Menghindari Tempat Makan yang Merugikan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Tuesday, February 5, 2013

Seharusnya kita puas kalau membeli makan di tempat makan atau warung tertentu. Tapi kadang si pemilik warung sering kali bertindak tidak baik dengan menaikan harga atau tindakan tidak terpuji lainnya. Hal tersebutlah yang sering saya alami selama menjadi anak kost dan tinggal di beberapa daerah berbeda.

Sebenarnya si wajar, namanya pedangang makanan pengennya untung besar dari tempat makan yang mereka dirikan. Namun kalau cara yang di pakai kurang baik, bisa bisa tempat makan tersebut bisa merugikan kita sebagai pengunjung. Oleh karenanya kita perlu tau bagaimana tips mengindari tempat makan yang merugikan

1. Harga Makanan Yang Mahal

Menghindari Tempat Makan yang Merugikan
Ada ranjau Pete di dalam makanan
Kadang kita setelah makan, tau tau pas bayar makanan tersebut ternyata mahal banget. Padahal makananya boleh di bilang kurang enak, dan sedikit lagi. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kita cari tempat makan yang memang menunya sudah tersedia dan terdapat harga yang jelas. Pastikan pula, harga segitu sama nasi atau tidak, karena tabiat kita kalau makan ga lengkap tanpa nasi.

2. Logat Si Pembeli

Logat si pembeli makan, kadang suka di perhatikan. Kalau kita tidak bisa menggunakan bahasa daerah tersebut, biasanya si harganya akan sedikit lebih mahal. Jadinya, kita harus pinter pinter bahasa daerah paling tidak untuk menanyakan harga. Kalau saya paham dua bahasa, jawa "regone piro pak" kalau sunda "saberaha mang" yang kalau di artikan "harganya berapa bang?". Jadinya kita tidak lagi di tipu, atau si abang juga merasa kita satu dareah jadinya tidak akan di mahalin.

3. Menu Tambahan Yang Merugikan

Hati hati dengan menu tambahan, kadang kita pesan makanan satu paket, eh ternyata ada menu yang diluar paket. Kita perlu pertanyakan menu tersebut, dan biasanya si pemilik toko akan bilang 'itu menu tambahan'. Tapi si pemilik warung tidak bilang kalau itu gratis. Jadi kalau kita makan menu itu, kita akan tetap di kenakan harga di luar paket. So lebih baik jangan di makan atau anda nanti di suruh bayar ujung ujungnya, ga ada yang gratis di dunia ini soalnya sob.

4. Jangan Makan/Minum yang Tidak Kita Pesan

Nah saya juga pernah mengalami di tempat makan. Saya pesan es jeruk, dia bilang habis. Ya sudah saya pesan air putih saja, eh dia malah dateng dengan membawa es teh. Ya terus terang itu merugikan, secara halus dia menyuruh kita membeli es teh (kan gitu logikannya). Kalau cuma sekedar es teh yang harganya 2000 an si ga papa, kalau di restoran atau tempat lain, mungkin bisa aneh aneh yang bisa jadi harganya tidak murah.

5. Lihat Keramaian Warung Makan

Usahakan untuk membeli makan di warung yang ramai, soalnya kalau warungnya sepi biasanya dia akan berpotensi lebih besar untuk merugikan kita sebagai pelangan. Karena bisa jadi seharian dia belum dapet untung besar, makanya dia bisa saja menacari untung dengan cara yang kurang baik. Walaupun tempat yang ramai pun bisa saja seperti itu, saya pun pernah mengalami hal serupa.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Tuesday, February 05, 2013