Mengenal Google Pure Spam

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, July 6, 2014

Pure spam, adalah status yang diberikan google karena blog tersebut dianggap melangar beberapa kebijakan dari webmaster. salah satunya adalah auto generate content, membual, compas dari sumber lain atau melanggar pedoman kualitas dari google.

Baru baru ini cerita anak kost mengalami pengalaman berharga, setelah sebelumnya kena google sanbox, kali ini sedikit berbeda. memang agak aneh sebenarnya, karena blog ini tidak pernah nakal dan hanya berupaya menghasilkan tulisan yang terbaik dari pengalaman pribadi. namun setelah sekian lama vakum, ternyata dapat tantangan untuk menyelesaikan google pure spam pada blog ini.

Lalu darimana kita tau kalau blog kita kena peringatan spam? kalau kita rajin, kita si bisa aja liat sendiri di google, masukan blog kita di alamanya, dan tekan search. kalau masih ada, berarati aman. Blog cerita anak kost ini kena pure spam karena saya dapet emailnya langsung dari google.

google pure spam

Karena sudah lama tidak di sentuh, jadi sementara hipotesa saya karena ada beberapa link yang rusak. Biasanya si emang kadang suka bersih bersih link, tapi karena sudah lama ga di pake, jadi pernah di bersihkan lagi. dan dari situ mulailah satu persatu perbaikan.

1. Memperabaiki link yang rusak di webmaster 

Webmaster memang menyediakan tool untuk mengecek mana link yang rusak, biasya link tersebut yang sudah ada di google tapi ternyata begitu ditelusuri link atau alamat tersebut tidak lengkap.

Biasanya salah dalam penulisan linknya, atau memang link tersebut sudah mati dari artikel kita yang pernah kita hapus. Untuk link yang keliru, biasanya disebabkan karena pada saat tukar link, si penulis tidak lengkap menuliskan nya. Ada yang kelebihan spasi, www dobel, titik dobel atau sebagainya. Bisa kita cek ko semuanya, saya pernah share di cara menghapus link rusak di webmaster

2. Mencari dan menghapus link yang rusak di blog 

Menghapus link yang rusak bisa di cek di http://www.brokenlinkcheck.com Lalu di cari mana yang rusak, di artikel tersebutlah yang kita benahi. Kadang bisa juga dari sidebar yang kita pasang, biasanya sidebarnya memuat tukar tuker link. Dan kalau sidebar itu muncul pada setiap artikel, Ada satu saja dari link tersebut yang rusak, kita dinilai artikel tersebut linknya rusak. Jadi seolah olah semua artikel linknya rusak, padahal karena kita pasang tukar tuker link disana.

google pure spam


Kedua, sebagai upaya preventive, maka dengan segala hormat untuk teman teman yang pernah tukar link dengan saya, linknya sementara saya turunkan dahulu semuanya, sampai permasalahan ini selesai. 

3. Menyembuyikan komentar 

Langkah selanjutnya, untuk sementara link komentar akan saya sembunyikan. Karena disadari atau tidak, dari banyak nya komentar yang masuk, ada satu saja pengujung yang sudah menghapus blognya maka dihitung satu link rusak, karena saya nda tau yang mana, jadi supaya aman saya disable dulu untuk komentarnya. Jadi minta maaf untuk temen temen blogger, belum menyediakan ruang untuk komentar.

Disamping itu, saya juga perlu banyak adaptasi dengan kerjaan, tidak lagi sesenggang dulu. Jadi berasa tidak enak kalau tidak membalas komentar.

4. Minta pertimbangan ulang google 

Ini langkah terahir kalau semua permasalah sudah di benahi. Sebenarnya masih ada beberapa langkah lagi yang sedang saya Lakukan dan saya pelajari, nantinya kalau masalah pure spam dari google sudah terjawab, insyaaloh saya akan posting kembali dengan harapan tidak terjadi juga pada blog teman teman.

Doakan saja. Walau kadang suka jengkel sama google. Mentang mentang dia raja di internet, walau kita bener, kita di bilang salah, tetep aja kita salah. Padahal jagad internet ini bukan buatan google, sekarang saja ia sedang berada di atas. Semoga roda akan terus berputar. :)

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, July 06, 2014