Menghargai Pengunjung blog

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Saturday, May 26, 2012

Menghargai Pengunjung blog itu penting, walaupun banyak cara menaikan visitor atau Pengunjung blog. Saya akan mebagian cara bagaimana mempertahankan pengunjung blog dengan memberikan kenyamanan, pengunjung blog perlu di hargai agar datang kembali, karena kalau dalam kehidupan sehari hari ada istilah 'pembeli adalah raja' maka dalam sebuah blog istilahnya akan berubah. Pengunjung adalah raja, karena sebuah blog tak ubahnya sebuah toko, toko yang menyediakan entah itu informasi atau barang dagangan. Siapa lagi targetnya kalau bukan pengunjung?

Makanya tidak terlalu berlebihan kalau saya katakan bahwa pengunjung adalah raja. Sebagai seorang raja maka mereka pun harus diberi service yang memuaskan. Sayangnya kita tidak bia memberikan senyuman, ramah tamah dan pelayanan bak dunia nyata. Tapi kita masih bisa membarikan pelayanan khas dunia maya, yaitu dengan memanjakan pengunjung blog.

Pengunjung blog, menghargai pengunjung blog, memanjakan pengunjung blog

1. Mobile Version untuk blog

Dewasa ini merupakan era informasi, dimana setiap orang akan selalu mencari dan membutuhkan informasi dengan alat apapun itu, termasuk salah satu satunya mengunakan HP. HP sekarang telah di lengkapi kemampuan untuk browsing internet, dengan demikian akan memudahkan penguna untuk mencari informasi di dunia maya. Namun penguna HP memiliki keterbatasan dalam mengakses internet, dimana biaya yang dikeluarkan sebanding dengan biaya aksesnya atau yang kita kenal dengan 'volume base'.

Kebayang kan kalau kita belum menyediakan blog kita untuk versi mobile, pengunjung akan memakan banyak pulsa hanya untuk mengujungi hompage blog kita. Belum sampai membaca kontent yang ada di blog kita, mungkin pengujungnya sudah mengurungkan niatnya. Maka kita pelu memanjakan pengunjung blog dengan membuat mobile version untuk blog kita. Caranya:

Pengunjung blog, cara seting blog mobile, menseting versi hp untuk blog, mobile blog


a. Masuk ke Blogger,
b. Pilih Template
c. Pilih Mobile, lalu silahkan di seting di sana.

2. Tidak Mengunakan Captra

Tujuan pengunaan capta adalah menghindari masuknya spam ke blog kita, ga salah kalau sebagian blogger mengaktifkan fasilitas ini. Dilain pihak pengunaan captra akan menyulitkan seseorang yang akan berkomentar di blog agan. Apalagi kalau orang yang berkomentar telah menuliskan banyak hal didalam kotak komentar kemudian ketika akan memasukan captra ternyata terjadi sedikit kesalahan yang akhirnya semua komentar yang telah di tulisnya hilang. Pernah merasakan ini? saya berulang kali, entah mengapa dan tak tau bagaimana hal ini terjadi, tapi ini sunguh menyebalkan.

Satu alasan lagi terutama bagi penguna yang datang mengunakan ponsel. Keberadaan captra akan amat sangat menggangu, karena tampilannya tidak seperti di dalam komputer dimana captranya tertera di atas kemudian kita tingal mengisi kotak di bawahnya. Didalam ponsel (paling tidak smartphone N70 miliku) ketika ingin menuliskan captra tersebut maka kode tersebut akan hilang, berganti layar untuk mengetik. Maka kita harus menghapal bahasa alien (captra) tersebut, la wong menuliskan di komputer aja kita sering salah apalagi suruh menghapal?! kalaupun kita tepat menuliskan captra tersebut, pulsa didalam ponsel akan tersedot lagi hanya untuk verifikasi, kemudian pulsa akan terserap lagi untuk menampilkan. Jadi butuh berkali kali pulsa hanya untuk mengomentari blog agan. Ga percaya? coba sendiri saja dari HP agan dan rasakan siksaanya.

Bagi teman teman yang ingin mengunakan captra, gunakan saja hanya kalau membuka fasilitas Name/Url pada komentar, karena biasanya si spamer mengunakan ID tersebut. Tapi kalau agan tidak mengaktifkan Name/Url (hanya profile bloger) namun masih mengunakan captra, wah sepertinya kebangetan dah. Memang perlu proteksi, namun jangan terlalu kelewat proteksi di dalam blog, bikin orang males. Contoh lagi, ud make captra, trus masuk modernisasi lagi, wah itu kan terlalu berlebihan. Pake sistem keamanan satu saja, jangan terlalu banyak, orang juga jadi males berkomentar akhirnya. 
Saya berahap juga untuk para spamer yang sering Nyampah di blog orang, sadarlah, usaha anda tidak akan berkah dengan meningalkan kesan buruk kepada blogger lain. Yang ada, anda malah di benci dan produk jadi tidak laku, bukan kah lebih baik menjadin hubungan baik dengan blogger lain, sehingga produk anda pun akhirnya akan di kenal dan mungkin bisa di reverensikan oleh pemilik blog.

3. ID Saat Berkomentar

Masih membahas mobile version, dalam berkomentar usahakan gunakan isian URL yang mengarah langsung ke blog agan atau gunakan provile blogger. Kalau anda mengunakan url aneh aneh seperti 'google plus' atau twitter si pengunjung blog tidak bisa mentrace blog agan sekedar ingin membalas komentar. Yang mungkin saja si blogger sedang sakit kemudian ia hanya bisa memantau blognya dengan ponsel. Kalau agan mengunakan google plus maka url blog tidak akan tampak di layar HP, akibatnya anda kehilangan satu pengunjung yang ingin berkomentar.

Ingat, pengunjung yang mengunakan HP adalah pengujung yang loyal. Dia tidak memiliki kecepatan seperti ketika ia mengunakan komputer, sehingga ia akan membaca tulisan agan dari awal sampai akhir. Ketika mengunakan komputer anda bisa saja tidak membaca keseluruhan isi dari blog, tapi pengujung HP tidak bisa demikian. Ia tidak bisa beralih dari satu tempat ke tempat yang lain karena pulsa yang digunakan pun akan semakin banyak. Jadi manjakan pengunjung HP.

Profile google plus memang lagi marak saat ini, apalagi dengan kemampuannya yang bisa menggantikan profile blogger sehingga makin di minati. Saya pun pernah mencobanya, satu sisi baik memang untuk menambah rekanan blog kita, akan semakin banyak yang menjadi teman. Namun disisi lain loadingnya cukup lama, di samping itu kita binggung karena terkadang blog yang di tampilkan begitu banyak sehingga kita tidak tau mana yang blog utama. Mungkin itu suatu pilihan, namun bagi kawan kawan yang ingin mengembalikan porfile google plus ke blogger, bisa dengan cara di bawah ini:

Pengunjung blog, merubah profile bloger, merubah dari google plus ke blogger, mengembalikan ke bloger profile

a. Masuk ke Blogger,
b. Pilih Blogger Option (gambar roda gigi)
c. Pilih Revert to blogger profil

Saya rasa lebih enak mengunakan profile blogger karena lebih ringgan, disamping orang tidak tau siapa nama kita sebenarnya. Takutnya ada secret admirer ntar malah di berabe lagi, heheh.

4. Performa Blog

Performa blog juga penting dalam memanjakan pengunjung. Bayangkan kalau pengunjung sedang mencari informasi di google yang kemudian diarahkan ke blog agan, lalu ketika ia meng-ngekliknya kemudian terbukalah halaman blog agan. Ia menunggunya namun tidak kunjung terbuka, mungkin bisa jadi ia membatalkan niatnya. Kita hidup di era cepat yang setiap orang ingin bekerja cepat, maka kita harus memberikan pelayanan cepat juga kepada pengunujung.

Mari kita sama sama memperbaiki kecepatan blog dengan mengunakan widget yang hanya benar benar perlu, mengunakan gambar hanya yang berukuran maksimum 100 kb sampai mengkonversi ukuran gambar. Saya bukan master dalam performa blog, paling tidak hal tersebut yang saya tau. Lain waktu mungkin saya akan posting mengenai kecepatan loading blog.

5. Iklan yang Menggangu

Iklan memang perlu sebagai tabungan, namun hendaknya jangan terlalu memaksakan kepada pengunjung apalagi sampai menggangunya. Iklan yang di klik sebanding dengan jumlah pengunjung yang meningkat, jadi jangan memaksakan dengan iklan yang terlalu banyak, perlu juga anda membaca panduan memilih iklan di blog. Jadi kalau kita mau banyak pemasukan lewat iklan, ya naikan dulu traficknya. Sekali lagi saya bukan ahlinya, la wong saya PO aja belum pernah, dan GA juga masih belum di trima juga. Namun mungkin teman teman ada yang mau berbagi cara memaksimalkan uang dari blog?

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Saturday, May 26, 2012