Sedekah di Bulan Ramadhan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, July 3, 2014

Amalan sederhana di bulan ramadhan, kata orang bulan puasa adalah bulan istimewa, harus banyak beramal. Namun kata amal, identik dengan kerja keras atau sumbangan uang. Padahal tidak semua harus seperti itu. Ada ko amalan sederhana yang bisa kita lakulan selama puasa.

Berawal dari teman mengirimkan pesan di whatsapp, ada baiknya juga untuk membagikan. Kalaupun tidak bisa melaksanakan semuanya, paling ga ada dari salah satu pembaca yang mungkin mau mengamalkan. Maklum, sudah lama blog ini tidak diisi tulisan, kangen juga rasanya menulis dan membagi bagi sesuatu yang bisa bermanfaat. Dan inilah saatnya membagi sedekah di bulan Ramadan.



1. Taruh sandal jepit di masjid 


Belilah sandal jepit kemudian taruhlah di masjid. Coba bayangkan kalau setiap jamaah yang ingin berwuduh, dan ia mengenakan sandal yang kita beli. Tentu kita dapat pahala dari niat baik orang tersebut, bayangkan nantinya kalau banyak yang solat di masjid.

Terlebih lagi, kita tau sendiri kan kadang kalau solat jumat ada saja sandal yang hilang… hahaha, siapa yang ngambil ayo ngaku. Nah kalau sandal kita di pakai dan di gunakan setiap saat ke masjid, kita juga dapat asset dari pahala orang tersebut.

2. Bagikan air mineral di depan rumah 

Kalau rumah anda dekat dengan jalan raya, coba letakan sebuah meja dan di atasnya di isi sekedar air mineral. Beri tulisan di sebelahnya, silahkan ambil. Walau hanya segelas air putih, namun itu cukup membantu bagi orang yang dalam perjalanan yang pas ketemu waktu berbuka di jalanan.

3. Sisihkan sedikit pendapatanmu 

Kalau anda telah bekerja, cobalah sisihkan sedikit uang untuk digunakan membeli tajil, yang nantinya dibagikan kepada yatim atau sekedar orang yang berbuka. Menyambung point yang kedua, kita tau kalau memberi makan orang yang berbuka, pahalanya sama dengan puasanya orang tersebut tanpa mengurangi sedikitpun pahala darinya.

Artinya, kita dapet pahala dobel, pahala puasa kita sendiri dan pahala orang yang kita beri makanan saat berbuka. Kalau anda anak kost yang mencari tajil, ya mungkin wajar karena memang anda masih anak kost, masih perlu sumbangan. Tapi kalau anda sudah bekerja, sebaiknya saatnya sekarang memberikan sedikit rejeki untuk orang yang berbuka.

4. Membagikan kurma 

Kalau kita punya sedikit waktu, cobalah membagikan kurma kepada orang yang berbuka. Ajaklah anak kita untuk membagikan kurma di masjid. Katanya kan di sunahkan berbuka dengan yang manis. Manis di sini seperti kata ustad di pengajian semalem, berbuka dengan yang manis disini adalah yang tidak terkena api. Jadi ya kurma itu tadi, ia natural tanpa kena api atau di masak dahlulu.

Mungkin selama ini kita salah kaprah kali ya, mentang mentang yang manis, akhirnya banyak yang menjual kolak atau apapun dengan alasan yang penting manis, dan laku lagi. Ga salah juga si, tapi mungkin lebih baik kalau tajilan tersebut di bagikan gratis, lumayan ikut memberikan makan kepada kepada yang berbuka.

5. Letakan kotak penebus dosa

Kalau yang ini, sebenarnya tidak hanya pada bulan puasa saja. Namun mungkin karena momentnya pas bulan puasa, pas juga di jadikan jalan bertobat dan mengumpulkan sumbangan. Jadi sekenarionya seperti ini, setiap kita merasa melakukan sebuah dosa, kita sumbangkan sebagain rizki kita di kotak tersebut. Jika sudah genap sebulan, maka buka kotak tersebut dan kemudian sedekahkan.

6. Letakan mushaf Alquran di masjid 

Di bulan ramadahan ini, tentu banyak orang yang ngaji. Biasanya sebelum berbuka tau bahkan setelah tarawih, karena kita tau pahala tarwih bulan ramadhan itu banyak sekali. Belilah beberapa mushaf, dan kemudian letakan di masjid. Banyangkan setiap huruf dari Alquran tersebut yang dipakai untuk mengaji, kita akan mendapat bagian pahala.

7. Jangan tidur sebelum mendoakan orang lain 

Sebelum tidur, biasakan mendoakan orang yang telah berbuat buruk kepadamu. Maafkan ia, kemudian doakan ia. Rosuluwloh mengajarkan untuk banyak melupakan kebaikan kita, tapi mengingat ingat kesalahan kita. Rosul mengajarkan banyak mengingat kebaikan orang lain, namun melupakan kesalahannya.

Semoga dengan 7 amal sederhana di bulan puasa, kita dapat mendapat berkah di bulan puasa ini. Tentunya jangan lupa untuk Walaupun mungkin tidak semua amalan diatas bisa kita lakukan, paling tidak ada sedikit yang bisa kita lakukan dengan membaginya, atau mengajarkan sedekah di bulan ramadhan.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, July 03, 2014