Cara Sharing Internet dari Wifi Mac ke Gadget

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, August 3, 2014

Saya ingin sharing internet dari wifi mac ke gadget android, karena saya tau kalau kuota di kartu GSM kadang cepat habis, atau karena belum mengisi pulsa internet tapi mau beli belum ada toko yang buka. ada berbagai macam alasan memang untuk sharing wifi pc, dan salah satu alasan saya adalah untuk melengkapi tutorial yang peranah saya berikan di sharing wifi pc ke android. Bedanya kalau artikel sebelumnya itu lebih khusus untuk operating sistem windows, sekarang untuk operating sistem besutan apple, macintosh.

Cara Sharing Internet dari Wifi Mac ke Gadget

Untuk sharing wifi di mac ternyata lebih mudah daripada mengunakan windows, yang notabene harus mendownload software tambahan. Di mac, itu lebih simpel dan sudah ada dalam defaultnya mac, tinggal seting sebentar saja jadi.

Yang mau saya share internetnya, lagi lagi dari smartfren saya, lumayan lah cukup hanya beli paket internet smartfren, bisa konek Antara gadget dan computer ke internet. Ga perlu boros pulsa, lagian saya pake gadgetnya juga jarang jarang, males ah diperbudak ponsel.

Cara Sharing Internet dari Wifi Mac ke Gadget

Mengaktifkan sharing wifi mac

Ok, sekarang kita kelangkah langkahnya bagaimana membuat sharing internet wifi di mac.

1. Nyalakan sumber internet, kalau saya nyalakan si smartfren
2. Pilih di bagian wifi >> create conection. (lihat gambar pertama)
3. Beri nama koneksi anda, apapun.
4. Masuk ke System Preferences >> sharing (lihat gambar kedua)
5. Pilih bagian Internet share (lihat gambar kedua)
6. Test koneksi dengan android atau gadget lainya


Sudah, selesai dan ga pake susah. Tapi untuk pertama, mungkin anda agak bingung atau mungkin ga konek. Saya pun demikian, saya coba lagi dan ternyata bisa.

Troble shooting share wifi di mac

Untuk yang belum bisa konek, pastikan ketika memulai, anda harus mengkonek kan internya terlebih dahulu. Kemungkinan pertama gagalnya share, anda belum menyambungkan dengan internet lalu anda mulai ngeshare. Coba di ulang dari langkah pertama.

Yang kedua, pastikan yang di share adalah yang di perangkat sambungkan ke internet. Bingung? Gini loh, ketika anda mulai share di setelah melewati system preferences, anda akan memilih satu alat yang akan di share. Nah pastikan alat itu terpilih dengan benar, biasanya sudah otomatis kalau anda konesi ke internet dulu dari awal. Tapi kadang bisa tidak otomatis, jadi harus pilih manual.

Punya saya mengunakan smartfren, tapi di pilihan koneksi internetnya ternyata mengunakan GT-B5330 punyanya Samsung android. Memang agak aneh juga ni mac, ko ndeteksinya lain. Tapi karena internet yang di kenali mac itu, ya saya pilih itu sebagai sarana untuk di sharenya.

Yang enak kalau mengunakan mac, setiap kita nyalain internet, udah ga perlu seting wifinya lagi, sudah otomatis nyambung. jadi tinggal kita mengaktifkan wifi di perangkat gadgetnya. Cara ini saya gunakan di macbook jadul, 2.1 dengan gadget yang akan saya koneksikan samsung galaksi chat. Mudah mudahan bisa di pahami. Kalau ada kesulitan, bisa di diskusikan. Semoga semuanya lancar jaya dalam mempraktekan sharing wifi di mac nya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, August 03, 2014

{ 2 komentar... read them below or add one }

Arriyadh Prayugo said... Reply Comment

Duh sayang banget, gak punga mac kang

Unknown said... Reply Comment

Yuhuu info tekno :D

Post a Comment