Cara Mudah Mengalihkan URL Error 404

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, November 25, 2012

Error 404 bisa terjadi karena salah memasukan url, atau memang postingan tersebut pernah kita hapus karena pertimbangan tertentu. Namun link url tersebut biasanya masih tertanam di google dan kita harus menghapusnya manual, yang menarik disini adalah orang masih juga datang dari url kita tersebut yang artinya menjadi potensi pengunjung bagi blog kita. Tinggal bagaimana kita mensikapi, membiarkan saja url error tersebut atau kita alihkan supaya si pembaca tidak pergi dan masih bisa membaca artike kita yang lainnya.

Kelemahan Mengalihkan URL Mengunakan Script di Template

Sebelumnya jujur saya pernah mencoba ini dulu, dan mengunakan kode script tertentu yang di masukan kedalam template. Namun metode itu memiliki kelemahan karena ketika ingin di preview pada postingan, urlnya di alihkan ke url yang saya buat jadinya saya tidak bisa melihat preview postingan saya. Dan terpaksa saya tidak memasang url pengalihan tersebut. Dan karena saya pernah mengalami pengalaman google adsense disable dimana saya harus menghapus belasan artikel yang pernah saya buat, jadinya sayang sekali kalau saya kehilangan pengunjung banyak dari beberapa artikel yang pernah saya hapus.

Cara Setting Pengalihan URL di Blogger

Kemudian saat lagi jalan jalan, dan kembali teringat untuk mengalihkan url error, akhirnya saya menemukan cara paling mudah untuk mengalihkan url yang erro tersebut. Yaitu hanya dengan bantuan setting dari dasboard blogger tanpa harus edit template. Caranya :

1. Masuk dasboard blogger
2. Masuk ke setting
3. Pilih yang search preferences
4. Masuk ke bagian Errors and redirections
5. Masukan kode di bawah ini kedalam kotak tersebut :
<script type="text/JavaScript">location.replace('http://carikost.blogspot.com/p/sitemap.html');</script>
6. Klik save changes

Setelah jadi, silahkan keluar karena kode tersebut otomatis akan di set. Untuk yang mengunakan bahasa indonesia pada settingan blogger, silahkan di sesuaikan sendiri ya.  Untuk kode yang berwarna merah di atas, saya mengalihkan url error ke bagian sitemap, jadi si pengunjung nantinya di arakkan ke bagian daftar isi dimana banyak sekali pilihan artikel yang bisa ia baca. Anda bisa sesuaikan sendiri, mungkin anda ingin mengalihkan ke hompage silahkan saja, bebas dan tidak ada aturan.

Dan keuntungan metode ini, anda masih tetap bisa mempreview artikel anda sebelum di publish. Untuk ngeceknya, masukan kode sembarang di belakang url blog agan. Misalnya ya, tulis saja di browser anda http://carikost.blogspot.com/kode-sembarangan.html, setelah itu lihat apakah sudah di alihkan ke target url anda belum.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, November 25, 2012