Menampilkan Foto di Search Google

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, August 1, 2012

Memajang foto profile di pencarian google yang kita search, akan saya share kali ini. Sebelumnya penasaran juga, ko bisa ada orang fotonya muncul di sebelah artikel sewaktu kita lagi mencari kata kunci tertentu di google, selidik punya selidik ternyata itu harus di setting, tidak langsung muncul degan sendirinya.

Sebenarnya foto profil yang muncul di google adalah foto dari google plus yang telah di integrasi dengan blognya. Namun saya tidak akan membahasnya di sini, karena kalau saya mengunakan profil google plus akan sanggat berat ketika membukanya. Kasihan pengujung yang mau komentar balik, berarti saya tidak menghargai pegunjung blog kalau menyusahkan mereka. Yang saya share adalah hal sederhana, menampilkan foto di goolge tanpa diintegrasi dengan google plus.

Menampilkan foto di google

Cuma syarat utama memang harus punya google plus terlebih dahulu, karena kita butuh profilnya. Namun tidak pelu di integrasi dengan blog, seperti yang saya bilang, profil ini cukup berat. Setelah punya, kita ambil kode profilnya, yaitu angka setelah profilnya. Seperti ini contohnya :
https://plus.google.com/115827140800080529437
Caranya mudah, tinggal ke profil google saja, kemudian lihat profil. Nah deretan angka itu lah kode profil kalian. Setelah dapat, kemudian masukan kode profil anda ke dalam kode sperti ini :
<a href="https://plus.google.com/111528778110000907483" rel="author" >Nama Pemilik</a>
Warna merah, ganti dengan angka kode profil sodara
Warna Biru, ganti dengan nama sodara (sesuai profil, kalo bisa)
Kalau mau tidak terlihat, bisa di tambahkan style="color: white;" setelah rel="author"

Setelah itu, simpan kode di atas dalam widget (HTML). Tau caranya kan,
1. Buka blogger
2. Masuk ke Layout
3. Lalu Add a Gadget
4. Pilih HTML/ JavaScript
5. Masukan kode sesuai printah di atas.
6. Simpan deh.

Langkah selanjutnya, anda masuk ke google plus kemudian untuk profile kontribusi, anda harus memasukan blog anda didalam nya kalau tidak, google tidak mengangap itu sebagai blog anda. Jadi anda pun harus setting di profil google plus, caranya edit profile >> kontributor untuk, nah anda masukan nama dan url blog anda di sana.

Menampilkan foto di google
Sederhana bukan? Namun foto profil yang sudah anda setting tidak langsung bisa di tampilkan di google, butuh waktu untuk meng-crawl (seperti itu lah istilahnya, saya lupa). Namun anda bisa ngeceknya di (http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets?url=), lalu masukan url blog sodara. Semoga bisa membantu bagi mereka yang mau mejeng mukanya di google dengan foto narsisnya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Wednesday, August 01, 2012