Agar Blog Anda Ramai Komentar

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, October 5, 2012

Siapa si yang pengen agar blognya ramai komentar? pasti semua ingin agar blognya ramai komentar. Dengan ramainya komentar di blog akan serasa blog tersebut hidup, ramai atau paling tidak kita bisa mengetahui tanggapan orang atas posting artikel yang kita buat. Namun, bagaimana caranya agar blog ramai komentar?

Mudah sebenarnya untuk mendapatkan kometar di blog, dan untuk membuatnya lebih ramai pun tidak sulit, hanya di butuhkan sedikit usaha dan kemauan. Berikut sedikit tips agar blog ramai komentar.

1. Komentar Di Blog Perlu Usaha

Kadang kita melihat ada blog ramai sekali komentar dan entah mengapa kita iri atau sekedar pengen seperti dia. Tapi yang kadang orang tidak sadar, bahwa komentar itu tidak datang dengan sendirinya, komentar itu harus di pancing. Blog yang sudah ramai komentar pun dahulunya ia melakukan usaha sebelum komentar banyak datang ke blognya dia.
Komentar yang datang di blog kita adalah hasil usaha kerja keras kita sendiri, yaitu hasil dari blogwalking. 
Agar Blog Ramai Komentar

Kalau kita baru buat blog, lalu di biarkan saja dan hanya di isi dengan artikel, komentar tidak akan berdatangan. Sebagus apapun kamu buat artikel, komentar tidak akan datang sendirinya. Jadi paling tidak  kamu pun harus mengenalkan diri kamu sebagai blogger baru ke teman teman bloger yang lain. Dengan demikian mereka akan berdatangan kembali ke blogmu, darisanalah blogmu akan di kenal dan itu awal dari mendapatkan komentar.

2. Berkomentarlah di Blog Orang Dengan Baik

Setelah kita mau melakukan usaha dengan mengujungi blog orang lain, sekarang tinggal etikannya dalam berkomentar di blog orang tersebut. Jangan komentar seadanya di blog yang kita kunjungi, baca dahulu artikelnya, pahami baru kemudian kita komentar.

Kalu komentar kita bagus sesuai isi tulisan yang sedang di posting, yang punya blog pun akan penasaran dan akhirnya ia akan mengujungi blog anda. Bisa saja dia berpikir, komentarnya saja bagus, apalagi yang dia tulis nantinya. Atau paling tidak si empunya blog nantinya respek dengan komentar yang anda buat dan dia akan merasa ga enak kalau tidak berkomentar balik.

Sebaliknya, kalau anda baru datang ke suatu blog dan kemudian anda hanya koment seadanya, jangan berharap si pemilik blog akan berkunjung balik. Komunikasi di blog itu seperti halnya di dunia nyata, kalau kita sopan orang lain pun akan respek. Tapi kalau kita tidak sopan, blog orang pun bisa saja mengangap komentar kita hanya komentar spam dan tidak akan di tanggapi. Satu hal lagi, namannya bikin trit atau postingan itu tidak mudah, perlu waktu untuk menulis dan menuangkan ide, belum lagi menyusunya menjadi bentuk postingan, jadi hargai itu.

Komentar yang kurang baik itu seperti : Nice post, informasi menarik, pertamax, follow me back atau ditunggu kunjugan baliknya dan lain sebagainya. Sebab apa? orang bisa berkomentar seperti itu tanpa harus membaca tulisan di posting terlebih dahulu kan. So hindari komentar seadannya komentar seperti itu. 

3. Komentar lah Di Artikel Terbaru

Untuk mendapakan komentar, kita harus biasakan berkomentar. Kalau anda mengunjungi google untuk mencari tutorial dan kemudian dapat, jangan langsung meningalkan tempat, berkomentar lah disana paling tidak untuk mengucapkan trimakasih. Dan darinya pula kita berharap komentar kita akan di balas, asalkan blognya masih hidup. Maksudnya masih hidup? blog tersebut masih update, soalnya kadang kala kita sering menemukan blog yang sudah di tinggalkan oleh pemiliknya, dan dari sana jangan pernah kita mengarahapkan si pemikik blog akan berkunjung balik.

Cara untuk mengecek blog tersebut masih hidup itu adalah dengan cara melihat artikel terbarunya, kalau dia menerbitkan artikel terbarunya masih sekitar satu mingguan, berarti blog tersebut masih hidup. Kalau artikel terbarunya sudah sebulan atau bahkan beberapa bulan yang lalu, bisa di sinyalir blog nya sudah di tinggal oleh pemilikinya, so jangan berharap dari blog yang sudah mati.

4. Kunjungi Pula Orang yang Berkomentar Di Blog Tersebut

Setelah anda menemukan blog yang tepat untuk anda komentari, jangan berhenti hanya memberikan komentar di sana. Kunjungi pula semua blog yang telah berkomentar di artikel yang anda baca, jadi anda punya banyak teman baru nantinya. Biasanya kalau orang orang yang komentar di blog seseorang, orang tersebut adalah orang yang loyal, artinya kita juga bisa mendapatkan teman yang loyal.

So kalau menemukan blog yang ramai komentar, kunjungi blog orang orang yang berkomentar disana, jadikan mereka teman teman anda yang nantinya akan saling berkomentar.

5. Perhatikan ID Kita Saat Berkomentar

Saat kita sudah berkomentar, kita perhatikan pula ID yang kita gunakan untuk berkomentar. Paling mudah adalah gunakan Name/Url kalau tersedia, karena ia akan langsung masuk ke blog kita nantinya disamping kita juga memperoleh backlink. Usahakan untuk tidak menguanakan profile google plus, karena alesan pertama adalah berat, untuk koneksi yang tidak bagus sangat lambat membuka profile tersebut.

Alesan kedua karena blog kita harus di masukan ke dalam profile terlebih dahulu, kalau kita lupa memasukan blog kita kesana, si pemilik blog yang ingin membalas kunjugan balik kita jadi malas dan akhirnya menutup profile sebelum sempat membalas komentar. 

Agar Blog Ramai Komentar

Lalu perhatikan pula untuk yang memiliki blog lebih dari satu, usahkan di profile blogger jangan di tampilkan semua blognya, bikin pusing soalnya. Lagi pula kita tidak tau mana blog yang utama, ya walaupun tidak ada salahnya komentar di salah satunya, cuma kadang begitu kita sudah memilih, eh ternyata dapetnya malah blog yang percobaan yang tidak ada postingannya atau bukan blog utama. Masa kita harus balik lagi ke profile tersebut, yang ada biasanya aku si langusung tutup aja, ga pake lama karena nyusahin, hehehe.

6. Jangan Persulit Komentar Di Blog Kita

Setelah kita melakukan langkah di atas, artinya kita telah memancing blog orang untuk datang ke blog kita. Tinggal kita sebagai pemilik blog ya harusnya mempersiapkan isi rumah agar mudah di kunjungi, mebuat blog yang mudah untuk di akses dan tentunya cepat. Kalau blog nya lambat, itu mempersulit tamu yang akan berkomentar, so ga ada salahnya untuk meningkatkan kecepatan blog agar sebagai salah satu upaya menghargai pengunjung blog.

Hal kedua yang perlu di perhatikan, adalah keamanan saat komentar. Kadang orang terlalu protektif memberikan keamanan untuk menghidari komentar spam di blog dengan cara mengunakan captcha lalu memakai modernisasi. Ga salah si, karena itu hak anda sebagai pemilik blog, namun kita juga sebagai orang yang berkomentar juga berhak untuk tidak berkomentar kalau blog nya terlalu sulit untuk di komentari, ya ga? logis kan.

Jadi, ada baiknya anda me-non aktifkan pengunaan captcha, karena modernisasi tersebut terbilang sulit. Apalagi kalau orang yang ingin berkomentar mengunakan ponsel.

Setelah anda melakukan langkah langkah di atas, saya yakin cepat atau lambat blog anda pun akan kebanjiran komentar. Tinggal kita harus pahami satu hal, tidak semua komentar yang kita berikan di balas saat itu juga, soalnya pemilik blog kadang juga punya kesibukan pribadi selain online. Jadi, kita pun harus sabar menanti dan terus menjalin hubunga yang baik dengan blog yang lain. Darinya, kita akan mendapatkan banyak komentar.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, October 05, 2012