Tehnik Menawar Barang di Pasar

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, January 16, 2013

Mau bagi bagi tehnik tentang menawar pakaian ataupun barang yang biasanya ada di pasar. Bukan jagonya si, tapi paling ga kemarin keingetan gara gara iseng main ke SUNMON (sunday morning) di kawasan UGM. Ternyata masih ramai aja seperti dulu, padahal terakhir ke UGM itu dulu pas jaman jaman SMA karena mau nyari tempat kuliah. Bedanya, kalau dulu sekitar 8 tahun yang lalu aku di anter sama mbaku kesana sekarang jalan sendiri.

Dan layaknya pasar dadakan, di sana memang ramai sekali orang berjualan. Banyak juga di ataranya mahasiswa yang berjualan, ya sekedar coba coba atau mungkin emang buat tambahan uang jajan, kreatif juga. Dan sayangnya, saya lupa membawa foto jadinya tidak bisa mengabadikan justu yang terakhir ingat adalah saya membeli sebuah pakaian yang dari hasil tawar menawar disana.

Bagaimana Tehnik Menawar Pakaian?

 Kembali ke acara tawar menawar, sebenarnya enak juga kalau adanya tawar menawar, biasanya kita bisa dapet barang yang boleh di bilang murah. Itu pun asal tau tehniknya, apa saja tehnik tawar menawar menurut cerita anak kost?

1. Tawar Harga Setengah dari Harga yang Di Ajukan

Nah ketika kita berada di pasar, biasanya kita menanyakan harga barang yang kita inginkan atau sedang di pasar. Kaya kemarin itu aku beli trening, dia bilang harganya RP 55.000, wah mahal juga aku pikir. Langsung tanpa pikir panjang aku tawar aja harga setengahnya, 25 ribu. Dia bilang, 'wah jangan segitu dong bang, tambahin deh'.

Tehnik Menawar Barang di Pasar
Biasanya si jawaban si abangnya seperti itu, ada juga beberapa yang marah kalau di tawar dengan harga yang terlalu murah. Kita iseng aja bilang, 'ya namanya juga nawar bang, pengen nya yang murah' ntar si abangnya juga nerima. Kadang si abangnya juga si yang ga kira kira, masa ngasih harga tinggi amat. Kalau kata ibuku bilang :
Kalau di kasih harga berapa, harga nya biasanya setengahnya dari yang di tawarkan si abangnya
Jadi, tehnik pertama dari tawar menawar adalah tawar setengah dari harga yang di kasih.

2. Ketahui Harga Pasar

Ini juga sangat membantu dalam tawar menawar, kita tau dulu harga di pasaran berapa. Ini untuk yang sering belaja pasti sangat terbantu. Kalau kita tau harga di mall itu berapa, nah di pasar ga mungkin dah harganya melebihi itu, kita harus bisa dapet harga di bawah harga mall. Logikanya, di mall aja harganya segitu dengan kualitas yang bagus (maksudnya rapih di pajang) pasti di pasar lebih murah, soalnya kan dia ga bayar sewa yang tinggi seperti di mall.

Pengalaman saya kemarin di UGM pun begitu, saya bisa nawar segitu karena tau di mall celana trening seperti itu paling 35 ribu. Ya namanya trening murah, cuma untuk tidur, maklum lah anak kost, jadinya ga perlu mahal mahal. Akhirnya saya dapet dengan harga 30ribu. Lumayan lah, daripada saya bayar dengan harga 55, kan gila?!

3. Jangan Terlihat Seolah Kita Membutuhkan Barang Itu

Nah satu lagi tehnik, kalau kita emang lagi butuh barang itu. Jangan memperlihatkan kesan kalau seolah olah kita butuh barang itu. Kalau si abangnya tau kita butuh, harganya pasti ga mau turun, tau si dia kalau kita pasti beli.

Tehnik Menawar Barang di Pasar
Sekarang tanda tandanya orang butuh seperti apa? ya di lihat atau di pilih pilih terus. Jadi, kalau emang kita ngincer barang itu, ya ud lihat sekilas lalu tinggal pergi seperti tehnik berikutnya.

4. Tinggal Pergi

Ini yang paling manjur, tehnik ini dari ibu saya yang dulu waktu kecil sering melihat dia menawar barang di pasar. Walaupun saya suka dengan barang itu, ibu saya nawar trus di tinggal pergi dah. Dan si abangnya manggil lagi.. Iya deh bu, ambil aja asal laris.

Ya logis lah, yang namanya pedagang kan pengen barangnya terjual karena dari situ dia dapet penghasilan. Sebenarnya, asal untung dikit aja, si pedangan pun rela melepas barang itu. Cuma kadang si abang itu lebih pinter soal bahasa tubuh, jadinya dia bisa tau kalau ada orang yang butuh barangnya di jual dengan harga sedikit mahal. Ya namanya juga pedangang, dia juga kan pengen untung.

5. Tawar Dengan Barang Lain

Satu lagi tehnik yang saya kembangkan sendiri. Kadang kita memebeli barang, tapi harganya ga mau turun. Entah emang harganya mahal darisananya, atau si pedangannya untungnya tipis. Kalau uda gitu, biasanya saya ambil barang lain, 'sama yang ini jadi 50 dah' misalnya seperti itu.

Ini terjadi dulu waktu beli PS 2 di glodok. Wah harganya ga mau turun turun tu, susah banget. Tapi saya tau si kalau harga di situ udah lebih murah dari yang lain, tapi kan kita juga mau untung. Jadinya aku tanya tanya aja, MMC harganya berapa? dia bilang 70 ribu untuk yang 32 Mega kalau ga salah. Yaud, aku bilang aja, 'Ama MMC dah ni bonusnya'. Akhirnya si encinya ngasih juga dengan harga kurang lebih 1.1 juta, PS dan MMC. Lumayan, daripada cuma dapet PSnya aja, kan mending juga dengan harga segitu bisa dapet barang yang lain. Ya ga gan?

Ya kurang lebih itulah tehnik tawar menawar barang ala anak kost. Tapi kalau boleh jujur, mending si dengan harga pas aja yang udah terbandrol. Soalnya pernah punya pengalaman buruk juga dengan tawar menawar, karena harganya tidak tertera, jadinya bisa jadi kita membeli dengan harga yang lebih mahal. Namun paling tidak, tehnik ini bisa membantu anda.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, January 16, 2013