#salam terhangat dari Mr.DHI

disave said... Reply Comment

Susah makan biasanya karena sakit atau karena ikannya tidak enak..bingung :)

cerita anak kost said... Reply Comment

@catatanya. ehm, kalau itu harus banyak sodakoh gan, biar duit ga ada lagi buat jajan. hehehe

cerita anak kost said... Reply Comment

@zac. wah saya kurang tau kalau dari segi medis, tapi bagi saya sendiri itu berhasil ko.

cerita anak kost said... Reply Comment

@moroi. ya gan, anternatif yang lumayan lah :D

cerita anak kost said... Reply Comment

@reo adam. ehm... haru rajin gan, kalau ntar ga mau sakit.

cerita anak kost said... Reply Comment

@yuyud. mak erot emang mak nyus ya. heheh, ngapain ente ke mak erot gan, ada ada aja.

cerita anak kost said... Reply Comment

@rupi adam. ehhehe, coba aja gan, siapa tau juga berhasil kaya ane. :D

cerita anak kost said... Reply Comment

@asep. wah si akang jadi curhat gini nie.

cerita anak kost said... Reply Comment

@budi. ehm. logis juga alesan ente si gan, mungkin kecapean jadi ga kepengen makan kali ya.

cerita anak kost said... Reply Comment

@dedi heryana. ehm, kalau itu si maunya ente gan.

Post a Comment