Perbandingan Type Makan di Perusahaan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, February 9, 2013

Beberapa type makan di kantor, atau perusahaan pernah saya temui. Sebenarnya agak bingung juga untuk memberi judul, yang ingin saya bahas adalah bagaimana jenis makanan yang sering ada di perusahaan. Paham maksudnya? Langsung saja ke pembahasannya dah kalau begitu.

Perbandingan Type Makan di Perusahaan

1. Type Prasmanan (kantin)

Nah beberapa perusahaan dan biasanya yang sekelas manufacturing, type makan siangnya adalah di kantin. Dimana kalau di kantin tersebut, di suguhkan berbagai macam pilihan dan menu yang berbeda beda, dan kita di persilahkan ngambil sendiri. Jadi bebas mau seberapa banyaknya, tapi untuk lauk biasanya di batasi, kaya ayam atau dagingnya tidak boleh dobel.

Perbandingan Type Makan di Perusahaan

Keuntungan dan kelemahan mengunakan sistem ini apa? kalau keuntungannya, makanan bisa sesuai porsi kita. Jadi kalau yang makannya banyak, dia tanpa malu malu ambil nasinya banyak dan kalau yang emang makannya dikit, dia ngambil sedikit. Jadi pas dan sesuai untuk ukuran mereka. Tapi, kelemahannya adalah yang datang terakhir biasanya akan kehabisan menu, jadinya ya cepet cepetan, siapa cepat dia dapat.

2. Type Kantin di Field

Nah untuk yang bekerja di pertambangan atau perminyakan, dimana wilayah kerjanya kadang di hutan atau di tempat tempat tertentu yang jauh dari peradaban. Makannya biasanya pula kantin, mirip dengan yang pertama. Bedanya, koki yang masak itu banyak dan dia terus memasak sampai dengan waktu nya makan selesai, bahkan lebih. Jadi ga akan khawatir kehabisan menu, soalnya menunya pun masih terus di masak dan di suguhkan terus.

Keuntungannya, wah banyak banget. Seperti yang pernah saya alami waktu di kondur petroleum, saya yang waktu itu hanya ikut untuk sementara senangnya minta ampun. Makanannya banyak, trus menunya bermacam macam, ada nasi goreng, ada roti, ada nasi putih dan lain sebagainya. Dan pilihan lauknya pun bermacam macam pula. Namun kelemahannya adalah bosen, soalnya mereka makan di sana tidak hanya siang, pagi dan malam pun makan disana. Namanya juga di lapangan, jadi biasanya mereka disana dua minggu, dan kemudian dua minggu lagi baru ke darat. Bisa kebayang kan, kalau selama dua minggu makanya itu terus dari pagi sampai sore. Apalagi kita tau jenis kokinya, dan biasanya masakannya pun tidak terlalu berbumbu alias ga nendang.

3. Type Katring

Perbandingan Type Makan di Perusahaan

Nah kalau yang makanan type katring, biasanya di kantor kantor. Jadi makanan sudah di pisah di kotak kotak tertentu untuk satu orang. Kelebihannya, tidak mungkin kekurangan menu, karena satu orang menerima satu dan tidak terpengaruh orang lain. Tapi kekurangannya, kalau nasinya sedikit, atau ada menu yang tidak kita sukai, kita tidak bisa apa apa? ya di terima aja segitu. So, kadang suka ada makanan yang sisa di tempat katring itu, sanyang aja dan mubazir aja melihatnya.

4. Type Beli Sendiri

Nah saya juga pernah mengalami kerja dimana makanya kita ya beli sendiri, kita tidak di sediakan dari perusahaan. Untungnya, kita bisa memilih makanan yan beragam di luaran. Kekurangannya, kadang cape juga kalau harus beli keluar, apalagi kalau pas hujan, ehm bikin males keluar aja. Dan yang paling menyiksa, kadang kita tidak mendapat jatah makan atau uang makan dari perusahaan, artinya kita harus memotong gaji kita untuk membeli makanan itu.

Ya semua itu ada kurang dan lebihnya si, dan semua itu pernah saya rasakan selama kerja di beberapa tempat belakangan ini. Semua punya rasa berbeda dan cerita berbeda, bagaimana dengan anda? kalau di kantor anda seperti apa type makanannya?

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, February 09, 2013