Cara Mengendalikan Rasa Cemburu

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, February 7, 2013

Cemburu pada dasarnya adalah baik, namun rasa cemburu tersebut harus di kendalikan agar tidak dikategorikan cemburu buta. Dalam setiap percintaan, yang namanya cemburu adalah bagian dari kasih sayang dimana orang yang memiliki rasa cemburu artinya ia juga memiliki rasa cinta dan merasa memiliki. Kalau sudah tidak ada cemburu, berarti sudah tidak ada lagi kata cinta, bukan begitu?

Cara Mengendalikan Rasa Cemburu

Lalu bagiamana mengendalikan rasa cemburu tersebut sehingga tidak meluap terlalu besar yang akhirnya bisa berujung pertengkaran atau sekedar ketidak nyamanan dalam hubungan. Berikut tips dari cerita anak kost tentang bagaimana mengendalikan rasa cemburu.

1. Cintai Pasanganmu Sewajarnya

Ada yang bilang kalau :
Cintailah pasanganmu sewajarnya, karena bisa jadi ia akan menjadi orang yang paling kamu benci. Dan bencilah orang lain sewajarnya karena bisa jadi suatu saat orang tersebut akan menjadi orang yang paling kamu cintai.
Kata kata bijak tersebut benar adanya, karena memang masa depan tidak ada yang pernah tau. Bisa jadi, orang kita cintai dan saking kita cintai namun lama kelamaan menunjukan sikap yang tidak baik, mempermainkan kamu dan akhirnya kamu pun kecewa padanya. Dan pada akhrinya kamu bisa jadi membencinya, bahkan sangat. Jadi cintailah sewajarnya, sebab sesuatu yang wajar dan proporsional itu adalah baik.

Ketika kamu mencintai sewajarnya, dan pada kenyataan nya harus putus, maka kamu tidak ribut dengan sakit hati kamu, kamu tidak ribut dengan mencari cara bagaimana melupakan seseorang yang kamu cintai. Sebab kamu sudah sadar sebelumnya, dan cinta yang kamu berikan pun tidak terlalu besar. Seperti ini logikanya, ketika kamu mencintainya secara berlebihan itu seperti kamu seolah melambung tinggi, dan pada saat kamu jatuh rasanya itu akan sakit sekali. Jadi, berikan lah cinta sewajarnya saja kepadanya.

2. Pasanganmu Punya Kehidupan Pribadi

Alasan kedua untuk meredam rasa cemburu kamu, bahwa ia memiliki kehidupan pribadinya. Ingat, kamu masih pasangannya belum menjadi isri atau suaminya, artinya kamu belum berhak memilikinya secara penuh atau utuh. Kalau kamu sudah di ikat tali perkawinan, artinya kamu sudah sah untuk memilikinya dan terserah kamu mau diapain aja (Emangnya dia mau di apain ya? hehehe).

Kalau kamu terlalu banyak ngatur hingga membatasi dirinya untuk bergaul karena rasa cemburu kamu yang terlalu besar, takut takut ia diambil orang, itu tidak wajar. Ingat, sebelum sama kamu pun dia sudah memiliki kehidupan pribadi, dengan teman temanya atau sahabat sahabatnya. Lalu tiba tiba kamu datang dan kemudian kamu seolah memutus hubungan ia dengan teman temanya, apakah itu pantas?

Ketika kamu mencintainya, kamu pun harus memberikan kepercayaan padanya, biarkan dia dan lepaskan dia untuk bergaul dengan siapapun ia suka. Tanamkan rasa percaya kepadanya, bahwa kamu selalu mencintainya.

3. Cintai Ia Dengan Kebebasan

Pernah melihat kupu kupu? coba lihat kupu kupu, kalau ia di kurung aja tidak di beri kebebasan, dia akan mati. Kamu tidak bisa melihat lama keindahannya dengan mengurungnya, biarkan dia bebas, biarkan dia pergi dan merasakan kebebasanya. Dan kamu akan melihatnya dengan penuh rasa cinta.

4. Miliki Hoby Atau Kegiatan

Cara Mengendalikan Rasa Cemburu
Sebenarnya rasa cemburu yang berlebihan, kalau boleh jujur itu di sebabkan karena kurangnya kegiatan kamu jadinya kamu hanya terfokus padanya. Misalnya, kamu sedang sendiri di kamar dan tidak ada kegiatan lalu kamu sms pasanganmu menayakan dimana dan sedang apa? sementara pasanganmu sedang sibuk dengan kegiatanya dan ia akhirnya tidak konsen membalas sms mu, dan ujung ujungnya kamu marah bahkan cemburu karena sms ga di bales. Begitu kan biasanya, marahan dari hal sepele yang sebenarnya masalahnya itu dari kamu, kamu yang ngangur dan ga ada kegiatan.

Coba kamu memiliki kegiatan atau kesibukan, pikiranmu tidak lagi di hiasi oleh bayang bayang dirinya dan yang ada hanya kegiatan yang inggin kamu selesaikan. Dengan adanya kegiatan, kamu pun bisa lebih tenang dan tidak ada yang pelu di khawatirkan. Semoga anda lebih bisa mengendalikan rasa cemburu anda.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, February 07, 2013