Mempercepat Koneksi Smartfren

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, October 25, 2012

Mempercepat koneksi dan menstabilkan koneksi smartfren mungkin judul yang lebih cocok. Pengalaman ini saya rasakan setelah saya mengungakan modem smartfren baik itu yang tipe ac682 dan ce682, saya tetap mengunakan metode ini dan hasilnya cukup mumpuni juga untuk internetan. Sebenarnya metode untuk mempercepat koneksi internet dari smarfren ini adalah metode lama, saya pun taunya dari kaskus kalau tidak salah, tapi munkin sebagian orang ada yang belum tau jadi perlu saya bagikan sedikit di blog cerita anak kost ini.

Tehnik mepercepat koneksi internet smartfren

Yang pertama di butuhkan adalah anda harus punya smartfren nya dulu, jadi nantinya adan bisa langsung coba. Ok, langkah selanjutnya setelah adan punya adalah menggunakan beberapa software di bawah ini.  Yaitu :

1. Instal Netsream

Netsream adalah program dimana untuk mengoptimalkan koneksi dan settingan internet kita, untuk mendownload dan istalnya silahkan klik di link ini. Kemudian setelah instal, tinggal anda setting untuk menyesuaikan modem yang anda gunakan, kemudian restart untuk melihat efeknya. Kalau mau lihat settingan saya, ya seperti di bawah ini:

Mempercepat Koneksi Smartfren

2. Gunakan Ping

Ping, menurut orang yang tau katanya ini bisa menghindari dari idle sehingga koneksi kita dengan smartfren tetap terjaga. Untuk mendownloadnya, klik link ini. Kemudian keluarkan dari zip, lalu anda taruh ping itu di desktop misalnya. Kemudian penggunaanya tinggal klik saja nantinya, keluar gambar seperti di bawah ini.

Mempercepat Koneksi Smartfren

3. Jangan Minimize software smartfren

Salah satu trik lagi yaitu jangan pernah me-minimize software dari smartfren, biarkan dia besar. Katanya kalau di minimize bisa mengurangi koneksi internetnya.

Ud itu doang tekniknya, sederhana kan. Tapi cukup mumpuni loh. Sebenarnya ada yang sempet share lagi untuk mempercepat koneksinya secara dahsyat, namun sepertinya dia malah kabur dan ga jadi share. Saya cari cari di lain tempat pun, sepertinya belum ada metode yang lebih bagus, masih tetap sama.

Apakah Bener dapat mempercepat koneksi smartfren?

Nah itu dia pertanyaan yang membingungkan, sebenarnya kecepatan smartfren itu tergantung dari pake yang kita bayarkan termasuk pula tempat. Jadi kalau anda membeli paket yang hanya 45 ribu, jangan berharap untuk mendapatkan internet yang cepat, jadi ya seadanya aja. Lalu untuk sistem yang berlaku di smartfren adalah sisetem up to, maksudnya kecepatan maksimal yang kita dapat bisa mencapai, artinya tidak selamanya seperti yang tertera atau di janjikan. Justru terkadang seringnya kecepatanya di bawah nilai yang diberikan, 152 Kbps atau 384Kbps.

Trik ini bisa menstabilkan koneksi smartfren?

Seperti kita tau bahwa jaringan smartfren sering sekali putus nyambung, nah untuk itu sendiri bisa di lihat dari ping yang tadi kita gunakan. Kalau dia menunjukan request time out (RTO), biasanya si koneksinya sedang putus dan untuk membuka internet tidak bisa. Namun herannya kalau pas lagi download, sekalipun RTO tetap saja lancar downloadnya.

Untuk menstabilkannya terus terang saya pun lagi mencari cara, metode ini sedikit banyak berpengaruh juga. Namun kadang kembali lagi kepada si smartfren nya, kalau dari sana emang jelek ya tetap aja jelek koneksi internetnya. Tapi mau gimana lagi, seperti saya ceritakan dalam ganti kartu smartfren ac682 ke ce682 walaupun smartfren ini lelet, lumayan juga lah dengan unlimitednya itu. Dan satu lagi, kita paling tidak bisa tau koneksinya kalau lagi jelek ya dengan melihat ping itu tadi.

Metode ini cukup mumpuni walau saya tidak bisa mengunkapkannya dengan statistik. Tapi saya pernah menggunakan komputer teman saya yang hanya menggunakan smartfren dan tidak di optimasi, ternyata masih lebih baik punya saya yang sudah menggunakan metode ini, terlihat lebih lancar.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, October 25, 2012