Panduan Memilih Iklan untuk Blogger

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, July 11, 2012

Bagaimana memasang iklan yang tepat bagi blogger itu perlu karena kalau di bilang blog mencirikan seseorang, maka iklan yang menempel pun mencirikan suatu blog. Hal tersebut baru di nilai dari satu sisi, belum dari sisi lain termasuk pula penghasilan tambahan untuk si pemilik blognya, oleh karena itu perlu untuk memilih iklan yang tepat di blog.

Advertiser di indonesia memang banyak, sebenarnya pun kita bisa memilih yang kita suka dan kita mau, ga ada aturan baku tentang hal tesebut. Artikel panduan memilih advertiser untuk blogger ini saya buat sebagai sebuah aturan normatif, sebuah etika yang cerita anak kost kira perlu di pertimbangkan untuk para blogger dalam memilih iklan yang di pasang di blognya. Tujuannya beragam, mulai dari penghasilan yang besar sampai ke tampilan yang menarik untuk blognya sendiri. Apa saja panduan memilih iklan untuk blogger, simak ulasan dari cerita anak kost.

panduan memilih iklan untuk blogger, tips memilih iklan, memilih iklan, iklan yang cocok, iklan dengan bayaran tinggi

1. Pilih Iklan dengan Harga Tertinggi

Siapa si yang ga mau duit banyak? dengan memasang iklan dengan harga klik tertinggi, kita dapat selangkah lebih maju. Dengan iklan teresebut, kita akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi tentunya. Ibaratnya kita di beri waktu 30 menit untuk pergi, kalau kita mengunakan mobil akan lebih jauh daripada dengan mengunakan motor. Dengan waktu yang sama dan traffic pengunjung yang sama, kita akan mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Kalau sudah begini siapa yang tidak mau.

Iklan dengan nilai tertinggi setahu saya di miliki oleh google adsense dan premium advertiser yang nilai kliknya bisa di atas seribu. Walaupun google adsense memiliki range klik beragam, namun katakanlah ia nilainya lebih tinggi di banding dengan advertiser lokal sekelas kliksaya, kumpulblogger, adsensecamp, sitti atau ppcindo. Saya belum bisa berbicara banyak mengenai google adsense karena saya sendiri masih belum punya pengalaman di dalamnya, namun itu yang saya tahu.


Setau saya iklan sekelas kliksaya dan yang saya sebutkan sebelumnya, itu memiliki harga perklik sekitar 300-400 rupiah, dibanding adsense maka nilainya sedikit lebih rendah. Namun keuntungan memasang iklan text seperti yang dimiliki mereka, itu lebih besar CTR di banding dengan premiun advertiser. Disamping itu, iklan mereka lebih sering muncul.

2. Nilai Kemananan Tinggi

Nilai keamanan tinggi maksudnya bagaimana? seperti ini, saya jelaskan di atas bahwa google adsense memiliki nilai klik yang tinggi, bahkan tidak hanya niai klik yang tinggi namun CTR. Maksudnya CTR atau click through rate di sini adalah jumlah iklan yang tampil dengan iklan yang di klik itu perbandingannya besar, jadi akan semakin sering kemungkinan orang untuk mengeklik. Karena semakin sering orang ngeklik, maka penghasilan kita pun akan semakin banyak. Hal tersebut karena google memiliki tingkat relevansi iklan dengan apa yang kita tulis dan yang pengunjung cari dari internet.

Misalnya, ada pengunjunga internet sedang mencari puisi cinta dan mbah google ternyata merujuknya ke blog agan yang juga sedang memasang adsense. Iklan adsense yang muncul pun akan menyesuaikan dengan kata kunci tersebut, misalnya puisi indah, puisi persahabatan, cerita puisi atau buku puisi dan lain sebagainya yang relevan dengan yang mereka cari. Dengan demikian orang akan semakin penasaran dengan link tersebut dan akhirnya ngeklik punya sodara yang di sangka link lanjutan.

Namun hal yang mengiurkan dari googel adsense tersebut bukan tanpa resiko. Google punya aturan main dan keamanan yang terbilang ribet, tak jarang orang yang memansang iklan dari googel adsense di banned tanpa alesan yang jelas. Beberapa ada yang telah mencapai nilai 500 dolar lebih tiba tiba di banned, bayangkan berarti duit hampir 5 juta hilang entah kemana. Hal tersebut yang saya istilahkan dengan keamaan tinggi, entah keamanan terlalu tinggi atau apapun itu, google tak jarang banyak mengecewakan publishernya.

Memang saat ini google adsense masih menjadi primadonga di samping juga menjadi momok, bagaimana tidak mendaftarnya saja susah nya minta ampun kalau tiba tiba di banned kan berasa banget sakitnya. Saya sendiri memang belum punya pengalaman banyak mengenai adsense, namun saya cukup punya pengalaman dari berita yang saya kumpulkan ketika mencari celah untuk mendaftar google adsense. Hal inilah yang saya bagikan kepada anda, semoga anda bisa menambahakan pengalaman atau kalau perlu mengoreksi tulisan saya ini.  

3. Premium Advertiser

Premium advertiser bisa menjadi alternative adsense kenapa? karena niai kliknya yang tinggi. Seperti yang saya utarakan tadi, nilai klik premimum advertiser bisa di atas seribu untuk satu kali klik. Dan iklan yang di tampilkan dalam premium advertiser ini biasanya pun bukan iklan ecek-ecek, namun sudah memiliki nama peroduk atau istilahnya branded.

panduan memilih iklan untuk blogger, premium advertiser, admax, adplus, innity, ibn

Beberapa premium advertiser adalah adstar, admaxnetwork, innity, idblognetwork dan satu lagi yang baru adalah adplus. Semua advertiser di atas memiliki kesempatan yang luas untuk orang indonesia dafatar. Selain memiliki harga klik yang tinggi, premium advertiser ini juga memiliki program yang tidak hanya klik saja, ada beberapa yang berupa CPM (di bayar per 1000 kali tampil), CPA (per Action atau Acquisition), CPE (Engagement, pergerakan krusor) dan lain sebagainya, jadi tanpa mengandalkan klik kita pun bisa mendapatkan duit.

Begitu menyenangkan memang premium advertiser, namun tidak sertamerta kita bia mendapatkan iklan dari permium advertiser, karena mereka pun punya syarat yang tidak mudah untuk blogger. Dari beberapa yang disebutkan, saya sendiri baru mengikuti dua karena tidak mudahnya kriteria yang harus di penuhi. Disamping itu kelemahanya adalah tidak semua iklan tampil setiap hari, mereka punya waktu tertentu untuk menampilkan iklan. Sisi baiknya, beberapa premium advertiser memiliki sistem alternate (atau backup) untuk iklan yang lain, sehingga saat iklan mereka tidak muncul, maka iklan yang lain mengantikannya.

4. Bisa di Kendalikan

Maksudnya dapat di kendalikan adalah anda dapat memilih iklan yang di kehendaki. Seperti ini logikanya, blog anda menampilkan kontent atau posting mengenai agama, cerita atau sekedar motivasi sehari hari, lalu tiba tiba iklan anda menampilkan bagaimana memperbesar penis atau yang berbau esek esek lainya. Bagaimana anda menilainya? Jadi rancu kan! satu sisi anda ngomong tentang kebaikan di sisi lain anda menampilkan keburukan, orang jadi pikar pikir untuk menyerap ilmu dari postingan anda. Atau anda sedang posing tentang remaja tau tau ada iklan mengenai perjudian dan sebagainya, kan justru malah kontras.

Ngeblog antara pahala dan dosa, anda bisa memilih sendiri mau di sini mana? atau anda hanya menginginkan uang nya saja ya itu juga monggo. Paling tidak harus sesuai apa yang di tampilkan dengan isi dari tulisan, agar pengujung pun nyaman, bukan kah kita perlu menghargai pengunjung blog. Dengan anda bisa mengendalikan iklan, anda bisa memilik iklan mana yang bisa di tampilkan dan mana yang di filter. Jadi tidak semua iklan tampil, yang saya tau memiliki kemampuan seperti ini dari ppc lokal adalah ppcindo, kliksaya. Saya kurang tau yang lain.

5. Terpercaya

Maksudnya terpercaya di sini adalah si advertiser itu nyata nyata membayar anda, jangan sampai anda sudah bersusah payah menampilkan iklan mereka, mengumpulkan receh demi receh tiba tiba mereka tidak membayar. Anda bisa membayang kan hal tersebut, so sebelum memilih iklan, anda harus memilih dahulu mana advertise yang benar benar membayar, bukan scam.

Termasuk terpercaya di sini adalah harga kliknya nyata, tidak fiktif. Sebagai pemberitahuan, ada bebarapa advertise luar negri yang memang tidak memiliki harga klik. Bukan tidak ada nilainya ketika di klik, namun baru bernilai manakala orang amerika yang mengeklik. Sebut merek saja bitdvertiser, saya pernah mencoba memasang dan kemudian adik saya di semarang saya suruh menggeklik, lalu saya lihat apakah ada hasilnya atau tidak. Bukanya berbuat curang, namun saya hanya ingin memastikan apakah benar atau tidak. Dan setelah saya nunggu berhari hari, ternyata tidak ada nilai yang keluar dari advertiser tersebut. So bagi anda yang memasang iklan dari luar negri, sebaiknya cek terlebih dahulu, jangan mengandalkan klik dari amerika kalau anda mengunakan bahasa lokal.

6. Tidak Menggangu Pengunjung

Ini salah satu point penting, ibarat kata ketika awal kita bertamu ko sudah di minta macam macam, esok hari kita tidak mau berkunjung kembali kerumah tersebut. Sama juga dengan blog, kita perlu menghargai pengunjung blog, tentunya dengan tampilan iklan yang tidak menggangu. Dengan demikian mereka akan merasa nyaman dalam membaca dan memahami artikel kita, kalau pun mereka tidak mengeklik sponsor kita, paling tidak kita dapat pahala.

Coba bayangkan kalau kita masuk ke sebuah blog, belum membaca artikelnya tiba tiba sudah ada iklan yang berseliweran kesana kemari, gimana perasaan kita? sebel bukan. Kalau ada iklan yang kesana kemari terkesan memaksa kita untuk mengeklik. Memang si dengan cara ini paling manjur, soalnya pengunjungnya juga ga tau diri si ga mau mennyengol sponsor kita, padalah itu sebagai balas jasa atas apa yang kita tulisan ya (heheh, sekedar sedikit pembelaan). Tapi itu kembali kepada anda, semua itu pilihan anda.

Sebagai tambahan, kecepatan blog juga merupakan kenyamanan bagi pengunjung blog. Jadi kalau anda memasang iklan terlalu banyak, maka akan memperlambat blog anda. Kemudian, pilih iklan yang memiliki loading cukup ringgan, sebagai pemberitahuan bahwa iklan IBN ternyata cukup berat dan membutuhkan waktu lama untuk load. Kalau anda menaruh iklan IBN ini di awal posting, bisa bisa blog anda terkesan lama karena postingnya tidak kunjung terbuka menunggu load dari IBN, jadi pertimbangkan untuk menaruhnya di tempat tertentu.

Akhir kata, enam point mengenai panduan memilih iklan sudah saya paparkan. Mungkin ada sebagian yang memang setuju dan sebagian lainya mungkin setengah setengah dalam menerimanya. Paling tidak, hal tersebut yang saya rasa penting untuk saya ungkapkan dan perlu menjadi pertimbangan anda.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, July 11, 2012