Karikatur Nabi di Majalah Prancis

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, September 20, 2012

Belum selesai kontroversi filem nabi, kini ada Karikatur Nabi Muhammad di Majalah Prancis yang semakin menambah ruet kontroversi. Karikatur tersebut di terbitkan oleh majalah Charlie Hebdo, yang sebenarnya bukan pertama kali ia menerbitkan hal serupa, tahun 2011 pun pernah membuat kontroversi. Hal ini seperti memberi bensin di kobaran api, belum tuntas kontroversi innocence of muslims yang menimbulkan gejolak dunia, kini perancis seolah olah memperkeruh suasana.

Entah apa motivasi di balik publikasi karikatur nabi di majalah charlie hebdo prancis, padahal negara ini pun masih bermasalah dengan penerbitan foto kate middelton oleh majalah Closer perancis yang membuat geram pihak kerajaan. Kebebasan berpendapat memang menjadi prinsip dasar Perancis, ujar Perdana Menteri Perancis Jean-Marc Ayrault. Meski begitu, dia mengingatkan ada semangat tanggung jawab yang diemban masing-masing pihak.

Karikatur tersebut kabarnya menampilkan sosok Nabi Muhammad Saw. yang ditampilkan dalam keadaan tak berbusana dan berkursi roda, memang tidak secara jelas disebutkan nama nabi. Menurut Laurent Leger (jurnalis Charlie Hebdo), semua orang bebas menginterpetasikan kartun tersebut, itu bersifat terbuka dan bebas tidak menyebutkan khusus satu orang. Stephane Charbonnier, direktur majalah tersebut menambahkan "Yang menjadi berita di minggu ini adalah Muhammad dan film itu. Jadi kami menggambar kartun mengenai subjek tersebut," kemudian ia melanjutkan "Ini seperti meledek penggambaran yang ada di film itu ketimbang melecehkan Muhammad"

Karikatur Nabi di Majalah Prancis


Ini merupakan profokasi baru, ujar Presiden Dewan Kepercayaan Muslim, Mohammed Maousoui. Dan menurut CNN, perancis akan menutup 20 kedutaan di beberapa negara. Serta seluruh pengamanan terhadap kedutaan pun telah di tambahkan termasuk menjaga kantor Charlie Hebdo.

Di sisi sebaliknya, Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menyatakan hal yang berbeda, "Memang harus ada kebebasan berpendapat, tapi saya menentang semua bentuk provokasi," seperti itu yang saya kutip dari viva (http://dunia.news.viva.co.id/news/read/352785-kartun-nabi-muhammad-di-majalah-gemparkan-perancis). Entah apa motivasi negara tersebut menjelekkan pempimpin tertinggi umat islam, saya pikir Nabi di benci karena sosoknya yang sangat baik atau memang pemahan orang tersebut keliru. Akhirnya, umat islam bertambah ujiannya dengan adanya kejadian ini, semoga saja kita masih bisa berpikir logis dengan tidak ikut tersulut. Kata pepatah bilang,
Jangan terlalu membenci seseorang, bisa jadi ia menjadi orang yang paling di cintai. 

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, September 20, 2012