Beda Kost, Kontrakan, Asrama dan Pesantren

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Monday, March 4, 2013

Apa si Bedanya antara Kost-kostan, Kontrakan, Asrama dan Pesantren. Sepertinya tidak terlihat beda antara kost dan kontrakan, ataupun asrama dengan pesantren. Peresamaannya, sama sama tempat menginap tentunya, apalagi untuk orang yang sedang belajar baik di sekolah atau perguruan tinggi.

Saya terus terang pernah mengalami semuanya, walaupun kadang tidak secara langsung. Maksudnya, saya pernah tau dan hidup di kontrakan, walaupun saya tidak kontrak. Karena ada teman saya yang ngontrak, dan saya sering main kesana. Jadi saya tau sistemnya termasuk pula kehidupannya. Begitu pula dengan pesantren ataupun asarama, saya pernah tau lingkungan tersebut.

Beda Kost an dan Kontrakan

Kalau yang namanya kost, yang jelas itu adalah tempat menginap dimana kita membayar sejumlah uang sebagai sewa kamar. Hampir sama sebenarnya untuk kontrakan, yang membedakan adalah proses membayarnya. Kalau kontrakan, biasanya tu di bayar satu tahun sekalian, sedangkan kalau kost itu biasanya perbulan atau beberapa bulan baru di bayar. Walaupun, ada beberapa kost an yang meminta uang setahun penuh, seperti kost  yang kebanyakan di jogja.

Kedua, yang membedakan pula adalah fasilitasnya. Bagaimana ya ngungkapinnya? kalau kontrakan itu, biasanya satu rumah full atau satu ruangan tertentu. Kita yang mengelola, baik buruknya ya tergantung kita karena sudah di 'los atau sudah di pasrahkan kepada kita. Kalau kost, biasanya masih ada yang ngurusi  baik kebersihan atau apapun di dalamnya, termasuk pula kadang di tungguin ma yang punya rumah. Supaya kita ga macem macem kali ya, hehehe

Beda Asrama dan Pesantren

Beda Kost, Kontrak, Asrama dan Pesantren
Gambar dari google, hanya ilustrasi
Asarama dan pesantren ini hampir sama, seperti halnya kost an dan kontrakan. Asrama dan pesantren sama sama satu kawasan yang di huni oleh banyak orang, yang bisanya terdiri dari beberapa gedung yang isinya penuh dengan kamar kamar. Biasanya satu kamar di isi oleh satu orang dan seringnya lebih dari satu orang. Kemudian baik asrama atau pesantren, saya sama punya aturan diantaranya jam masuk atau keluar. Lalu peraturan peraturan lainya.

Beda Kost, Kontrak, Asrama dan Pesantren
Gambar dari google, hanya ilustrasi

Yang membedakan, kalau pesantren bisa di katakan aturannya lebih ketat dan didalamnya pun di isi dengan menimba ilmu, biasanya ilmu agama. Kalau asrama, tidak ada ilmu agamanya. Cuma hampir sama kompeks huniannya, jadi kita bisa berinteraksi dengan banyak orang. Itu ketuntungan dan kelebihannya daripada dengan kost ataupun kontrakan. Disamping itu, kalau pesantren, anda juga akan terjaga tingkah lakunya tidak seperti anak kost yang kadang ga tau aturan, hehehe.

Ya itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan kost kontrakan ataupun pesantren. Semuanya menyenangkan, seru dan penuh tantangan baru. Sebenarnya pengen bercerita banyak tentang pengalaman pengalaman diatas satu persatu kecuali yang kost, karena pengalaman di kost sudah banyak di blog cerita anak kost ini.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Monday, March 04, 2013