Kenapa Kartu ATM ku Tidak Berfungsi

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, May 22, 2013

Kartu atm yang tidak berfungsi dengan baik bisa di karenakan beberapa hal. Yang jelas, bukan berarti rusak, mungkin hanya tidak bisa di gunakan di beberapa tempat. Seperti yang saya alami beberapa hari lalu, kartu ATM mandiri saya tidak bisa di gunakan di salah satu mesin dan bahkan tidak bisa di gesek untuk membeli sebuah ponsel. Hahahah, gaya, pake acara beli ponsel segala.

Sebenarnya si itu teman saya yang ingin beli ponsel, ya saya ngasihkan aja kartu ATM saya soalnya dia emang lagi ga punya duit. Tapi herannya, ko ga bisa di pake untuk gesek ya? digesek untuk debit di tokonya, berkali kali di coba juga tetap saja ga bisa. Terpaksa deh ambil di luar, dan parahnya lagi setelah di coba di mesin atm di luar ternyata tidak bisa di pake. Ia bilang kartu tidak di kenali, dan saya coba di atm lainya yang jaraknya agak jauh, ternyata bisa.

Kenapa Kartu ATM ku Tidak Berfungsi
Saya mulai berfikir jangan jangan kartu ATM saya tidak berfungsi sebaik dulu nie, tapi saya biarkan saja sampe akhirnya saya membeli sebuah sabuk di gerai eiger dan saya gunakan kartu itu lagi ternyata tidak bisa. Saya yakin, pasti ada masalah degan kartu saya.

Apa yang menyebabkan kartu atm tidak berfungsi? 

1. ATM Didekatkan dengan magnit

Kartu ATM tersebut, terutama bagian pita yang berwarna hitam, adalah bagian magnetik yang menyimpan data dari si pemilik kartu. Sama halnya dengan pita kaset, ia mengunakan sistem magnetik untuk menuliskan datanya. Yang akibatnya, kalau kita dekatkan dengan magnit, nantinya pola magnit yang terbentuk pada pita hitam tersebut bisa rusak.

Saya teringat juga, kalau saya baru baru ini membeli tas dengan penutupnya berupa magnit. Jangan jangan itu penyebab atm saya rusak. Mungkin iya juga, atau mungkin ada penyebab lainya. Soalnya, boleh di bilang saya jarang menaruh dompet, yang di dalamnya ada ATM, ke tas tersebut.

2. Di gabung dengan kartu ATM lainnya

Nah, singkat cerita, tanpa pikir panjang saya ke bank aja sekalian. Resiko juga kalau ATM rusak, tidak berfungsi pada saat kita butuh di tempat tertentu. Sebenarnya penggantian ATM ini adalah awal cerita saya di prospek asuransi axa mandiri yang sebelumnya saya ceritakan, tapi di sini saya akan membahas tentang atm, tidak lagi tentang asuransi.

Setelah saya tanya ke resipsionisnya, dia bilang emang kartu itu ada daya magnitnya. Ia melanjutkan, kartu ATM yang di dekatkan dengan ATM lainya bisa juga saling mempengaruhi. Salah satu kartu ATM yang kuat magnitnya, akan merusak yang lain. Iya juga saya pikir, soalnya saya punya kartu ATM BCA yang pada saat itu sering saya gabung degan mandiri. 

Kenapa Kartu ATM ku Tidak Berfungsi

Dan sebagai solusinya, sekarang saya pisahkan kedua kartu dengan kartu lainya yang tidak ada magnitnya. Dan saya pisahkan pula letak kedua ATM saya di dompet.

3. Kerusakan sistem di kartu ATM

Penyebab selanjutnya ATM tidak befungsi, bisa karena sistem. Sistem untuk acount kita memang sedang ada gangguan sehingga ATM kita tidak berfungsi, dan ini bisa di cek ke customer service di bank tertentu. Bilang aja saya ATM saya tidak berfungsi, nanti olehnya di cek kan di sistemnya.

Kalau tidak ada masalah dengan sistem, berarti kemungkinan atm tersebut rusak karena dua sebab sebelumnya yang telah saya jelaskan. Gampang aja, kalau memang sudah keliatan ngadat. Bikin aja kartu ATM baru, murah paling ga 15 ribu, tapi yang bikin males adalah ngantrinya itu loh. Padahal cuma mau ngurus ATM baru.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, May 22, 2013