Carikost

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, January 21, 2012

Carikost, siapa si yang ga pernah ngekos? ato ngontrak, nyewa rumah ato apapun namanya itu, yang jelas kita menetap di suatu tempat menjauh dari tempat asli kita. Susah? Tidak bagi orang yang sudah biasa, tapi bagi orang yang baru pertama bagaimana? Lalu apa aja si yang di perlukan? Bagaimana cara melakukannya dan apa tipsnya, ikuti Tips Trik mencari kost dari pengalaman saya.

carikost, mencari kost, cari kost kostan, tips cari kost, tips cari kontrakan
Pertaman adalah Dimana anda harus mencari? Tentu dengan mendatangi tempat yang di tuju. Misalnya saya akan bekerja di daerah gajah mada Jakarta, saya harus kesana dan mencarinya sendiri, ya paling tidak anda tau tempat dan situasinya seperti apa. Terus cara mencarinya seperti apa? Nah mencari kost memang tidak sepeti nyari barang online di FJB (Forum jual beli kaskus, red) maka sebaiknya agan harus dapat referensi dahulu. Klo emang untuk kerja, mintalah orang yang ada di tempat kerja untuk menunjukan dimana lokasi untuk kost kost an. Setelah dapat, langsung ngacir ke TKP.

Klo memang belon dapet, lakukan cara selanjutnya. Yaitu membeli informasi, loh memang ada? Ya ada, dengan kita makan di warung dekat TKP trus kita tannya, dia akan memberikaanya secara jelas dan sukarela karena kita sudah membeli makannya. Poin utama adalah mendapatkan referensi karena dengan referensi kita tau sedikit keadaan di lingkungannya. Beda kalau kita hannya tau tempatnya kemudian boking dan pada suatu ketika mungkin ternyata di sana ada preman ato ada orang nakal dan hal lain yang mungkin kita tidak sukai. Kemudian apa lagi yang harus di perhatikan? Berikut beberapa pedomannya.

1. Berapa besar budget

Ya salah satu factor utama dalam menentukan kost adalah berapa uang yang kita punya, klo agan punya uang berapapun tentu kost jenis apapun bisa di cari dan tempati. Namun tak semua orang punya hal seperti itu, untuk itu anda harus pandai pandai mencari. Letak Kost juga mempengaruhi biaya, semakin jauh dari keramaian maka akan semakin murah. Ya seperti membeli barang lah, kita juga perlu membanding bandingkannya. Belum tentu yang mahal cocok dengan kita, bisa jadi yang murah justru lebih cocok. Cari sebanyak banyaknya, kemudian minta no teleponnya. Setelah kita bandingkan semua, baru kita putuskan.

2. Fasilitas

Fasilitas juga mempengaruhi kenyamanan hunian yang akan kita tempati. Yang paling penting adalah Air, Kamar mandi, Tempat mencuci dan parkiran. Lihat airnya, jernih apa tidak, berbau apa tidak hal itu perlu dicek ketika mengunjugi tempat kost. Apakah air di batasi atau hannya keluar pada jam jam tertentu. Lalu Kamar mandi, apakah di dalam (setiap kamar ada kamar mandinya) ato kamar mandi umum, pertimbankan juga jumlah kost dan kamar mandi yang tersedia, apakah akan ngantri klo mandi dan WC juga perlu di perhatikan. Tempat mencuci juga perlu, apakah ada atau bisa laundry di sana. Untuk yang wanita, perlu juga di pertimbangkan keamaannya, jangan jangan nanti ada yang ngintip atau apa deh. Dan parkiran tentunya penting bagi anda yang bawa kendaraan, jangan lupa tannya siapa aja yang bawa kendaraan, soalnya mungkin kostnya terlihat lega pas anda kunjungi namun pas sore hari ketika semua orang pulang jangan jangan anda malah ga kebagian tempat parkir.

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah tempat tidur dan meja (bawaan ato kosongan), ini akan menentukan ketika anda pindah, klo anda orang jauh usahakan cari yang bawaan karena anda tidak perlu membelinya lagi. Dan lagi akan repot klo anda pindahan (setelah selesai kost di sana) harus membawa tempat tidur.

3. Lingkungan

Factor yang penting dari lingkungan adalah letak tempat makan dan fasilitas lain, seperti rumah ibadah, warung dan tempat laundry (klo anda butuh). Ya sesuaikan dengan anda, bagaimana klo anda malam malam lapar terus nyari warung aja susah, kan ga enak pergi tidur sambil menahan lapar. Trus letak rumah ibadah juga penting, kenapa? Paling tidak anda di ingatkan. Klo anda seorang muslim, usahakan cari yang dekat masjid. Disamping lingkungannya lebih baik, kita juga terhindar dari perbuatan perbuatan yang tidak terpuji yang mungkin terjadi di kost yang baru nanti. Mungkin kitanya baik, namun karena salah memilih tempat dimana banyak orang yang tidak baik, bukan hal yang mungkin kita bisa terjerumus kearah sana.

4. Sosial

Lingkungan juga penting, yang jelas sesuaikan dengan diri anda. Mungkin anda seorang yang menyendiri mungkin juga suka berinteraksi ya sesuaikan saja. Namun yang tidak lepas dari diri kita adalah jiwa sosial, kita ini mahluk sosial yang juga butuh orang lain. Paling tidak tetangga kost kita bukan orang yang usil sukur sukur kalo ramah. Apa tujuannya? Misalnya malam hari anda butuh korek ato gunting misalnya, masa harus keluar untuk membeli, ya kalo masih buka tokonya, Klo ud tutup? Memang kita tidak langsung tau seperti apa orang-orang di sekitar kita pada waktu kita melihat kost untuk pertama kali. Setelah sebulan kita akan banyak tau. Jadilah orang yang ramah dan orang akan ramah kepada anda. Karena anda orang baru di sana, jangan malu-malu untuk memperkenalkan diri anda, karena anda masih sebagai tamu.

carikost, mencari kost, cari kost kostan, tips cari kost, tips cari kontrakan

Lalu ikuti lingkungannya, kadang ada peraturan tidak tertulis yang memang di lakukan penghuni kost. itulah pentingnya etika dalam kost. Misalnya klo anda melihat ada sandal di bawah teras, berarti anda tidak boleh memakai sandal di teras. Dan lain sebagainya, untuk itu ada perlu tau apa aja yang berlaku, dengan cara berkenalan. Kenalan lah paling tidak dengan teman yang ada di sebelahnya, dia akan mengenalkan anda pada yang lain.

5. Fakta tersembunyi

Ati ati juga dengan fakta tersembunyi, misalnya dlu ada yang pernah kemalingan di situ. Nah bukannya kapok tu maling bisa aja kejadian lagi, kya yang penah di alami teman ku. Makanya kita perlu tau dan waspada. terutama akan kemanan anak kost

6. Peratuaran orang pertama

Untuk yang baru pertama ngekost, saya sarankan untuk tidak mengambil yang jangaka panjang, maksudnya sekaligus untuk satu tahun ato 6 bulan. Kenapa alasannya, ya seperti saya utarakan di atas, factor factor itulah yang menentukan kenyamanan suatu kost. Ada factor yang emang kita tahu pas kita mau ngekost dan ada juga factor yang baru kita tau setalah kita kost. Jadi amanya ambil yang 1-2 bulan dulu, siapa tau pas sambil jalan kita nemu tempat kost yang lebih nyaman ato bias jadi ada teman yang nunjukin kita kost yang bagus. Silahkan di pertimbangkan, semoga bias menambah wawasan anda ketika mencari kost nanti

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, January 21, 2012