Bagaimana Memulai Tulisan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, March 7, 2013

Memulai tulisan memang sejatinya tidaklah mudah, tapi juga tidak sulit ko menurutku. Menulis itu mudah, yang sulit adalah menuangkan ide ide itu menjadi sebuah tulisan.

Bagaimana Memulai Tulisan
Menulis itu pada dasarnya adalah seperti ngobrol. Mulailah dari manapun dan biarkan ia mengalir. Ya seperti itu, biarkan dia mengalir. Jangan sekali kali berusaha untuk menjadi penulis berkelas dengan memperhatikan setiap detail kalimatnya, nanti ujung ujungnya malah ga keluar apa ide idenya. Yang ada cuma mikir doang.

Lihat lah penulis ulung, mereka tidak berusaha untuk menjadi penulis terkenal. Mereka justu menulis apa adanya, apa yang ada di benak mereka. Mereka tidak pernah memikirkan setiap detailnya dan dari situlah kita merasa tulisan itu bagus dan kita pun merasa nyaman ketika membacanya. Karena seolah olah ngobrol biasa.

Terus terang menjadi penulis itu tidak mudah, yang jelas kalau kamu mau jadi penulis, sering seringlah membaca. Karena dengan membaca, kamu akan tau bagaimana cara orang berceria. Bagaimana cara orang mengungkapkan ide ide mereka.
Setelah kamu membaca, lalu kamu cobalah untuk menulis sebuah cerita saja. apa aja, bebas. Dan ketika awal kamu menulis, pasti nantinya bingung harus memulai darimana.?
Dan itulah sebuah proses, dari kamu membaca kemudian berusaha menulis. Lalu konsistem menulis, nantinya kamu akan menjadi penulis yang hebat. Masalah gelar dan ketenaran itu mah cuma bonus, yang penting kita menikmati apa ytang kita tulis dan kita bisa enjoy.

Mulailah dari apapun yang ada di pikiran kamu, kalau kamu memikirkan gedung padahal kamu sedang ingin bercerita tentang tanaman. Kenapa ga kamu mulai dengan, 'gedung yang ada di pingiran jalan itu telah merusak tanaman, kenapa tidak? karena ia menghalangi sinar matahari yang merupakan sumber kehidupan bagi tanaman'. Simpel toh, dari gedung bisa aja nyambung ke tanaman. Yang penting kita menikmatinya, dan kita enjoy.

Asal pembacanya senang, itu sudah lebih cari cukup ko bagi penulis. Apalagi penulis amatiran seperti saya yang hanya bisa menulis cerita sehari hari mengenai kost, yang saya tuangkan di Cerita Anak Kost ini.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, March 07, 2013

{ 18 komentar... read them below or add one }

Anonymous said... Reply Comment

Kalau saya menulis untuk berdasarkan apa yang dicari dan juga aluran ceritnya seperti sebuah cerita.Dan tujuan tulisannya untuk dibaca serta membawa manfaat besar bagi datang dan membacanya tulisan saya tersebut.

Tmwlaughs said... Reply Comment

kalau saya menulis simpel saja sih, ide yang ada saya tulis. Sayangnya bila lagi banyak ide, saya malah bingung mau nulis apa

agusbg said... Reply Comment

ane simpen tipsnya ente ya sob, pasti akan ane gunakan, makasih banyak...

wongcrewchild said... Reply Comment

biasanya klo mrasa nyaman aja, jadi kadang kurang konsisten..coba langkah diatas, sangat mmbantu, trims

Unknown said... Reply Comment

Sip sobat. Pokoknya yang ada materi madura atau dollar saya tulis :)

Noe said... Reply Comment

penjelasan simple tapi mudah banget buat dimengerti. acung jempol deh, mantap sob!

Anonymous said... Reply Comment

wadu kalo ga ada inspirasi boro2 bisa nulis :p

cak oni said... Reply Comment

kalo saya kang menulis sesuatu sering terinspirasi dari ucapan teman kang

Anonymous said... Reply Comment

Memulai dari inpirasi yang didapatkan dari orang lain juga bisa menjadi awal kita untuk nulis di postingan Mas :)

Unknown said... Reply Comment

kalau saya pribadi, nulislah dari hati dan untuk hati, peduli apa & bagaimana hasilnya, yang terpenting udah berani nulis,
kalau saya sih, bukan penulis handal atau amatir, cuma orang yg iseng nulis aja :)

zachflazz said... Reply Comment

jadi intinya ekspresif saja ya Mas...
pokoknya tulis saja dulu, nanti pasti akan ketemu terusannya.

Dadi said... Reply Comment

wah, kok bisa kebetulan gini ya !! akhir-akhir ini saya sering suka baca novel, karena saya ingin mempelajari unsur-unsur sebuah novel. karena saya ingin mencoba menulis novel. makasih info nya gan !!

Fahri Samudra said... Reply Comment

Nah ini dia tips berharga buat agan2 yg mau bergabung di dunia blogger, bener banget dah, yg penting kalo mau menulis tuh "IKHLAS" aja deh, nggak usah mengharapkan yg enggak2 kayak terkenal or something like that, hahaha.... Sipo

Ferry Nurse said... Reply Comment

Memang biasanya menulis dari hal-hal terkecil dan juga hal-hal yang kita mengerti serta ada dalam rutinitas kita baik dalam pekerjaan atau pun dalam bermasyarakat..
lama juga tidak silaturahmi di sini sobat

cerita anak kost said... Reply Comment

@agung putra. banyak ide bukanya malah enak gan, jadinya tinggal nulis doang.?

cerita anak kost said... Reply Comment

@bayu. nah itu, tulislah tentang tidak ada inspirasi, beres kan?

cerita anak kost said... Reply Comment

@zac. setuju gan, tulis aja dulu. ntar juga ketemu tulisannya.

cerita anak kost said... Reply Comment

@ferry. iya gan, hal hal yang simpel aja dah. :D

Post a Comment