Cara Membuat Artikel Random

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, March 16, 2013

Membuat artikel random ditanyakan oleh salah satu teman blogger, sebenarnya si saya sendiri bukan ahlinya soal membuat tutorial blogger seperti ini. Namun karena teman yang minta, dan lagi sudah lama juga saya tidak membagi sedikit tips atau trik mengenai tutorial, jadi tak apalah kita berbagi sediki.
Walaupun sebenarnya banyak bertebaran di internet, namun lain koki lain pula masakannya. Jadi saya ingin membagikan sedikit script punya saya untuk membuat artikel random.

Cara Membuat Artikel Random
Pertama, apa si untungnya artikel random itu? itu yang perlu di pahami sebelum kita mengunakan scrip tersebut. Kalau bagi saya, keuntungan artikel random tu kita bisa meng-angkat kembali artikel artikel lama kita yang sudah dimakan usia misalnya. Jadi yang namanya pengunjung kan kita ga tau segmennya, kadang ia bisa dari kalangan blogger, dari akademisi, dari kaula muda yang sedang jatuh cinta bisa juga, ya dari manapun.

Dengan artikel random tersebut, mungkin yang baru pertama dateng lalu kebetulan menemui arikel yang menarik dari 'artikel random' yang kita buat, bisa jadi dia penasaran dan ingin melihatnya. Jadi, potensi ketambahan PV (page view) juga semakin bertambah. Walaupun ga ada jaminan dan kepastian, tapi tak apalah, namanya juga usaha jadi ga ada salahnya kita pasang scrip artikel random.

Cara Membuat Artikel Random
Caranya mudah, pertama :
1. Masuk ke blogger
2. Pilih layout
3. Pilih add gadget
4. Pilih HTML/Javascript
5. Masukan script di bawah ini, kemudian simpan
6. Lihat hasilnya

Untuk scripnya adalah sebagai berikut :

<script type="text/javascript">
var randarray = new Array();var l=0;var flag;
var numofpost=5;function randomposts(json){
var total = parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10);
for(i=0;i < numofpost;){flag=0;randarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in randarray){if(l==randarray[j]){ flag=1;}}
if(flag==0&&l!=0){randarray[i++]=l;}}document.write('<ul>');
for(n in randarray){ var p=randarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1];
for(k=0; k < entry.link.length; k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){var item = "<li>" + "<a href=" + entry.link[k].href + ">" + entry.title.$t + "</a> </li>";
document.write(item);}}
}document.write('</ul>');}
</script>
<script src="/feeds/posts/default?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts" type="text/javascript"></script>

Keterangan :
Untuk menambahkan atau mengganti jumlah artikel yang tampil, rubah di numofpost=5
(ganti angka sesuai yang kamu mau)

Pertanyaan sederhana, apa yang membedakan scrip ini dengan yang lainnya? ehm.. saya juga sudah lupa. Tapi yang jelas, seingat saya dulu saya memilih script script yang ringan untuk blog saya, termasuk pula script artikel random ini.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, March 16, 2013